buku tutorial teknisi komputer

Mengenal Wireless Router Linksys WRT54GL

Meneruskan postingan sebelumnya tentang mengenal wireless access point, dalam postingan ini saya akan mencoba me-review sebuah Access Point yang cukup popular, setidaknya yang sering saya pake :) untuk sharing koneksi internet atau membuat jaringan Wireless LAN dalam ruangan tertutup yaitu Linksys WRT54GL.

Linksys WRT54GL merupakan Wireless Broadbrand Router yang didalamnya terdapat 3 fungsi dasar yaitu sebagai Access Point (54Mbps Wireless-G / 802.11g dan 11Mbps Wireless-B / 802.11b), sebagai Switch yang terdiri dari 4 port full duplex 10/100 Ethernet dan sebagai Router yang berfungsi untuk memanage dan sharing koneksi internet.

linksys WRT54GL

Berikut fitur-fitur bawaan Linksys WRT54GL:
  • All-in-one Internet-sharing Router, 4-port Switch, and 54Mbps Wireless-G (802.11g) Access Point  
  • Shares a single Internet connection and other resources with Ethernet wired and Wireless-G and -B devices  
  • Push button setup feature makes wireless configuration secure and simple  
  • High security: TKIP and AES encryption, wireless MAC address filtering, powerful SPI firewall  
Seperti terlihat pada gambar diatas, access point ini memiliki dua konektor antenna RP-TNC eksternal yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja access point, 1 port untuk koneksi kabel ke internet (WAN), 4 Port ethernet switch dan sebuah tombol reset. Untuk mengkonfigurasi Linksys WRT54GL kita bisa menggunakan web browser seperti Mozilla firefox dengan alamat default 192.168.1.1 dengan user admin dan password kosong.

Salah satu keunggulan dari Linksys WRT54GL ini adalah selain dari harganya yang terjangkau (saat ini sekitar Rp 600.000) juga bisa kita upgrade firmware-nya dengan DD-WRT sehingga menambah kemampuan dari wireless router tersebut dari fungsi bawaannya yang sebatas access point menjadi  sebuah WDS / Repeater dan juga tambahan fitur-fitur yang lain seperti bandwidth management.

Dalam catatan saya berikutnya, mudah-mudahan bisa mengeksplor lebih jauh tentang Wireless Broadband Router Linksys WRT54GL dan bagi temen-temen yang punya catatan atau pengalaman seputar access point ini saya tunggu sharing-nya ya..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

6 Responses to "Mengenal Wireless Router Linksys WRT54GL"

  1. sore pak...
    berarti klo kita ingin membuat hotspot di kantor, tidak perlu acces point ya pak. cukup menggunakan wireless router juga bisa...

    BalasHapus
  2. iya, klo wireless routernya dah punya fungsi sbg akses point spt diatas

    BalasHapus
  3. maaf pak, ingin minta pendapat nih. menurut bapak mana yg lebih bagus Router Linksys WRT54GL ato router TP-Link TL-MR3420? thx

    BalasHapus
  4. untuk tp-link TL-MR3420 saya belum pernah pake, klo dilihat harga dan fitur standarnya TL-MR3420 lebih unggul, tapi ga tau klo user yang connectnya dah banyak.
    klo untuk WRT54GL pernah koneksi dishare ke sekitar 20 client lebih masih terasa stabil (koneksi ga putus nyambung, klo bandwidtnya sih beda lagi ya..)

    BalasHapus
  5. Sore pak mau bertanya,kenapa sinyal wifi tidak terdeteksi untuk laptop/PC, menggunakan linksys wrt54gl untuk access pointnya thanks sebelumnya..

    BalasHapus
  6. bodoh,,
    pendek-pendek kali artikelnya
    kontol lah

    BalasHapus