Perangkat Keras Komputer

Pengertian dasar Sistem Informasi Komputer adalah merupakan integrasi dari 3 subsistem utama yaitu, brainware (manusia), software (program) dan hardware (perangkat keras komputer). Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas sedikit tentang jenis-jenis perangkat keras komputer dan fungsinya.

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Pengertian dari perangkat keras komputer adalah: Seluruh komponen atau peralatan yang secara fisik dapat dilihat dan  dipegang yang membentuk suatu sistem komputer serta peralatan fisik lainnya yang memungkinkan komputer dapat melaksanakan tugasnya, yaitu sebagai pengolah data.

Dari pengertian diatas, maka bagian-bagian yang termasuk perangkat keras komputer itu tidak hanya yang terdapat dalam kotak casing CPU saja, tetapi peralatan lain seperti printer, scanner, kamera digital dan speaker juga termasuk kedalam kategori perangkat keras komputer.

Pembagian Perangkat Keras Komputer

Dari sekian banyaknya perangkat keras komputer yang sering kita gunakan, pada dasarnya komponen-komponen hardware tersebut dapat kita golongkan kedalam 5 kategory, yaitu sebagai berikut:
  1. Input Device
    Yaitu suatu alat yang berfungsi sebagai pembaca data yang memungkinkan komunikasi dengan suatu alat pengolah data elektronik.

    input device perangkat keras komputer

    Input device mungkin merupakan perangkat keras komputer yang paling banyak jenisnya, diantaranya adalah: Keyboard, Mouse,Scanner, Touchpads, Trackballs, Pointing Sticks, Joysticks, Pen Input, Touch Screen, Light Pen, Digitizer, Microphone, Web Cam , Video Cards dan Audio Card.

  2. Central Processing Unit (Processor)
    Merupakan pusat pengolahan data serta pusat pengontrolan keseluruhan sistem komputer.  Secara garis besar dalam CPU ini terdiri dari Control Unit, Aritmetic Logical Unit dan Register (memory utama).

    Central Processing Unit - Processor

    Dalam perkembangan teknologi sekarang terdapat istilah core yang terdapat dalam Processor. Core ini merupakan bagian (inti) dari Processor yang melakukan tugasnya untuk membaca dan menjalankan instruksi. Semakin banyak core, maka kinerja komputer akan semakin baik terutama dalam menangani proses yang bersamaan (multitasking).

    Saat ini istilah CPU lebih dikenal dengan sebutan Processor saja, karena istilah CPU itu sendiri sering dimaksudkan untuk menunjuk kepada seluruh komponen hardware yang terdapat dalam casing CPU (meskipun salah kaprah namun istilah ini kayaknya sudah menjadi kebiasaan yang turun-temurun..).

  3. Output Device
    Yaitu peralatan yang dapat menampilkan atau mengeluarkan data yang telah diolah Processor kedalam bentuk lain, diantaranya adalah: Printer, Plotter, Monitor, Facsimile (FAX), Computer Output Microfilm (COM), LCD Projection Panels, Headphones, Audio Card dan Speaker.

      perangkat output device komputer

    • Mass Storage atau Secondary Storage atau External Storage
      Merupakan media peyimpanan data atau program yang diperlukan dalam suatu pengolahan data. Eksternal storage ini terpisah dari memory utama yang terdapat pada Central Processing Unit (Processor). Beberapa jenis alat penyimpanan data yang banyak dipakai diantaranya adalah: Floppy Disk atau Disket, USB Flashdisk, Memory Card, Hard Disk dan Tape (Pita Magnetik).

    • Perangkat tambahan
      Dalam beberapa buku yang penulis baca, perangkat yang termasuk kategori ini merupakan peripherial device yang berfungsi sebagai komponen tambahan (optional) saja, misalnya TV Tuner Card dan Modem internal. Menurut saya sendiri yang termasuk perangkat keras komputer tambahan adalah semua komponen yang menunjang sistem komputer selain keempat komponen diatas, seperti misalnya, Motherboard, Casing CPU, Power Supply, Stabilizer, UPS, Heatsink dan sebagainya.
    Mungkin itulah sekilas tentang pengertian perangkat keras komputer, kategori perangkat keras komputer dan fungsinya secara umum. Semoga ada manfaatnya...
    Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

    0 Response to "Perangkat Keras Komputer"

    Poskan Komentar