buku tutorial teknisi komputer

Reset Mikrotik RB751 Menggunakan Netinstall

Melanjutkan artikel kemarin mengenai Cara Reset Mikrotik RB 751 yang mengalami kerusakan OS, dalam postingan ini saya akan sharing tentang tutorial mereset atau install ulang Router OS pada RouterBoard, disini saya masih menggunakan Mikrotik RB 751U HnD punya saya yang memang kebetulan mengalami kerusakan ketika hendak merestore file backup yang mengakibatkan RouterBoard tidak bisa diakses.

Prosedur Netinstall ini merupakan jurus pamungkas untuk menginstall kembali paket Router OS pada RouterBoard yang mengalami kerusakan seperti hardisk error atau kesalahan ketika upgrade atau downgrade OS atau ketika rerestore file backup seperti yang saya alami. Dengan melakukan Netinstall maka seluruh konfigurasi dan data seperti file backup akan ikut terformat dan terhapus dari RouterBoard.

Berikut panduan cara install ulang mikrotik dengan netinstall.
  1. Download terlebih dahulu program netinstall dan router os dalam bentuk .npk file di http://www.mikrotik.com/download. 
  2. Hidupkan Mikrotik RouterBoard, dan hubungkan port Ether1 ke laptop atau komputer menggunakan kabel LAN.
  3. Unzip dan jalankan program netinstall, sehingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah:

  4. Klik  Netbooting, centang dan isikan IP Address dengan IP Addres yang satu subnet dengan IP komputer kita.

    install mikrotik dengan netistall

  5. Reset RouterBoard dengan cara tekan tombol reset (RES) dengan lidi atau sejenisnya, cabut power supply routerboard, kemudian masukan lagi dengan tetap menahan tombol reset, tunggu kira-kira 30 detik sampai routerboard terdeteksi dan muncul pada bagian Router/Drives program NetInstall

    install mikrotik dengan netistall

  6. Pilih Packages dari Router OS yang tadi telah didownload, dalam gambar adalah routeros-mipsbe 5.19 
  7. Klik pada RB751U-2HnD pada jendela Router/Drives , kemudin klik Install dan tunggu sampai proses reinstall router os selesai.
Dengan melakukan Reset Mikrotik menggunakan NetInstall seperti langkah-langkah diatas, maka Mikrotik Router  RB751U-2HnD yang asalnya tidak bisa diakses sekarang bisa normal kembali, selamat mencoba..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Reset Mikrotik RB751 Menggunakan Netinstall"

Poskan Komentar