buku tutorial teknisi komputer

9 Cara Mudah Merawat Laptop

Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan sobat Aponk yang menanyakan tentang bagaimana cara  merawat laptop agar tidak mudah rusak. Baiklah berikut ini adalah tips tentang bagaimana cara merawat laptop dengan benar.

cara merawat laptop

  1. Jangan samakan Laptop dengan komputer biasa (desktop).
    Inilah mungkin prinsip pertama yang harus kita perhatikan, laptop didesain untuk dipake secara portable, bisa dibawa kemana-mana, sehingga logikanya laptop didesain untuk tidak dipake secara terus-menerus. Seiring dengan menipisnya persediaan baterai, laptop sebaiknya kita istirahatkan. Untuk keperluan sehari-hari mending pake komputer biasa dan gunakan laptop saat hendak travel aja. Sebaiknya gunakan cooling pad untuk pemakain laptop yang cukup lama.

  2. Pakailah LCD dan Keyboard Protector
    Cara merawat laptop berikutnya adalah dengan menggunakan LCD dan Keyboard Protector. Untuk keyboard protector, selain menjaga keyboard tetap bersih dari debu dan kotoran lainnya, juga sebagai “jaga-jaga” kalau tanpa sengaja kita “menyiram” laptop dengan air dari gelas atau tempat minuman yang diletakkan didekat lapop.

  3. Bersihkan Laptop secara teratur.
    Gunakan cairan pembersih LCD untuk membersihkan LCD Monitor, dilap secara searah dan tidak menekannya terlalu keras. Bersihkan juga keyboard dan saluran ventilasi dengan kuas dan vacuum cleaner kecil.

  4. Tempatkan laptop di tempat yang memiliki permukaan yang rata, misalnya meja.
    Jangan menggunakan laptop ditempat tidur,sofa, karpet atau tempat lainnya yang dapat menghambat sirkulasi udara dari laptop, karena hal ini bisa mengakibatkan laptop cepat panas.

  5. Hindarkan laptop dari getaran, benturan, suhu yang panas, medan magnet seperti televisi, speaker active dan panas sinar matahari baik ketika sedang membawa atau menyimpannya.

  6. Instal program standar yang diperlukan saja dan jangan memaksakan laptop dengan menginstal berbagai program yang pada akhirnya dapat memberatkan kenerja laptop. Install antivirus dan aktifkan firewall terutama saat mengakses jaringan public seperti hotspot.

  7. Install tools untuk melakukan perawatan system komputer seperti misalnya tool favorit saya Advance System Care dan jalankan aplikasinya secara teratur.

  8. Matikan Laptop dengan benar.
    Salah satu kerusakan laptop yang sering terjadi adalah karena laptop yang tidak dimatikan dengan benar, misalnya mematikan laptop secara paksa atau karena listrik yang mati mendadak. Apabila laptop tidak menggunakan baterai sebaiknya sumber listrik dilengkapi dengan UPS (Uninteruptable Power Supply).

  9. Rawatlah baterai laptop.
    Apabila menggunakan sumber listrik
    dari PLN, sebaiknya lepaslah baterai laptop. Ketika laptop menggunakan baterai usahakan jangan sambil di-charge terus menerus, pakailah sumber listrik dari baterai, barulah baterai di-charge ketika baterai mau habis. Apabila baterai mau disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya diisi terlebih dahulu sampai setengahnya, jangan dibiarkan kosong.
Mungkin itulah beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara merawat laptop agar tetap awet dan dapat bekerja dengan optimal. Semoga ada manfaatnya dan CMIIW.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

5 Responses to "9 Cara Mudah Merawat Laptop"

  1. "Hindarkan laptop dari getaran, benturan, suhu yang panas, medan magnet"

    Bukankah laptop sendiri terkadang juga memiliki suhu yang panas???
    bagaimana solusinya(selain menggunakan fan tambahan)??

    BalasHapus
  2. Betul gan, karena laptop mengeluarkan suhu yang panas, maka kita harus buang suhu panas tersebut salah satu caranya dengan menggunakan cooling pad, atau disimpan ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau ruangan ber-AC

    BalasHapus
  3. artkel nya cukup ajip bozzz...mohon copas, karena saya juga mempunyai pertanyaan yang sama tuk ane posting di blog saya bozz. mohon mampir di blog saya, http://bismillah-go.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. thank's gan, lumayan ilmu tuh

    BalasHapus
  5. Mohon pencerahannya gan....Netbook sy Asus x201e windows 8....Semua normal tapi modem sy tiba2 tidak bisa connect(Remote computer blablabla)...Setelah membaca manual lalu sy mwnuju bios kemudian sy Restor Default bootnya terus sy save change & exit....Tapi kok malah gak bisa nyala kenapa ya?Kipas nyala normal,Indikator lampu normal semua ijo...Kemudian sy bongkar lalu lepas batre...HDD oke tidak masalah setelah dicekin....Setelah sy pasang lagi tetep cuma indikator yg nyala ama kipas....Lama gak nyala sy matikan tekan tombol power...Mohon pencerahannya gan Thengkiyu

    BalasHapus