Training Bisnis Online

Mengenal Jaringan Wireless LAN - WiFi

Temen-temen mungkin masih inget postingan saya sebelumnya tentang membuat jaringan WiFi AdHoc di Windows 7. Nah bagi temen-temen yang masih bingung tentang jaringan Wireless menggunakan Wi-Fi,  kali ini saya ingin menshare catatan saya tentang mengenal jaringan wireless dan wi-fi, mudah-mudahan catatan ini  ga membuat temen-temen pembaca blog gaptek ini nambah bingung he..he..:)

Apa Itu Jaringan Wireless

wifi logo
Dari arti katanya, wireless berarti tanpa kabel. Sehingga jaringan wireless bisa diartikan sebagai sebuah jaringan yang  tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Pertanyaan selanjutnya adalah lantas menggunakan media apa donk sebagai pengganti kabel ini..? . Nah, sebagai pengganti kabel ini temen-temen pasti masih ingat istilah IrDa (Infrared Data Association) yang bisa menghubungkan 2 buah devices dengan menggunakan signal infrared ataupun teknologi  Bluetooth yang mampu menghubungkan devices sejauh 10 meter meskipun terhalang dinding dan yang akan kita bahas yaitu teknologi Wi-Fi.


Kalo IrDa dan Buletooth merupakan teknologi yang digolongkan dalam jaringan PAN (Personal Area Network) maka Wi-Fi merupakan teknologi yang dapat menggantikan kabel UTP yang biasa kita gunakan untuk membentuk sebuah jaringan LAN (Local Area Network) sehingga dengan Wi-Fi ini kita bisa membuat sebuah jaringan lokal tanpa kabel atau biasa disebut sebagai Wireless LAN.

Definisi dan Pengertian Wi-Fi

Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity merupakan teknologi wireless yang populer untuk saling menghubungkan antar komputer, PDA, laptop dan perangkat lainnya, menghubungkan komputer dan device lain ke internet (misalnya di Café kita sering melihat tulisan Wi-Fi Hotspot)  atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN.

wifi alliance image
Wi-Fi merupakan sebuah wireless LAN brand dan trademark dari Wi-Fi Alliance yang beralamat di www.wi-fi.org, sebuah asosiasi yang beranggotakan Cisco, Microsoft, Apple, Dell dan masih banyak lagi yang lainnnya. Organisasi Wi-Fi ini bertugas untuk memastikan semua peralatan yang mempunyai label Wi-Fi bisa bekerja sama dengan baik.


Kalo jaringan kabel LAN yang biasa kita gunakan menggunakan teknologi IEEE 802.3 atau yang dikenal dengan ethernet, maka jaringan Wi-Fi menggunakan teknologi gelombang radio berdasarkan standard IEEE 802.11 yang mengurusi standard Wireless LAN (WLAN).

Oh ya.. bagi temen-temen yang belum tau,  IEEE  adalah singkatan dari Electrical and Electronics Engineers'  yang merupakan sebuah organisasi non profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi.

Standard Wireless IEEE 802.11

Saat ini terdapat empat standard dari IEEE 802.11 yaitu 802.11a, 802.11b, 802.11g dan yang paling baru 802.11n. Yang membedakan dari keempat standard teknologi tersebut diantaranya adalah frekuensi yang digunakan dan bandwidth atau maksimum data rate yang dapat dicapai. Berikut tabel perbedaan dari keempat standar teknologi wireless  LAN tersebut:

IEEE 802.11 tabel

Nah, sekarang kita sudah tau bahwa Wi-Fi itu merupakan sebuah brand dari teknologi wireless yang saat ini populer digunakan untuk mengakses internet dan membuat  jaringan (WLAN), dimana teknologi Wi-Fi ini sendiri dibuat berdasarkan standard IEEE 802.11a, 802.11b, 802.11g dan 802.11n. CMIIW..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

1 Response to "Mengenal Jaringan Wireless LAN - WiFi"

  1. bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop berdasarkan standart IEEE?. Thanks sebelumnya.

    BalasHapus