buku tutorial teknisi komputer

Mengedit .MOV Video dengan Windows Movie Maker

Share artikel kali adalah tentang pengalaman saya kemaren ketika hendak mengedit video menggunakan Windows Movie Maker, maklum hanya tool inilah yang cukup familiar bagi saya untuk mengedit file video. Sayangnya video yang harus diedit ternyata dalam bentuk .MOV (file audio video yang dikembangkan oleh Apple Inc dan tidak disupport oleh Windows Movie Maker) sehingga proses pengeditan video harus mengalami beberapa tahap.

Tahap yang pertama adalah meng-convert video tersebut kedalam bentuk .AVI yang merupakan salah satu bentuk file video yang disupport oleh Windows Movie Maker. Untuk mengconvert video tersebut saya menggunakan tool WinFF - Free Video Converter, bisa juga dengan menggunakan software Any Video Converter.

Setelah video berhasil di-convert ke dalam bentuk .AVI, kemudian saya jalankan Windows Movie Maker dan mengimport file hasil convert tersebut, tetapi malah muncul error yang menyatakan ada codec yang perlu diinstall terlebih dahulu, screenshootnya seperti gambar dibawah:

Windows Movie Maker error codex

Untungnya saya masih meyimpan program CodecInstaller, sebuah tools yang dapat mencari codec yang dibutuhkan. Setelah aplikasi ini saya install, saya analisa file hasil convert yang telah berbentuk .AVI tersebut, ternyata codec yang diperlukan adalah DivX Codec. Untuk mendownloadnya, klik aja tanda tannya (?) pada bagian Codec > DivX3 Low-Motion, tentu saja komputer harus terkoneksi ke internet.

DivX Codec

Setelah codex yang dibutuhkan terinstall, saya coba lagi menjalankan Windows Movie Maker, sekarang file .AVI hasil convert dari .MOV tersebut bisa di-import dan sayapun bisa mengedit video tersebut.

Demikianlah sedikit catatan saya tentang cara mengedit .MOV file menggunakan Windows Movie Maker, yaitu dengan cara mengconvert terlebih dahulu kedalam bentuk .AVI dan menginstall DivX Codec yang diperlukan.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Mengedit .MOV Video dengan Windows Movie Maker"

Poskan Komentar