buku tutorial teknisi komputer

Memonitor dan Mengontrol Beban CPU Secara Otomatis

Salah satu penyebab komputer hang atau komputer lambat atau komputer restart sendiri adalah adanya software atau aplikasi yang memakan resource processor secara berlebihan. Dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL kita akan masuk ke jendela Task Manager dimana kita bisa mengetahui aplikasi mana saja yang membebani kerja processor, bila terpaksa kita harus menghentikan proses tersebut tinggal klik aja tombol End Task.

Tetapi ternyata ada solusi yang saya rasa lebih baik untuk mengontrol kerja CPU secara otomatis yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Process Tamer.  Aplikasi Process Tamer bekerja dengan cara memonitor penggunaan CPU yang dipakai oleh berbagai process (program) yang sedang berjalan. Ketika menemukan sebuah proses yang menyebabkan CPU overload, maka Process Tamer akan mengurangi prioritas proses tersebut untuk sementara, sampai penggunaan CPU kembali ke tingkat yang wajar.

process tamer - process

Tentu saja ada kalanya kita mungkin tidak ingin Process Tamer untuk mengubah prioritas beberapa proses, seperti saat bermain game atau ketika sedang membakar (burning) CD/DVD. Untuk mendisable sementara Process  Tamer kita cukup klik dua kali ikon pada taskbar,  untuk kembali menghidupkannya double klik kembali icon tersebut. Atau kita juga bisa memaksa beberapa aplikasi agar mendapat prioritas tinggi atau rendah atau bahkan mengabaikan beberapa aplikasi, misalnya pada contoh dibawah adalah aplikasi Nero.

process tamer - configuration

Process Tamer sendiri berukuran kecil sehingga tidak memakan resource komputer, bisa dijalankan pada sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Vista dan Windows 7. Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi Process Tamer untuk mengontrol penggunaan CPU sehingga mengurangi terjadinya komputer lambat, hang atau restart sendiri, dapat mendownloadnya disini
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Memonitor dan Mengontrol Beban CPU Secara Otomatis"

Poskan Komentar