Training Bisnis Online

3 Software Recovery Data Pilihan

Menjawab pertanyaan salah seorang pengunjung blog ini tentang bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus, maka dalam postingan kali ini saya akan berbagi informasi tentang apa yang sebaiknya kita lakukan ketika file atau folder tanpa sengaja terhapus dan beragam software yang dapat kita gunakan untuk mengembalikan (recovery) data tersebut.

software recovery data
Hal pertama yang dapat kita lakukan ketika suatu file atau folder terhapus adalah dengan melihat ke Recycle Bin, karena secara default ketika kita mendelete file, Windows akan menyimpannya terlebih dahulu pada folder Recycle Bin, lalu bagaimana kalo data yang kita cari ternyata tidak terdapat di Recycle Bin?

Tenang, masih ada harapan..!! Lakukanlah proses pencarian file atau folder dengan fasilitas Find atau Search  bawaan Windows, sebagian pengguna komputer yang menyatakan file atau foldernya hilang, ternyata setelah dicari lagi, file atau folder yang dimaksud tersimpan tanpa sengaja ke folder lain. Kalo ternyata masih tidak ada..?? Stop terlebih dahulu aktifitas dikomputer Anda, jangan melakukan modifikasi data terlebih dahulu pada hardisk dimana data Anda hilang karena hal tersebut dikhawatirkan akan menimpah data lama Anda yang hilang tadi sehingga proses recovery data akan semakin sulit.

Selanjutnya untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus tersebut adalah dengan menggunakan Software Recovery Data seperti Recuva File Recovery dan Pandora Data Recovery Software. Beberapa software lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan data yang terhapus adalah sebagai berikut:

1. MiniTool Power Data Recovery

MiniTool Power Data Recovery (Free Edition) adalah merupakan software free recovery pilihan saya karena terbukti telah berhasil mengembalikan data pada hardisk yang saya format. Hanya sayangnya dalam versi Free Edition ini, data yang dapat direcover dibatasi hanya sampai 1 GB saja.

MiniTool Power Data Recovery

Tidak seperti perangkat lunak pemulihan data yang lain, MiniTool Power Data Recovery adalah All in One Data Recovery Software untuk pengguna rumahan dan pengguna bisnis. Software ini dapat memulihkan data yang dihapus dari Windows Recycle Bin, memulihkan kehilangan data bahkan pada partisi yang diformat atau dihapus, mengembalikan data dari hard drive rusak, infeksi virus, sistem shutdown tak terduga atau kegagalan perangkat lunak.

MiniTool Power Data Recovery mendukung IDE, SATA, SCSI, USB hard disk, memori card, USB flash drive, CD / DVD, Blue-Ray Disk, iPod. MiniTool Daya Data Recovery berisi lima modul pemulihan data - Undelete Recovery, Damaged Partition Recovery, Lost Partition Recovery, Digital Media Recovery, CD & DVD Recovery. Setiap modul pemulihan data berfokus pada skenario kehilangan data yang berbeda.

http://www.powerdatarecovery.com/download.html


2. TestDisk Data Recovery

TestDisk adalah software OpenSource dan berlisensi di bawah ketentuan GNU General Public License (GPL v2 +) yang sarat dengan fitur. TestDisk terutama dirancang untuk membantu memulihkan partisi yang hilang dan / atau membuat non-boot disk bootable lagi ketika gejala ini disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak, beberapa jenis virus atau kesalahan manusia (seperti sengaja menghapus Partition Table).

TestDisk Data Recovery

TestDisk diklaim dapat melakukan  hal-hal sebagai berikut:
  • Fix partition table, recover deleted partition
  • Recover FAT32 boot sector from its backup
  • Rebuild FAT12/FAT16/FAT32 boot sector
  • Fix FAT tables
  • Rebuild NTFS boot sector
  • Recover NTFS boot sector from its backup
  • Fix MFT using MFT mirror
  • Locate ext2/ext3/ext4 Backup SuperBlock
  • Undelete files from FAT, exFAT, NTFS and ext2 filesystem
  • Copy files from deleted FAT, exFAT, NTFS and ext2/ext3/ext4 partitions.
TestDisk tersedia untuk berbagai flatform mulai dari DOS, Windows, Linux dan Max OS.  Interface TestDisk ini adalah berbasis command line, info lebih lanjut dapat dilihat di http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download

3. Glary Undelete
Satu lagi software Recovery data yang saya rekomendasikan yaitu Glary Undelete. Dengan software ini kita bisa mengembalikan file dari hardisk atau eksternal storage device lain dengan mudah.

Glary Undelete dapat memindai semua bagian dari drive, mencari sejumlah besar file Anda yang dihapus. Glary Undelete dapat menampilkan daftar file yang terhapus yang telah ditemukan dan memberikan perkiraan tingkat keberhasilan pemulihan data, seperti "Sangat baik", "baik", "Medium" dan "Buruk ". Dengan file fungsi Filter, Anda dapat mempersempit daftar dengan tipe file, ukuran file, tanggal terhapus dan jenis file.

Glary Undelete

Glary Undelete bekerja di bawah sistem operasi Win 95/98/Me/NT/2000/XP/2003/Vista. Program ini mendukung semua sistem file Windows untuk hard drive dan floppy termasuk FAT12/16/32, NTFS/NTFS5 dan pemulihan gambar dari CompactFlash, SmartMedia, MultiMedia dan Secure Digital Card.

http://www.glarysoft.com/glary-undelete/

Demikianlah beberapa software recovery data terbaik pilihan saya yang dapat kita gunakan untuk mengembalikan data yang terhapus, semoga bisa bermanfaat.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

3 Responses to "3 Software Recovery Data Pilihan"

  1. wahhhh semakin bagus aja blog nya nih...
    top deh :)
    makasih software2nya gan! visit back ya, sama2 blog komputer di http://googleexxx.blogspot.com

    BalasHapus
  2. thanks gan, blog agan juga infonya keren2..

    BalasHapus
  3. Maaf...saya mau berbagi info.
    Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer.
    Alamat: Jl.karang rejo X/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 081330029001 / 085707133666

    http://www.ertechcomputer.blogspot.com

    Disini memang spesialisnya HARDDISK.

    Semoga sukses.....teman2…!!

    BalasHapus