buku tutorial teknisi komputer

Cloning Hardisk dengan Macrium Reflect Free

Cloning hardisk adalah proses untuk mengcopy seluruh isi hardisk atu lebih tepatnya membuat duplikasi dari hardisk yang satu ke hardisk yang lain. Untuk mengcloning hardisk kita bisa membuatnya secara langsung (disk to disk) atau dibuat kedalam sebuah image file terlebih dahulu. Sebuah disk image adalah representasi yang tepat dari seluruh hardisk atau partisi dari hardisk. Image file umumnya berisi data terkompresi dan hanya berisi bagian-bagian dari disk yang sedang digunakan oleh sistem file.

Kegunaan dari mengcloning hardisk ini diantaranya adalah membuat sebuah backup sistem komputer secara keseluruhan, sehingga apabila hardisk yang sekarang crash dan tidak bisa digunakan lagi, kita tinggal mengganti hardisk tersebut dengan hardisk duplikat hasil cloning tanpa perlu menginstall ulang sistem operasi, software aplikasi dan melakukan setingan-setingan yang lainnya.

Salah satu software cloning hardisk yang terkenal adalah Norton Ghost dan Acronis True Image. Tetapi sebenarnya banyak alternative software cloning hardisk yang selain gratis juga mempunyai berbagai kelebihan yang lain. Salah satu software alterative cloning hardisk yang pernah saya bahas adalah Drive Image XML. Selain Drive Image XML software alternative disk imaging and cloning hardisk yang saya rekomendasikan adalah Macrium Reflect Free Edition.

Bagaimana Cara Cloning Hardisk dengan Macrium Reflect Free Edition

Untuk mengcloning hardisk dengan Macrium Reflect ini, pertama kita harus membuat disk image terlebih dahulu dari partisi atau hardisk yang kita kehendaki. Pembuatan file image ini bahkan bisa dilakukan pada hardisk dengan windows yang saat ini sedang digunakan (Live imaging with Microsoft Volume Shadow copy Service). File image yang telah dibuat oleh Macrium Reflect ini dapat kita simpan ke partisi atau hardisk lain atau ke storage media lainnya. Selanjutnya untuk melakukan cloning hardisk atau restore data dari disk image tersebut kita bisa menggunakan kembali aplikasi Macrium Reflect ini atau dengan menggunakan bantuan Rescue CD.

cloning hardisk dengan macrium reflect free

Berikut beberapa fitur dari Macrium Reflect Free Edition:


  • Dapat membuat disk image dari sebuah partisi atau hardisk
  • Pembuatan  disk image bisa dijalankan saat Windows sedang digunakan
  • File Image dapat disimpan ke berbagai Media Storage (Hardisk, USB, DVD)
  • File Image dapat dimount ke virtual drive sehingga bisa diakses dari Windows Explorer
  • Backup data (create image) bisa dilakukan secara terjadwal 
  • Tersedia Linux Rescue CD yang support network untuk restore image
  • Support Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, baik versi 32 bit atau 64 bit.

Apabila temen-temen tertarik untuk menggunakan Macrium Reflect Free Edition ini silahkan download aplikasinya di http://www.macrium.com/reflectfree.aspx.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

2 Responses to "Cloning Hardisk dengan Macrium Reflect Free"

  1. Hallo saudaraku, perkenalkan saya Endjune dari kalangan sesama teknisi. disini sedikit saya menyempurnakan pengertian Cloning hardisk yang anda posting agar rekan-rekan yang baru belajar(awam)tidak salah pengertian.
    Cloning adalah membuat duplikat suatu benda mirip dengan aslinya (dalam hal ini hardisk). bukan proses untuk mengcopy seluruh isi hardisk. kalau mengcopy isi seluruh hardisk itu namanya proses "Diskcopy".
    memang hampir mirip namun perbedaanya terletak pada proses atau cara kerjanya.
    Cloning prosesnya membuat duplikat mulai dari isi hardisk, track, sampai konfigurasi dari sistem informasi yang ada dalam hardisk sumbernya. termasuk device-device komputer kita. jadi untuk melakukan proses cloning kita harus berhati-hati. syarat yang perlu diperhatikan adalah :
    1).Hardisk yang akan diclon (sumber)harus sejenis dengan hardisk duplikat tujuan. misalnya Seagate 250GB - Segate 250GB. 2). Jenis Motherboard yang dipakai harus sama.
    mengapa demikian..? Jawaban:
    1. karena hardisk memiliki struktur yang berbeda, (didalam hardisk terdapat informasi vendor HDD, kapasitas HDD, MBR HDD dll).
    sebenarnya bisa saja kita melakukan cloning dengan hardisk yang berbeda namun.. efeknya akan kelihatan pada saat setelah digunakan dalam jangka waktu beberapa minggu. akan terjadi berbagai macam masalah.
    demikian posting dari saya, semoga bermanfaat dan menjadi masukan yang membangun. Terimakasih..(Martala Sihombing) email : Martala.sihombing@gmail.com

    BalasHapus
  2. terimakasih koreksinya, software dan teknologi untuk cloning (duplikasi) hardisk memang banyak macamnya seperti misalnya acronis, macrium,norton ghost,diskclone dan drive image xml.

    klo akan mengcloning disk to disk memang idealnya kedua hardisk harus sama.

    klo terpaksa menggunakan motherboard berbeda kita bisa terlebih dahulu menggunakan tip cara memindahkan hardisk windows xp

    BalasHapus