buku tutorial teknisi komputer

5 Software Gratis untuk Mount ISO Image sebagai Virtual Drives

Salah satu cara untuk membackup seluruh isi dari sebuah CD atau DVD adalah dengan membuat salinannya dalam bentuk file ISO images. ISO image adalah jenis file arsip yang memungkinkan pengguna untuk menyalin isi dari seluruh optical disk ataupun hardisk. Dalam sebuah ISO images selain file data, juga berisi semua metadata dari file sistem yang digunakan, termasuk kode boot, struktur, dan atribut. File ISO image memiliki ekstensi [.iso]

Untuk membuat file ISO images dari sebuah CD atau DVD kita bisa menggunakan software burning CD seperti misalnya Nero atau CD Burner XP. Setelah kita memiliki file ISO-nya, kita dapat menyimpannya di komputer atau memburning-nya kembali ke CD atau DVD apabila ingin membuat duplikatnya. Pilihan lainnya adalah kita dapat me-mount file ISO tersebut didalam komputer dengan menggunakan software virtual drive.

Dalam artikel ini saya akan berbagi info tentang 5 Software Gratis pilihan untuk me-Mount ISO Image kedalam Virtual Drive, yaitu sebagai berkut:

1. Daemon Tools Lite

Dengan aplikasi Daemon Tools kita dapat membuat backup dari keingan CD / DVD / HD DVD / Blu-ray fisik ke dalam sebuah "disk virtual" atau disebut juga "disk image" file, yang dapat dijalankan secara langsung pada hard drive komputer. Daemon Tools juga dapat membaca image file yang dibuat oleh aplikasi lain. Selain itu dengan Daemon Tools kita bisa membuat image file dalam format .iso dan .mds format. Maksimal 4 buah virtual drive bisa dibuat oleh software ini.

Virtual Drive dengan Daemon Tools Lite

Download : http://www.disk-tools.com/download/daemon

2. MagicDisc

MagicDisk merupakan salah satu software yang cukup populer untuk me-mount image file. selain .ISO file lain yang bisa dibuka aplikasi ini adalah: BIN, CIF, NRG, IMG/CCD, MDF/MDS, VCD, VDI, C2D, CDI, TAO/DAO.  Dengan menggunakan Magic Disk kita bisa menonton film atau bermain game yang tersimpan dalam format ISO (atau yang sejenis), dan juga membuat "Windows bootable discs". Maksimal kita bisa membuat 15 viryal drive dengan aplkasi ini.

MagicDisc Virtual Drive

Download : http://goo.gl/wJbt67

3. Alkohol 52% Free Edition

Versi gratis dari Alkohol 52% mendukung hingga 6 virtual drive. Software  ini khusus dibuat sebagai aplikasi perangkat lunak virtual drive yang dapat meniru drive fisik. Jika Anda bosan membuka disk drive Anda setiap kali Anda ingin memuat CD / DVD, Alkohol 52% adalah solusi yang dapat Anda pertimbangkan.. Alkohol 52% Free Edition dapat diinstal pada Windows 2000 sampai dengan Windows 8 / 8.1.

Alcohol 52% Virtual Drive

Download: http://goo.gl/4syxhq

4. Virtual CloneDrive

Virtual CloneDrive tidak memiliki kemampuan untuk membuat backup dari CD atau DVD , tetapi aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat virtual drive, sehingga kita dapat dengan mudah me-mount sebuah image file dan menelusuri file yang terdapat dalam file image tersebut secara mudah. Salah satu kelebihannya, kita bisa dengan mudah me-mount sebuah image ke virtual drive dengan cara  double cklik pada file image tersebut. Maksimal hingga 15 virtual drive dapat kita buat dengan menggunakan aplikasi ini.

Virtual Clone Drive

Download: http://www.slysoft.com/

5. WinArchiver Virtual Drive

Jika Anda adalah seorang pengguna profesional dan ini aplikasi CD / DVD virtual pertama Anda, cobalah aplikasi WinArchiver Virtual Drive, software ini menawarkan antarmuka yang agak intuitif. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat hingga 23 virtual drive dan dapat me-mount berbagai format image file yang terdiri dari arsip, seperti ZIP, RAR dan 7z, dan format image populer, termasuk ISO, BIN, CUE, DMG dan IMG.

WinArchiver Virtual Drive

Download : http://www.winarchiver.com/virtual-drive.htm

Demikianlah 5 Software untuk membuat virtual drive di komputer yang bisa digunakan untuk membuka file image seperti .ISO file. Untuk saya sendiri lebih suka mengunakan MagicDisk sebagai Virtual Drive karena interfacenya yang  simple - i like simple things ..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

3 Responses to "5 Software Gratis untuk Mount ISO Image sebagai Virtual Drives"

  1. Nice Post :), Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Ilmu Komputer
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Jurnal Serupa yang bisa anda kunjungi
    di http://ejournal.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasi yang telah anda berikan, semoga sukses selalu :)

    KONTES SEO
    Poker Online
    Agen Poker Online
    Agen Poker
    Poker uang Asli

    BalasHapus