Penyedia SSL Certificate (HTTPS) Murah dan Terbaik di Indonesia

Saat kita mengakses suatu halaman website maka browser akan menggunakan protokol http atau https untuk berkomunikasi dengan server yang menghosting website tersebut. Protokol http dan https ini pada dasarnya sama fungsinya tetapi untuk https ada penambahan fitur keamanan atau dalam istilah sederhananya, https adalah http yang secure.

Faktor keamanan ini sangatlah penting, karena sebuah website yang sudah mengimplementasikan penggunaan protokol https akan lebih kredibel dibanding website yang masih menggunakan protokol http saja. Hal inilah yang mendorong administrator website untuk mengupgrade layanannya dengan menambahkan fitur https pada web server yang dikelolanya.

Lebih Jauh Tentang Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTP adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol adalah protokol yang digunakan untuk komunikasi data di internet antara web browser & server. Browser di komputer klien mengirimkan pesan permintaan (untuk mengakses suatu halaman website) ke server yang menghosting situs web, server kemudian membalasnya dengan pesan respons dan menampilkan halaman website yang kita minta.

Sedangkan HTTPS adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure dikenal juga sebagai HTTP + SSL, dimana klien dan server berkomunikasi satu sama lain, tetapi dengan Sertifikat SSL, yang mengenkripsi dan mendekripsi permintaan dan respons antara klien dan server. Ini berarti semua komunikasi antara browser di komputer kita dan situs web akan dienkripsi.

HTTPS sering digunakan untuk melindungi transaksi online yang sangat rahasia seperti perbankan online dan formulir pemesanan belanja online. Website atau situs yang sudah mengimplementasikan HTTPS ditandai dengan adanya ikon gembok yang muncul pada browser.

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Keuntungan yang utama dari penggunaan https adalah keamanan sehingga faktor keamanan inilah yang nantinya akan memberikan rasa nyaman kepada pengguna yang mengakses website yang sudah menggunakan protokol https.

Sedangkan sebagai admin atau pemilik website, penerapkan protokol https pada web server atau hosting miliknya akan memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Melindungi dari hacker yang mengintai data transaksi
  • Meningkatkan kepercayaan / kredibilitas dari pelanggan
  • Meningkatkan ranking di pencarian Google
  • Meningkatkan keamanan pada peralatan mobile.

Cara Mendapatkan SSL Certificate

Seperti telah disebutkan diatas, untuk dapat menggunakan protokol HTTPS ini seorang admin atau pemilik website harus memiliki sertifikat SSL yang nantinya kita bisa kita install di server hosting cPanel.

Untuk mendapatkan SSL Certificate kita membelinya langsung dari perusahaan SSL Certificate seperti Symantec, Entrust, Comodo, Rapid SSL atau bisa juga bahkan dianjurkan untuk membelinya melalui website penyedia SSL terbaik seperti misalnya Warung SSL. Membeli SSL lewat penyedia Warung SSL bisa lebih murah dan menghemat 30% hingga 80% daripada membeli SSL secara langsung.

ssl certificate

Perbandingan Macam-Macam SSL

Ada berbagai jenis sertifikat SSL dengan fungsi dan harga yang berbeda pula. Jenis utama dari SSL Certificate ini adalah dedicated SSL certificates, shared SSL certificates, wildcard SSL certificates dan free SSL certificates.

Dedicated SSL
Sertifikat SSL Khusus adalah sertifikat yang ditugaskan secara khusus untuk nama domain unik Anda, sehingga tidak bisa dibagikan untuk domain yang lain.

Shared SSL 
Sertifikat SSL Bersama adalah sertifikat yang dapat Anda bagikan dengan orang lain. Anda dapat menambahkan situs Anda ke sertifikat SSL orang lain.

SSL Wildcard
Jika Anda memiliki subdomain yang ingin dilindungi dengan sertifikat SSL, Anda memerlukan sertifikat SSL wildcard untuk memastikan semua subdomain Anda dilindungi dengan benar.

Free SSL 
Sertifikat SSL Bersama yang bisa didapatkan secara gratis yang biasanya ditawarkan oleh beberapa perusahaan dan komunitas, dengan tingkat enkripsi yang berbeda dengan sertifikat berbayar.

Hal lain yang perlu diingat ketika membandingkan sertifikat SSL adalah tingkat keamanan yang ditawarkan. Standar industri adalah enkripsi 128 bit. Semakin tinggi nomor enkripsi, semakin baik keamanannya.

https://www.warungssl.com/kategori#

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel