buku tutorial teknisi komputer

Custom Domain Blogspot di JagoanHosting

Catatan tentang cara custom domain blogspot dengan domain sendiri sudah pernah saya posting dalam artikel yang berjudul "Cara Seting Custom Domain Blogger". Nah, dalam artikel kali ini saya kembali akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ketika melakukan seting custom domain blogspot, kali ini saya menggunakan jasa penyedia web hosting dan domain yang terpercaya, yaitu jagoanhosting.

Cara seting Custom Domain Blogspot di Jagoanhosting ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, berikut step-by-step panduannya:

A. Seting Nameserver, CNAME Record dan A Records pada Domain Manager
  1. Daftarkan sebuah domain di jagoanhosting.com
  2. Buka link Control Panel Domain yang diberikan, masukan username dan password. Apabila belum menerima password klik aja forgot password.


  3. Setelah Control Panel Domain terbuka, pilih menu Domain, kemudian klik List All Orders
  4. Pada jendela List of Orders, klik domain yang akan kita gunakan, misalnya catatanteknisi.com
  5. Selanjutnya akan terbuka jendela domain nanager untuk domain tersebut. Klik Name Server pada menu Domain Registration, untuk mudahnya silahkan delete aja isian yang ada pada Name Server tersebut.
  6. Selanjutnya lihat pada bagian DNS Management. Karena kita tidak memberikan Name Server maka akan ada error message: Your DNS Management Service is not configured correctly, klik Configure Now.
    • Klik Fix Name Server Automatically, sehingga secara otomatis system akan memberikan DNS dari jagoan hosting untuk mengisi Name Server buat domain kita tersebut.
  7. Selanjutnya adalah seting CNAME Records, masih dalam menu DNS Mangement, klik tombol Manage DNS, pada halaman yang baru muncul klik tab CNAME Records, lalu klik tombol Add CNAME Record.
    • Isi Host Name dengan www , lalu isi Value dengan ghs.google.com pada pilihan Type In A Fully Qualified Domain , untuk TTL biarkan saja. Akhiri dengan klik tombol Add Record.
  8. Langkah terakhir adalah seting A Record, klik tab A Records, kemudian klik tombol Add A Record.
    • Untuk Host Name biarkan kosong, isi Destination IPv4 Address dengan 216.239.32.21, untuk TTL biarkan apa adanya. Kemudian klik tombol Add Record
    • Lakukan lagi langkah pengisian A Record ini sebanyak 3 kali dengan mengisi IP Address dengan nomor 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21 . Sehingga nanti akan ada 4 records yang dihasilkan.

B. Seting Custom Domain di Blogger
  1. Masuk ke dashboard blogger , klik Setting, klik Publishing
  2. Klik pada pilihan Switch to Custom Domain.
  3. Pada jendela yang baru klik pilihan: Already own a domain? Switch to advanced settings
  4. Isi domain dengan www (sebagai sub domain) misalnya : www.catatanteknisi.com, masukan kode captcha klik Save Setting.
  5. Masih dijendela yang sama, centang kotak kecil yang bertulisakan Redirect catatanteknisi.com to www.catatanteknisi.com, klik Save Setting.
Langkah Custom Domain Blogspot telah selesai. Diperlukan waktu beberapa jam untuk mengakses blog dengan domain baru tersebut.  Untuk temen-temen yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang cara Custom Domain Blogspot di JagoanHosting silahkan mampir kesini.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

12 Responses to "Custom Domain Blogspot di JagoanHosting"

  1. kuq belom bisa ya gan...
    pa nunggu waktu 1x24 jam..?

    BalasHapus
  2. coba ditunggu aja dulu, biasanya sih kurang dari 1x24 jam..

    BalasHapus
  3. kemarin custom domain dah berhasil
    Tapi klo diketik tanpa www. di browser kug gk bsa kebuka blok ku , bsa d bantu

    BalasHapus
  4. untuk redirect www bisa dilakukan dengan langkah no 5B diatas..

    BalasHapus
  5. Terus gimana donk caranya untuk justru redirect ke yang tanpa www?

    BalasHapus
  6. gan sya biasanya cuma 5 menit udah jadi .... saya lagi heran ini kok sampe seharian belum bisa yaaaa...... Saya make DNS gratisan freedns

    BalasHapus
  7. Mas, aku udah delete Custom Domain (karena sudah expire) dan kembali lagi ke Subdomain Blog (Pake Blogspot kebetulan). Setelah Itu saya coba pake alamat asli itu (Subdomain), entah kenapa bbrp detik setelah itu redirect lagi ke alamat Custom Domain, padahal kan sudah saya hapus, Gimana cara mengatasinya, Mohon sekali bantuannya. Kl bisa mhn kirimkan jawabannya ke SMS 082114366194. Terima Kasih.

    BalasHapus
  8. Mas, ada lagi nih, Bagaimana setting agar biarpun diakses tanpa www, blog tetap bisa diakses. karena sepengetahuanku blog saya diakses tanpa www, malah mengarah ke 404 (URL Rusak). Ini saya alami diblog saya. kebetulan juga saya memakai Jagoan hosting..


    Please mas bantuin. darurat nih

    BalasHapus
  9. saya pernah mengalami blog diakses tanpa www malah mengarah ke 404 ketika awal perpindahan hosting, tp lupa lg cara benerinnya :)

    BalasHapus
  10. gan,,, skrang name host harus diisi :( laah ngisi A Record nya bgimna gan??

    BalasHapus
  11. custom domain emang perlu biar keliatan lebih pro daripada bolgspot :)

    BalasHapus