buku tutorial teknisi komputer

Panduan Cara Melakukan Transfer Domain

Beberapa minggu yang lalu saya akhirnya memutuskan untuk melakukan transfer domain catatanteknisi.com dari registrar yang lama ke jagoanhosting. Keputusan tersebut saya ambil setelah menimbang dan mengingat beberapa hal (laganya dah kaya anggota dpr aja nich..) diantaranya untuk memudahkan proses pembayaran domain, menyatukan domain catatanteknisi.com dengan beberapa domain lain yang ada di jagoanhosting dan yang paling penting yaitu semoga aja pelayanan jagoanhosting lebih baik dari layanan sebelumnya.


Apa itu transfer domain?

Transfer domain adalah proses pemindahan registrar domain. Pemilik domain tetaplah sama (kecuali klo domainnya emang mau dijual), yang berpindah hanya registrarnya saja. Registrar adalah tempat pendaftaran domain, dapat berupa webhosting, registrar atau reseller registrar.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika transfer domain.

Klo Anda hendak melakukan transfer domain, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami,moga aja ada manfaatnya..
  1.  Proses transfer domain memerlukan waktu sekitar 1 minggu, sehingga lebih baik melakukan transfer domain ketika domain akan expired minimal 1 bulan sebelumnya.
  2. Domain tidak sedang dilock. Oleh karena itu disable terlebih dahulu fitur privacy protection dan theft protection pada Panel Domain yang lama.
  3. Persiapkan kode Secret Domain sebagai salah syarat untuk melakukan transfer domain.
  4. Rajin-rajinlah untuk membuka email yang digunakan ketika mendaftarkan domain tersebut (email pemilik domain), pokoknya pantau terus proses transfer domain ini.
  5. Setelah proses transfer domain selesai dilakukan, jangan lupauntuk mengeset kembali setingan pada Panel Domain yang baru seperti Name Server, C Name Record, A Record, enable fitur privacy protection dan theft protetion dan setingan yang lainnya.
Setelah Anda mempersiapkan hal tersebut (dengan mencatat setiap informasi misalnya) kini saatnya untuk memulai proses transfer domain. Berikut adalah step-by-step cara transfer domain yang pernah saya lakukan:
  1. Lakukan Order Domain, dan pilih "I want to transfer my domain to Jagoan Hosting Indonesia". Lanjutkan proses order domain, klik next-next aja biar cepet ...
  2. Login ke member area jagoanhosting lalu submit ticket untuk melakukan transfer domain. Akan ada balasan dari team supportnya yang akan menanyakan EPP atau Domain Secret dari domain yang akan kita transfer. Berikan EPP Code atau Domain Secret dari domain tersebut.
  3. Tunggu email / konfirmasi balasan yang menyatakan permintaan transfer domain telah berhasil dieksekusi.
  4. Untuk melanjutkan proses transfer, Silakan cek di email yang terdaftar sebagai pemilik domain lama dan klik link yang terdapat pada email approval yang akan diterima. Idealnya proses transfer membutuhkan waktu 5 hari setelah link approval diklik.
  5. Setelah proses transfer selesai,  jangan lupa untuk segera mengupdate kembali Name Server, dan setingan lainnya seperti pada Panel Domain yang lama.
  6. Tambahan aja, sebaiknya gunakan submit ticket pada member area jagoanhosting untuk membalas email atau mengirimkan pertanyaan ke CS atau team supportnya.
Akhirnya selesai sudah proses transfer domain ini, saya ucapkan terimakasih kepada semua team support jagoanhosting yang telah membantu dengan cukup profesional..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Panduan Cara Melakukan Transfer Domain"

Poskan Komentar