buku tutorial teknisi komputer

Mengenal Sistem Operasi Windows 8

Windows 8 adalah sistem operasi penerus Windows 7 yang dirilis ke publik pada tanggal 26 Oktober 2012. Berbeda dengan sistem operasi pendahulunya, Windows 8 didesain untuk memenuhi kebutuhan komputer desktop, laptop,  dan tablet PC sekaligus.

Salah satu perubahan yang terlihat adalah pada tampilan kotak-kotak atau "metro style" yang belakangan istilah tersebut diganti dengan istilah "Modern UI" atau "Windows 8 style UI" yang dirancang untuk layar sentuh.

Fitur Windows 8

Windows 8 memiliki ratusan fitur baru yang tidak ada pada sistem operasi Windows sebelumnya, diantaranya:
  • Desain aplikasi Windows 8 UI dan Toucscreen Support
  • Tidak adanya tombol Start (digantikan oleh Layar Mulai dan Charms).
  • Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet).
  • Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone.
  • Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi 'File Explorer.
  • Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting.
  • Windows To Go yang berfungsi untuk membuat bootable USB Drive yang bisa dipakai untuk booting Windows
  • Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
  • Rancangan baru dari Windows Task Manager.
  • Proses aktivasi yang mudah.
  • Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen).
  • Windows Store, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI.
  • Aplikasi penyimpanan dengan sistem Cloud yang disebut Skydrive.
  • Antivirus yang lebih baik dan sudah terintegrasi dengan Windows Defender.
  • Pilihan Jenis Log-In yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, Sandi gambar, dan PIN.
Dibawah inia adalah contoh tampilan UI Windows 8:

windows 8 start menu

Spesifikasi Hardware Minimal

Bagi temen-temen yang mau upgrade atau install Windows 8 berikut adalah spesifikasi hardware minimal yang dibutuhkan:
  • Processor dengan kecepatan 1 Gigahertz (GHz)
  • RAM 1 Gigabyte untuk versi 32-bit atau minimal 2 GB untuk yang versi 64-bit
  • Ruang hardisk yang tersedia minimal 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit) 
  • Memiliki Graphics Card dengan fitur minimal DirectX 9
  • Untuk menjalankan Metro style Apps, membutuhkan screen resolution 1024 X 768
4 buah Versi Windows 8

Banyaknya versi Windows 8 yang muncul mungkin sedikit membingungkan, tetapi pada dasarnya terdapat 4 Versi Windows 8 yang ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda,  untuk pengguna rumahan, untuk kalangan bisnis, untuk perangkat yang menggunakan chip ARM, dan untuk perusahaan besar yang membeli dalam jumlah banyak.
  1. Windows 8 (Win 8 Standard) setara dengan Windows 7 Starter, Home Basic, dan Home Premium ditujukan untuk pengguna rumahan.
  2. Windows 8 Pro (Win 8 Professional) setara dengan Windows 7 Ultimate dan ditujukan untuk kalangan bisnis
  3. Windows 8 Enterprise Edition adalah versi yang ditujukan untuk perusahaan besar yang biasanya membeli sistem operasi dalam jumlah banyak dan juga kalangan developer (pengembang aplikasi).
  4. Windows 8 RT (ARM or WOA) Windows Runtime adalah nama baru untuk versi sistem operasi yang selama ini disebut Windows on ARM. Versi ini tidak bisa dibeli bebas, karena sudah di-instal langsung pada PC atau tablet yang menggunakan prosesor ARM.
Perbedaan Windows 8 Developer Preview, Cunsomer Preview dan Release Preview

Sebelum Windows 8 di rilis biasanya kita mendengar istilah Developer Preview, Consumer Preview dan Release Preview, lalu apa perbedaan diantara ketiga istilah tersebut?
  • Windows 8 Developer Preview adalah Windows 8 paling awal yang dirilis Microsoft sebelum rilis resmi.  Windows 8 Developer Preview ditujukan kepada para developer atau pengembang yang nantinya akan membuat aplikasi di Windows 8 dan memberi masukkan kepada Microsoft agar kelak Windows 8 benar-benar sempurna.
  • Windows 8 Consumer Preview adalah Windows 8 yang kedua dirilis oleh Microsoft sebelum rilis resmi. Windows 8 Consumer Preview ditujukan kepada konsumen atau masyarakat agar dapat menilai secara langsung Windows 8 yang kelak nantinya akan dirilis.
  • Windows 8 Release Preview adalah Windows 8 terakhir yang dirilis oleh Microsoft sebelum rilis resmi. Pada  versi Windows 8 Release Preview ini fitur-fiturnya hampir mendekati sempurna.
Windows 8.1

Meskipun perubahan besar telah dibuat Microsoft pada Windows 8,  tetapi tidak cukup untuk membuat para pengguna beralih ke Windows 8 - saya sendiri lebih menilai Windows 7 lebih populer daripada Windows 8. Berselang setahun, akhirnya Microsoft merilis Windows 8.1 sebagai sistem operasi terbaru dan menggratiskannya bagi yang telah menggunakan Windows 8 sebelumnya yaitu dengan cara mendownload file update sebesar 2,8 GB lewat Windows Store.

Banyak perbaikan dan penambahan fitur yang dilakukan pada Windows 8.1 diantaranya adalah kembalinya tombol Start dan  Boot ke desktop: Windows 8.1 bisa booting langsung ke desktop tanpa harus ke Layar Mulai, Wallpaper yang sama pada layar mulai dan layar desktop serta penambahan Aplikasi standar baru: Calculator (Modern UI), Alarm, Sound Recorder, Reading List, Food & Drink, Help & Tips, dan sebuah File Manager berbasis Modern UI (menyatu bersama aplikasi SkyDrive Modern UI).

Bagi temen-temen yang ingin mencoba sistem operasi Windows 8.1 dapat mendownload versi trial 90 hari dari TechNet di http://goo.gl/izQwu4 dalam bentul ISO image 32 bit dan 64 bit.

Ebook Tutorial Windows 8: Ultimate Windows 8 Kit

Untuk yang berminat mempelajari dasar-dasar Windows 8 mulai dari pengenalan user interface, panduan apps dan multitasking, panduan foto, music, video dan windows sotre, memanfaatkan aplikasi internet, people dan cloud serta bagaimana melakukan tweaking, Security dan troubleshooting Windows 8, silahkan dapatkan ebook Tutorial Windows 8: Ultimate Windows 8 Kit dengan mengisi form disini.

EBOOK WINDOWS 8.1 TERBARU !!

ebook windows 8
Inside Windows 8.1  Setelah membaca ebook ini Anda akan menjadi familiar dengan berbagai hal baru yang terdapat pada sistem operasi Windows 8.1. Ebook setebal 88 halaman ini membahas mulai dari tampilan desktop, software aplikasi, multimedia, keyboard shortcut dan lain sebaginya. Dapatkan ebook ini hanya sampai 25 November 2014. Download disini.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

1 Response to "Mengenal Sistem Operasi Windows 8"