buku tutorial teknisi komputer

Memahami Arti Kode Beep pada BIOS

Seperti telah kita ketahui bahwa fungsi utama BIOS adalah melakukan POST ( Power On Self Test ), nah pada saat BIOS mendeteksi ada masalah pada salah satu komponen hardware yang dicek, maka BIOS akan mengeluarkan bunyi yang dikenal dengan istilah BEEP. Bunyi beep pada BIOS ini mengandung arti dan dapat kita gunakan untuk mempermudah troubleshooting kerusakan komputer.

buzzer beep BIOS
Hal yang harus kita perhatikan agar dapat mendengar bunyi beep ini adalah dengan memastikan komponen speaker kecil atau buzzer telah terpasang pada motherboard. Salah satu bentuk speaker yang akan mengeluarkan bunyi beep tampak seperti pada gambar disamping.

Dibawah ini adalah beberapa arti dari bunyi beep BIOS jenis Award BIOS, dimana kebanyakan motherboard menggunakan jenis BIOS ini:

  • 1 Beep Pendek

    Bunyi beep pendek 1 kali merupakan bunyi beep yang sering kita dengar pada saat pertama kali komputer dihidupkan dan inilah kondisi normalnya, Bunyi beep pendek 1 kali menandakan tidak ada masalah dengan hardware yang telah dicek oleh BIOS.

  • 1 Bunyi Panjang , 2 Beep Pendek

    Satu beep panjang diikuti oleh dua beep pendek menunjukkan bahwa telah ada beberapa jenis kesalahan dengan kartu video. Mengganti kartu video biasanya yang paling Anda harus lakukan untuk memperbaiki ini satu.

  • 1 Bunyi Panjang, 3 Beep Pendek

    Satu beep panjang diikuti tiga beep pendek berarti bahwa baik kartu video tidak terpasang atau memori pada kartu video yang buruk. Cobalah untuk mengganti kartu video (VGA Card) untuk memperbaikinya.

  • 1 Beep bernada tinggi, 1 Bunyi bernada rendah (Berulang)

    Sebuah nada beep bernada tinggi diikuti nada beep bernada rendah merupakan indikasi adanya masalah pada CPU (Processor).  Biasanya terjadi overheating (panas berlebih) pada Processor atau kerusakan pada Processor  karena penyebab lainnya.

  • 1 Beep bernada tinggi (Berulang)

    Sebuah kode beep bernada tinggi yang berulang mengindikasikan kondisi Processor yang overheating. Segera matikan komputer pada saat mengetahui adanya overheating pada Processor ini karena kondisi overheat ini dapat merusak Processor.

  • Bunyi Beep lain

    Bunyi beep berulang dan bunyi beep lainnya mengindikasikan adanya masalah pada memori. Untuk itu cobalah untuk mengganti memory (RAM) untuk memperbaikinya.
Itulah beberapa arti kode bunyi beep pada BIOS jenis AwardBIOS, apabila motherboard Anda menggunakan jenis BIOS yang lain maka arti kode beep ini mungkin tidak akan sama.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

3 Responses to "Memahami Arti Kode Beep pada BIOS"

  1. Thank you atas informasinya gan.

    BalasHapus
  2. kalaw bunyi bip panjang sklai gmna gan ,,,,?


    klw bunyi bip sekali pendek dan tidak ada tampilan gmana gan ,,,,,?

    BalasHapus
  3. tp bunyi beep itu ada pengaruhnya ga dengan kerusakan pada keyboard laptop

    BalasHapus