Cara Reset BIOS Motherboard Komputer

Cara Reset BIOS Motherboard Komputer ini merupakan salah satu langkah dasar yang seringkali dilakukan dalam proses perbaikan komputer. Meskipun saya yakin sebagian besar pembaca blog catatanteknisi ini telah mengetahui bagaimana cara mereset BIOS komputer yang benar, tetapi ga ada salahnya  saya tulis kembali dalam catatan kali ini.

Meskipun terlihat sepele, tetapi langkah mereset BIOS yang salah dapat menyebabkan BIOS atau komponen motherboard lainnya rusak, setidaknya itulah yang pernah saya alami. Berikut adalah langkah-langkah cara mereset BIOS yang benar yang saya kutip dengan beberapa perubahan dari artikel Cara Reset BIOS majalah Chip edisi 02/2012.

cara reset BIOS

Langkah-langkah  Cara Reset BIOS Komputer:

  1. Pastikan Komputer sudah tidak terhubung ke sumber listrik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencabut kobel power dari stop kontak dan juga mencabut kabel power supply (24-pin power cable) dari motherboard komputer.

  2. Tunggu beberapa saat untuk memastikan arus listrik telah hilang. Untuk mempercepat hilangnya (membuang) sisa arus listrik pada motherboard tersebut, kita dapat menekan tombol power on pada komputer.

  3. Cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS. Untuk jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin. Untuk meng-clear CMOS atau mereset BIOS, tekan tombol reset tersebut. Untuk yang tipe jumper 3 pin, pindahkan posisi jamper ke sisi lainnya sedangkan tipe jumper 2 pin, maka kita tinggal menjumper kedua pin tersebut, klo kesulitan mencari jumper standar, gunakan saja obeng untuk menjumper pin tersebut. Intinya adalah agar kedua pin menjadi terhubung (short). Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut.

  4. Setelah itu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula untuk yang tipe 3 pin atau cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukan kembali kabel power supply motherboard. Pastikan semua terangkai dengan benar kemudian barulah menghubungkan komputer ke listrik PLN. 

  5. Nyalakan kembali komputer. Apabila reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula. Dan pada kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, setelah BIOS di reset, biasanya komputer akan bisa booting kembali.

  6. Apabila reset BIOS tidak berhasil, lakukan kembali langkah 1-2, kemudian cabut baterai BIOS dan lakukan kembali langkah 3-5.

  7. Apabila berhasil juga, ulangi kembali langkah 1-2, cabut semua kabel power supply pada motherboard, lepas baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer. Ulangi langkah 3-5.

  8. Langkah terakhir untuk mereset BIOS apabila cara diatas belum berhasil juga adalah kembali lakukan langkah 1-2, kemudian lepas semua komponen pada motherboard yaitu Processor, RAM dan Card tambahan lainnya seperti VGA Card. Bersihkan kembali motherboard dari kotoran dan ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan dulu selama 30 menit. Kemudian baru ulangi langkah 3-5.

Demikianlah langkah-langkah cara reset BIOS pada motherboard komputer. Semoga berhasil...
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

26 Responses to "Cara Reset BIOS Motherboard Komputer"

  1. Ini Website Bagus Sekali Tapi Sepi yah

    BalasHapus
  2. undang temen2-nya kesini donk biar rame :)
    thanks dah berkunjung..

    BalasHapus
  3. ilmux bgus bget bg... btw abg tau gk cra memperbaiki hdd yg rusak badblock nya,,, ntu hdd klau di conectkan ke com (sambung lewat kbel converter sata) gak mau conect trus ada bunyi klik-klik-klik di dalemnya... thnkz

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga kayak gitu gan,tapi katanya itu udah rusak kg bisa di benerin

      Hapus
  4. nice gan info'' nya sangat berguna bnget

    klo bisa ada gan tutor nya biar lebih mudah memahami nya

    tangzzz

    BalasHapus
  5. Mass Broo ane punya masalah dengan Kompi ane,...
    Pertama kali untuk Kompi On, Monitor Hidup "ada sinyal".
    Tetapi setelah ane restar lagi, Monitor tidak menampilkan apa-apa.
    setelah ane matikan kompinya.. selang waktu sejam gitu ane coba hidupkan lagi,... alhasil monitor hidup lagi tetapi pas restar lagi Monitor tidak menampilkan apa-apa. Solusinya gimana to bro...

    BalasHapus
  6. Ada gak cara reset bios laptop yg dipassword dengan cara yg simpel bro?

    Pernah nemu program yg bisa reset bios lewat DOS, tp hanya berhasil dicoba pada Desktop PC. Untuk biso laptop belum berhasil.

    BalasHapus
  7. makasih om infonya... ntar saya ramekan webnya...

    BalasHapus
  8. blog walking bro .. kunbalik yaa

    BalasHapus
  9. Ijin kopas ya bang,,, terima kasih atas ilmunya

    Belajar program CNC==>http://www.programcnc.co.cc/
    situs berbagi info dan cara==> http://ce-cara.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. alhamdulillah berhasil!!! terima kasih banyak mas admin. artikelnya bagus banget!

    BalasHapus
  11. salam kenal.....wah artikelnya banyak bantu sy utk perbaiki computer!!!!thx berat bro admin.

    BalasHapus
  12. Bagus bngt,
    Gan numpang tanya ane dah coba bersihin hampir semua komponen tp msh blm bisa masuk windows nya.
    Minta jurus lain nya gan....

    BalasHapus
  13. bi*sa saya ga gan komputer rusak bios rom checksum eror kira kira gimana cara mbenerinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cheksum error yg ada "Press F1" nya, biasanya batere CMOS nya musti ganti .. kalo dah ganti masih tetep, berarti jalur batere di Mboard dah ga bener ..

      Hapus
  14. Maksih Gan, sukses...lancar...

    BalasHapus
  15. saat ngejumper pin bios, kondisi pc dalam keadaan di nyalain apa di matikan gan

    BalasHapus
  16. pc tidak hidup. semua kipas nyala lampu power nyala lampu yang warna merah nyala tidak berkedip. kira2 apa penyebab nya pc tidak hidup..?

    BalasHapus
  17. pc tidak hidup semua kipas nyala lampu power nyala lampu yang warna merah nyala tapi tidak berkedip. pc tidak hidup kira2 kenapa gan..?

    BalasHapus
  18. Gan nyari jumper CLR CMOS nya gak ketemu, yang ada clear RTC... apa itu sama dengan Clear Cmos? Motherboard sata Asus P5kpl

    BalasHapus
  19. Gan nyari jumper CLR CMOS nya gak ketemu, yang ada clear RTC... apa itu sama dengan Clear Cmos? Motherboardnya Asus P5kpl

    BalasHapus