Definisi SSL-Secure Socket Layer


Apa itu SSL (Secured Socket Layer)
SSL (Secured Socket Layer) adalah sebuah teknologi enkripsi (persandian) yang dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1994 untuk mengamankan HTTP (menjaga pengiriman data antara web server (situs) dengan pengunjungnya. Ada beberapa versi SSL, versi 2 dan versi 3, tetapi versi 3 paling banyak digunakan saat ini. Saat kita mengakses situs yang terenkripsi SSL kita bisa merasa lebih aman dalam mengirimkan data sensitif ke situs tersebut.

Apabila Anda mempunyai situs misalnya untuk bisnis online, untuk mengaktifkan SSL pada situs tersebut, anda perlu memasang sertifikat SSL yang sesuai dengan server dan situs anda. Saat seorang pengunjung mengakses situs yang terenksripsi SSL biasanya bisa dilihat dari indikator/ikon gembok pada browser atau juga alamat situs yang diakses diindikasikan dengan warna hijau pada baris alamat browser. Setelah SSL terpasang, anda bisa mengakses situs anda secara aman dengan mengganti URL yang sebelumnya misalnya http://www.namadomainanda.com menjadi https://www.namadomainanda.com.

Apa itu CA (Certificate Authority)
Certificate Authority (CA) adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital (SSL) kepada perusahaan, lembaga atau individu lain setelah melalui proses verifikasi. CA harus menyimpan informasi tentang apa yang sudah diterbitkan dan informasi apa yang digunakan untuk menerbitkannya, dan secara rutin diaudit untuk memastikan semuanya sudah sesuai prosedur. Setiap CA memiliki Certification Practice Statement (CPS) yang berisi prosedur yang harus dijalankan dalam memverifikasi setiap permohonan sertifikat yang masuk. Saat ini dikenal beberapa CA, diantaranya adalah Verisign yang sekarang diakuisisi oleh Symantec Corp, Comodo, Entrust, GlobalSign dan lain sebagainya.

Beginners Guide to Digital SSL Certificates 
Informasi lebih lanjut mengenai dasar-dasar keamanan website, terutama yang berhubungan dengan SSL Certificates, dapat anda temukan dalam majalah Beginners Guide to Digital SSL Certificates dari Verisign -  Symantec Corp yang bisa Anda dapatkan secara legal dan gratis dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka halaman registrasi majalah  Beginners Guide to Digital SSL Certificates 
  2. Isi Form yang tersedia dengan data-data yang diminta. Contoh pengisisan Form seperti pada gambar dibawah (klik untuk memperbesar) :

    form request-isian data
  3. Pastikan alamat email Anda valid, karena majalah digital akan dikirim lewat email tersebut.
  4. Masukkan kode captcha pada bagian bawah dan klik tombol “Download” seperti pada gambar berikut:

    form request-download
  5. Jika halaman “thank you” sudah muncul, tandanya pendaftaran anda sudah diterima dan majalah digital tersebut telah dikirimkan ke email anda.
Bagi anda yang sudah berhasil terdaftar, maka anda akan secara otomatis akan mendapatkan majalah digital gratis lainnya dari VeriSign Authentication Services. Semoga bermanfaat.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

0 Response to "Definisi SSL-Secure Socket Layer"

Poskan Komentar