buku tutorial teknisi komputer

Cara Memperbaiki “USB Device Not Recognized”

Salah satu masalah yang sering ditemui pada saat kita menghubungkan perangkat keras (hadware komputer) yang menggunakan USB port seperti USB Flashdisk  atau perangkat berbasis USB lainnya adalah error dengan pesan “USB Device Not Recognized” yang artinya kurang lebih "Perangkat USB Tidak Dikenali". Dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki “USB Device Not Recognized” ini, berikut cara yang biasa saya coba:

1. Uninstal Driver

Ini adalah cara yang pertama dan biasanya paling efektif. Untuk menguninstal driver pada perangkat USB yang bermasalah. Caranya:

USB Device Not Recognized
  • Klik tombol Start: ketik pada kotak search program and file: devmgmt.msc kemudian tekan Enter
  • Cari USB device yang bermasah seperti tampak pada gambar
  • Lalu klik kanan pada device yang bermasalah tersebut biasanya ada tulisan "unknown device" atau ada tanda serunya. Klik Uninstall
  • Copot USB Device kemudian masukkan lagi.
  • Biasanya Windows akan kembali mencari driver untuk device tersebut dan device tersebut akan kembali normal.
2. Restart Komputer

Mungkin ini cara yang paling klasik, tetapi cara ini terbukti cukup ampuh untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil pada komputer, seperti halnya kerusakan “USB Device Not Recognized” ini.

3. Coba ganti  Power Supply

Kerusakan “USB Device Not Recognized” juga kemungkinan disebabkan karena arus listrik yang kurang pada USB Device tersebut. Apalagi kalau kita menggunakan kabel tambahan (USB extender) yang tidak diberi penguat daya. Saya sendiri pernah mengalami ketika Power Supply komputer diganti USB Device bisa berjalan normal lagi.

4. Gunakan USB Port yang berbeda 

Adakalanya juga USB Flashdisk ketika dimasukkan pada USB port yang ada di depan casing CPU tidak bisa berfungsi atau tidak dikenali. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mencoba memasangkannya pada USB Port yang lain atau yang ada dibelakang CPU. Apabila USB masih belum dikenali dan muncul error seperti pada gambar no 1, cobalah pastikan bahwa USB Flashidk kita tidak bermaslah yaitu dengan memasangkannya pada komputer yang lain atau sebaliknya yaitu dengan memasukkan USB lain yang berfungsi ke USB Port kita. Saya pernah mengalami USB Port pada komputer saya ternyata yang bermaslah dan sebagai solusinya yaitu dengan memasang kartu USB tambahan.

5. Restore Windows

Cara terakhir yang pernah saya coba untuk memperbaiki error “USB Device Not Recognized” adalah dengan merestore Windows ke kondisi saat USB masih berjalan normal. Cara ini biasanya saya lakukan pada laptop setelah langkah no 1 dan no 2 tidak berjalan. Untuk menggunakan System Restore ini caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik tombol Start, ketik : rstrui.exe
  • Akan terbuka jendela System Restore, 
  • Pilih tanggal yang kira-kira pada saat itu USB masih berjalan normal.
  • Klik OK, tunggu sampai komputer merestart.
Demikianlah cara yang pernah saya lakukan untuk memperbaiki masalah “USB Device Not Recognized” ini, dan apabila tidak berhasil biasanya masalahnya adalah pada USB device yang bersangkutan. Selamat mencoba..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

1 Response to "Cara Memperbaiki “USB Device Not Recognized”"

  1. makasih gan infonya :)


    Isi Pulsa Jadi lebih Mudah & Cepat Dengan Aplikasi Android , Download Aplikasinya Sekarang Di Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile Bebas Isi Apa Aja.

    BalasHapus