Training Bisnis Online

Tips Memperbaiki Printer Tidak Bisa Narik Kertas

Printer tidak bisa narik kertas..! itulah kejadian yang saya alami beberapa hari kemaren. Kerusakan printer ini terjadi pada Printer Canon IP1980, printer gagal ngeprint karena tidak bisa narik kertas secara sempurna, kertas tertarik tetapi miring sehingga mengakibatkan printer paper jam alias kertas macet pada printer.

Karena penasaran, apa yang menyebabkan printer tidak bisa narik kertas sehingga printer mengalami paper jam, akhirnya saya membongkar printer Canon IP 1980 tersebut. Setelah bersusah-payah ketemu juga penyebab printer tidak bisa narik kertas ini, yaitu patahnya As pada roda karet penarik kertas (bener ga ya namanya?) Penampakan Karet Penarik Kertas dengan bekas As yang patah ini terlihat pada gambar di bawah ini:

karet penarik kertas

Selengkapnya cara memperbaiki printer tidak bisa narik kertas pada Printer Canon IP1980 yang patah bagian As pada karet penarik kertas tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Bongkar casing printer Canon IP1980, dengan melepas baud dan mencongkel kait-kait pengunci dengan hati-hati. Posisi Karet Penarik Kertas pada printer Canon IP1980 kurang lebih tampak seperti gambar dibawah:

    mekanik printer canon ip 1980


  2. Ambil Karet Penarik Kertas tersebut dengan terlebih dahulu melepas Rangkaian Sensor Kertas yang ada diatasnya dan melepas Per Penjepit Kertas yang ada disebelah kiri (mohon maaf screenshoot-nya kurang detail  )
  3. Langkah selanjutnya adalah mengganti bekas As yang patah pada Karet Penarik Kertas tersebut dengan skrup atau baud yang seukuran, Caranya buat lubang terlebih dahulu pada bekas As yang patah tersebut dengan lurus (bisa menggunakan bor kecil untuk ngasih tanda aja) kemudian masukkan skrup sampai pas, seperti terlihat pada gambar dibawah:

  4. Setelah selesai, cobalah terlebih dahulu dengan memasangnya pada dudukannya. Setelah yakin posisi dan ukuran baud tersebut bisa menggantikan As yang patah, maka pasang kembali Karet Penarik Kertas tersebut ke posisinya, pasang Per Penjepit Kertas dan Rangkaian Sensor Kertas seperti semula.
  5. Setelah terpasang semua (kondisi seperti gambar pada langkah no 1), cobalah terlebih dahulu printer tersebut untuk ngeprint dokumen. Kalo printer sudah bisa narik kertas secara normal (tidak miring) dan bisa ngeprint dengan baik, barulah plastik cover dipasang kembali.
Demikianlah cara saya memperbaiki Printer Canon IP1980 yang tidak bisa narik kertas yang disebabkan karena As pada Karet Penarik Kertas yang patah. Trik ini juga bisa dicoba pada Printer Canon yang sejenis seperti misalnya Canon IP 1800 series. Selamat mencoba..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

12 Responses to "Tips Memperbaiki Printer Tidak Bisa Narik Kertas"

  1. Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)
    busana muslim

    BalasHapus
  2. terima kasih mas...bisa tukeran link
    http://media-dagang.blogspot.com/2012/03/di-kesempatan-kali-ini-saya-ingin.html

    BalasHapus
  3. Terima kasih tips nya mas... kebetulan ane pake canon ip1700, kok dalemannya hampir sama ya... jadi proses perbaikannya sesuai dengan tipsnya hanya saya gak pake bor2an, langsung diserut aja pake baut yang tajem. walapun hasilnya gak perfect, tapi udah normal lagi.
    sekali lagi terima kasih.

    BalasHapus
  4. saya punya canon ip1980 ga bisa narik kertas. setelah saya bongkar as-nya itu ga patah mas alias baik-baik saja. saya coba print dan saya perhatikan penarik karetnya ga berputar kira-kira apanya yang rusak mas mohon bantuannya. apakah ada hubungan roda-roda (gir)di situ yang rusak atau bagamiana mas mohon bantuannya. saya sudah pusing ga baik-baik...maksih tas bantuannya
    dairyplasma@gmail.com

    BalasHapus
  5. error yang tampil di monitor apa ya?
    klo penarik karetnya belum / tidak berputar bisa jadi karena ada sistem mekanik yang patah, tidak mendeteksi adanya kertas atau bisa juga karena hal lainnya

    BalasHapus
  6. error yang tampil dimonitor cm pesan bahwa kertas belum ketarik "suruh tekan tombol resum ato cancle. pada saat mulai ngprint roda karetnya ga berputar bang...sepertinya mekniknya yang bermasalah tapi dimana saya sudah bongkar tetap ga bisa makasih bang

    BalasHapus
  7. Mas Duri, Sama saya juga punya problem yang sama di Ip1880. saya udah kanibal sensor kertas dan mekaniknya tapi tetep blum bisa juga. Ada yang udah punya solusikah... ?

    BalasHapus
  8. kalau printer EPSON L200 yg tdak bisa menarik kertas dn keluar tinta'y itu bagaimana yah memperbaikinya ??
    mohon dibantu yahh..

    BalasHapus
  9. mas saya mau tanya, kalau printer Epson L200 yang tidak bisa menarik kertas dan mengeprint itu bagaimana ya memperbaikinya ??
    tolong di bntu yahh agan" semua'y...
    thanks :)

    BalasHapus
  10. terima kasih artikelnya menarik dan sangat berguna...

    BalasHapus
  11. kalau printer canon ip1800 di perintah ngeprint tapi printer ga ada reaksi tetep diam saja kira-kira masalahnya dimana ya bos...

    BalasHapus
  12. sip saya juga pernah mengalaminya. ulasan ringan printer canon ada di canon experiment jobs at canonprinter99x.blogspot.com

    BalasHapus