buku tutorial teknisi komputer

Cara Membersihkan Virus menggunakan Rescue Disk

Salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk membersihkan virus dan malware lainnya yang menginfeksi sistem komputer adalah dengan melakukan scanning virus menggunakan Antivirus yang terdapat dalam CD Bootable atau dikenal juga dengan istilah Rescue CD.

Rescue CD ini selain merupakan senjata darurat yang bisa kita gunakan untuk men-scan dan membersihkan sistem komputer dari virus, rootkit, spyware dan malware lainnya. Dalam Rescue CD juga biasanya dilengkapi dengan tool-tool berguna lainnya seperti tool untuk memanipulasi file dan folder, create dan delete partisi hardisk, configure network connection dan lain sebagainya.

Misalnya saja ketika windows Anda gagal booting atau tidak bisa start up secara normal, selain dari masalah kerusakan hardware seperti yang pernah saya tulis dalam artikel "cara memperbaiki komputer tidak bisa booting", kemungkinan lain hal ini disebabkan karena malware yang telah merusak sistem operasi komputer

Berikut ini adalah beberapa Rescue CD yang dapat kita gunakan untuk melakukan scanning sekaligus menghapus berbagai virus yang menginfeksi komputer dari berbagai vendor Antivirus:

1. AVG Rescue CD


AVG Rescue CD, merupakan CD Bootable berbasis Linux dari AVG Antivirus yang berfungsi sebagai Antimalware yang akan memberikan perlindungan terhadap virus, worm, Troya, spyware, pencuri identitas, rootkit, dan lainnya.


Dalam AVG Rescue CD juga dilengkapi dengan berbagai tool untuk pemulihan sistem diantaranya :
  1. Midnight Commander - pengatur file dua panel agar Anda selalu dapat melihat apa yang sedang Anda lakukan dan apa yang terjadi di sana
  2. Windows Registry Editor - editor register sederhana untuk membantu perbaikan entri register
  3. TestDisk - alat pemulihan hard drive yang andal untuk rekonstruksi sistem file FAT32 dan NTFS
  4. Ping - untuk mengetes ketersediaan sumber daya jaringan seperti server, domain dan alamat IP
  5. Program dan layanan Linux yang umum seperti editor teks vi, daemon OpenSSH, ntfsprogs, dan lainnya.
Download AVG Rescue CD disini

2. Kaspersky Rescue Disk

Kaspersky Rescue Disk 10 dirancang untuk memindai dan mendisinfeksi komputer x86 dan x64-kompatibel yang telah terinfeksi. Aplikasi ini harus digunakan ketika infeksi begitu parah sehingga tidak mungkin untuk mensterilkan komputer menggunakan anti-virus aplikasi atau utilitas penghapusan malware (seperti Alat Virus Removal Kaspersky) berjalan di bawah sistem operasi.

kaspersky rescue disk


Kaspersky Rescue Disk menawarkan interface yang simple dan mudah untuk digunakan. Aplikasi scan virusnya akan memeriksa boot sector, hidden startup objects dan local hardisk. Setiap file yang terinfeksi virus nantinya dapat kita karantina, desinfeksi atau dihapus. Kaspersky Rescue CD dilengkapi menu Update Center untuk mengupdate database dengan malware definitions database termutakhir.

Kaspersky Rescue Disk dapat di download disini

3. Dr.Web LiveCD

Jika komputer kita terinfeksi malware yang menyebabkan komputer tidak bisa booting, maka kita bisa menggunakan Dr.Web Live CD. Aplikasi ini akan membersihkan komputer dari file yang terinfeksi virus dan file-file yang dianggap berbahaya dan mencurigakan. Dr.Web Live CD juga dilengkapi tool untuk mengupdate virus databases dan component lainnya yang dibutuhkan.

Dr.Web Live CD dapat di download disini

4. Avira AntiVir Rescue System

Sama seperti Dr.Web dan AVG Rescue, Avira AntiVir Rescue System ini dapat kita gunakan untuk mengakses, memperbaiki sistem yang rusak, menyelamatkan data dan melakukan scan virus dari komputer yang tidak dapat di-boot lagi. File .iso dari Rescue CD ini selalu diperbaharui beberapa hari sekali sehingga update keamanan terbaru selalu tersedia.

Download Avira AntiVir Rescue System disini

5. Norton Bootable Recovery Tool

Norton Bootable Recovery Tool dari Symantec Corp diklaim bisa memperbaiki kerusakan yang paling parah sekalipun dari komputer yang terinfeksi virus. Norton Rescue Tool dapat membantu membersihkan threats dan crimeware sehingga dapat memulikan kembali kesehatan komputer. 

Download Norton Bootable Recovery Tool disini

Beberapa vendor antivirus lainnya seperti Bit Defender, Panda AntiVirus, F-Secure dan PC Tools juga mengeluarkan produk Rescue CD yang hampir sama, tetapi saya rasa dengan 5 Rescue CD diatas sudah cukup untuk membersihkan virus dan malware lainnya yang menginfeksi komputer.

Cara Membersihkan Virus menggunakan Rescue Disk

Untuk menggunakan Rescue Disk tersebut, pertama-tama kita harus membakar atau mem-burning file.iso yang telah didownload tadi ke media CD menggunakan aplikasi burning tool seperti Nero, CD Burner XP atau InfraRecorder. Setelah selesai, maka bootinglah komputer dengan menggunakan CD ROM  dan lakukan pembersihan virus menggunakan rescue disk tersebut.   Selamat mencoba..!

Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

1 Response to "Cara Membersihkan Virus menggunakan Rescue Disk"

  1. Saya tadinya pake antivirus gratisan tapi tetap aja kena virus tapi nggak ke detect tahu-tahu browser tidak bisa dibuka setelah diperiksa pake rescue Disk baru ketahuan virusnya.Sekarang nggak pake antivirus gratisan lagi.

    BalasHapus