buku tutorial teknisi komputer

Mempercepat Waktu Booting Windows 7

Lamanya waktu booting merupakan kesan pertama dalam menentukan seberapa cepat kinerja windows 7 yang kita gunakan. Apabila waktu booting terasa lama, maka cap "windows lambat" langsung kita vonis ke komputer tersebut.

Dalam artikel kali ini saya akan berbagi tips cara mempercepat waktu booting windows 7 dengan melakukan tweak terhadap file system configuration utility  yaitu file msconfig.exe yang lokasinya terdapat di folder  C:\Windows\System32.

Berikut step by step modifikasi msconfig untuk mempercepat waktu booting windows 7:
  1. Buka jendela System Configuration Utility dengan cara klik Start, pada kota Search programs and files ketik: msconfig


  2. Klik tab Boot, tampilannya tampak seperti gambar dibawah. Centang pilihan No Boot GUI, ini bertujuan untuk menghilangkan munculnya animasi logo Windows pada saat booting yang akan memberikan penghematan waktu booting windows 7.


  3. Selanjutnya masih pada tampilan jendela yang sama, klik tombol Advanced options, kemudian centang pada pilihan Number of processors lalu pilih angka paling besar yang menunjukkan jumlah core processor yang terdapat tersedia. Disini karena komputer saya masih menggunakan processor dual core maka angka maksimalnya cuma 2. Klik OK untuk kembali ke jendela utama msconfig windows7.


  4. Selanjutnya klik tab Startup yang akan menampilkan program-program apa saja yang di-load saat windows startup. Untuk mempercepat waktu booting windows 7 pastikan hanya program yang penting saja yang dipanggil secara otomatis. Untuk itu uncheck (jangan dicentang) program-program yang tidak perlu di-load secara otomatis saat windows booting. Kemudian klik OK


  5. Selanjutnya klik Restart dan coba rasakan perubahan waktu booting yang sekarang.  
Demikianlah cara mempercepat waktu booting windows 7 dengan melakukan tweak terhadap file msconfig.exe. Cara ini merupakan salah satu tips dari 10 Cara Mempercepat Windows 7. Selamat mencoba..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

6 Responses to "Mempercepat Waktu Booting Windows 7"

  1. bagus !

    http://seputarkomputer.com

    BalasHapus
  2. wah ini yang ane cari buat mempercepat booting ane, thanks udah di share :)

    BalasHapus
  3. Kerre sob, ane berhasil.

    Salam sukses selalu...

    BalasHapus
  4. Kalo Intel Atom Inside Nomer Of Processor Nomer Berapa

    BalasHapus
  5. Bagus Mas, Aku Sudah Coba Ternyta Berhasil

    BalasHapus