buku tutorial teknisi komputer

Google Drive Media Penyimpanan Online dari Google

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang beberapa layanan peyimpanan file online (free online file storage) di internet, seperti misalnya dropbox, 4 shared dan SkyDrive. Saat itu google baru mempunyai google docs, sehingga untuk menyimpan file-file lain saya menggunakan trik cara menggunakan GMail sebagai File Storage.

Namun saat ini tepatnya hari selasa, 24 April 2012 kemaren Google resmi meluncurkan Google Drive, sebuah media untuk peyimpanan dan berbagi file secara online berbasis cloud computing. Untuk layanan gratisnya Google Drive memberikan kita space sebesar 5 GB. Sedangkan untuk layanan berbayarnya Google Drive meyediakan space peyimpanan hingga 16 TB.

DAFTAR GOOGLE DRIVE 
  1. Untuk menikmati layanan Google Drive kita harus Login dengan account gmail kita disini 
  2. Anda akan dibawa ke jendela My Drive, dimana disitulah file-file Anda akan disimpan. Apabila sebelumnya anda telah mempunyai dokumen di google docs, maka file-file yang telah dibuat lewat google doc tersebut akan ada di jendela My Drive ini.

    my drive - google drive

  3. Pada Jendela My Drive ini kita bisa langsung membuat dokumen (menggunakan fasilitas google docs) dengan menekan tombol Create atau meng-upload dokumen dari komputer dengan menekan simbol hardisk (storage)
MENGGUNAKAN GOOGLE DRIVE DI KOMPUTER 
  1. Anda juga bisa mendownload aplikasi Google Drive for PC. Dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah mensinkronkan file-file di komputer kita ke tempat penyimpanan di My Drive tadi. 
  2. Setelah didonwload, instal dan jalankan aplikasi Google Drive for PC, setelah terinstall kemudian login dengan account gmail kita.
  3. Setelah login, pada saat pertama kali digunakan akan ditampilkan jendela seperti dibawah:

    advanced setup google drive

  4. Secara default folder Google Drive di komputer dengan sistem operasi windows 7 akan tersimpan di folder "C:\Users\nama_user\Google Drive". Untuk menentukan lokasi yang lain, klik aja tombol Advanced setup
  5. Setelah proses seting lokasi folder selesai, selanjutnya kita tinggal drag n drop aja file-file yang akan kita simpan ke Google Drive lewat folder tersebut. 
Beberapa keunggulan dari Google Drive ini adalah terintegrasi dengan Google Docs dan memungkinkan pengguna untuk mengakses file atau dokumen dari manapun dan mengerjakan dokumen bersama rekan kerja dalam waktu bersamaan. Pengguna juga tak perlu lagi repot menginstall banyak software, karena Google Drive memungkinkan segala macam jenis file, misalnya file dengan format PSD (photoshop) atau HD Video dibuka melalui browser (misal Google Chrome).

Untuk Anda yang tertarik untuk meyimpan file secara onlie dengan google drive ini, saat ini Google Drive tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows dan Mac, smartphone dan tablet Android. Dari keterangan di situs resmi Google Drive, perusahaan mesin pencari ini akan membuat Google Drive untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Google Drive Media Penyimpanan Online dari Google"

Poskan Komentar