Cara Reset Printer Epson L200

Share artikel kali ini adalah tentang cara reset printer Epson L200. Untuk mereset printer epson L200 ini kita membutuhkan software Adjustment Program for Epson L200. Software ini di www.2manuals.com dijual seharga $19.99 atau tanya mbah gogel aja ya barangkali ada yang gratiss :) Oh ya, bagi temen-temen yang belum tau printer epson L200 berikut sedikit reviewnya...

printer epson l200
Printer Epson L200 merupakan All In One Printer Inkjet (bisa ngeprint, scan dan copy) dengan sistem tangki tinta pertama di dunia. Salah satu keunggulan printer sistem tangki ini adalah kemampuannya mencetak banyak halaman tetapi tetap menghemat pemakaian tinta. Saat artikel ini ditulis harga printer L200 ini di bhinneka.com sekitar Rp 1,757,800.

Printer L200 hadir dengan satu set tinta yang terdiri dari satu botol tinta hitam ukuran 70 ml seharga US$ 5,5 yang dapat mencetak 4000 halaman B/W dan tiga botol cartridge tinta berwarna yang dapat mencetak 6500 halaman berwarna. Satu set tinta Printer L200 terdiri dari satu botol tinta hitam dan tiga botol tinta berwarna yaitu Epson T6641 (Black), Epson T6642 (Cyan), Epson T6643 (Magenta) dan Epson T6644 (Yellow).

Cara Reset Printer Epson L200
Cara reset Epson L200 ini telah saya coba untuk memperbaiki printer epson L200 yang tidak mau ngeprint dan memunculkan pesan error "The printer's ink pads are at the end of their service.." seperti terlihat pada gambar dibawah:

resetter epson l200

Untuk mengembalikan counter printer / mereset Epson L200 ini kita bisa menggunakan Adjustment Program sebagai berikut:
  1. Jalankan Adjustment Program for Epson L200, pilih Particular adjustment mode.

    epson l200 adjustment program

  2. Pada jendela berikutnya pada menu Maintenance pilih Waste ink pad counter kemudian klik OK

    waste ink pad counter epson l200

  3. Pada jendela Waste ink pad counter, klik tombol Check, akan terlihat nilai point pada masing-masing counter. Pada gambar dibawah terlihat bagian Main Pad Counter telah melewati nilai maksimal. Untuk meresetnya pilih masing-masing counter, kemudian klik tombol Initialization

    resetter epson l200

  4. Akan muncul message pop-up "When the OK button is clicked, initialization is done" klik OK
  5. Matikan printer, kemudian nyalakan lagi dan tunggu beberapa saat.
  6. Untuk mengecek apakah nilai counter telah berhasil direset, tekan kembali tombol Check, nilai Main pad counter harusnya berubah menjadi 0%. Untuk keluar klik Finish.
Printer Epson L200 telah berhasil direset, selanjutnya coba untuk melakukan self print test page untuk memastikan printer telah normal kembali...
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

9 Responses to "Cara Reset Printer Epson L200"

  1. nice post http://www.niocomp.com/

    BalasHapus
  2. Thanks udah share tulisannya mas. Saya lagi mencari informasi tentang printer yang cocok buat mencetak foto yang kualitasnya menyerupai kualitas studio foto. Setelah baca tulisan mas diatas, saya pertimbangkan untuk membeli Epson L200 untuk saya gunakan dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit tambahan aja tentang l200 ini:
      - pada saat instalasi awal akan memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memompa tinta.
      - usahakan ngeprint secara teratur untuk mencegah nozle tersumbat
      - masukan kertas secukupnya, jangan terlalu banyak atau sedikit
      - yang sabar aja pas ngeprint, karena kecepatannya tergolong rendah.
      - klo fitur scan ngga terlalu terpakai, mending pake l100 aja
      - tapi asli irit banget pake printer l200 ini

      Hapus
  3. makasih mas atas tulisannya.saya baru pesan epson l200.2hari baru ada barang nya.tapi saya belum mengerti betul cara penggunaan printer.ada ngga buku panduan yang berbahasa indonesia.karna ini baru pertama kali saya menggunakan printer.ada yang bilang epson l200 perawatannya mudah,bagi yang pemula benar ngga sih ?

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak atas petunjuknya sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak atas bantuannya. Sudah berhasil.

    BalasHapus
  6. l200 saya ngeblank...ngga keluar gambar waktu ngeprint......padahal baru 4 bulanan.....apa masalahnya ya......?

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyakkk saya berhasil dan bisa lanjutin kerja

    BalasHapus