buku tutorial teknisi komputer

Mengenal Apa Itu VPN

 A virtual private network (VPN) is a secure way of connecting to a private Local Area Network at a remote location, using the Internet or any unsecure public network to transport the network data packets privately, using encryption.


Apa itu VPN?

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi private melalui jaringan publik (dalam hal ini internet). Disini ada 2 kata yang dapat kita garis bawahi yaitu:
  • virtual network, yang berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara riil antara 2 titik yang akan berhubungan.
  • private, jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.
Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Dibawah ini adalah gambaran tentang koneksi VPN yang menggunakan protokol PPTP. PPTP (Pont to Point Tunneling Protocol) adalah sebuah protokol yang mengizinkan hubungan Point-to Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network (VPN).

virtual private network

To allow secure connection via the Internet, several companies (including Microsoft) agreed on a new protocol: Point-to-Point TunnelingProtocol (PPTP). PPTP allows to establish via an IP-network (which is usually the Internet, but can also be a company Intranet) a secure connection by encapsulating inside the IP-packet an encrypted private protocol, which can be NetBEUI, IPX or TCP/IP (with a private IP-address range).

Cara Kerja VPN

Dari gambar diatas secara sederhana cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut:
  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

Keuntungan atau Manfaat VPN

Beberapa keuntungan dari teknologi VPN diantaranya adalah:
  • Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
  • Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
  • dan lain2 yang saya belum mengerti

Kekurangan atau Kelemahan VPN

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, beberapa kekurangan dari VPN diantaranya adalah:
  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "nebeng" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.
  • dan lain2 yang saya belum mengerti

Demikianlah catatan sederhana tentang VPN, cara kerja VPN, keuntungan dan kelemahan VPN. Beberapa link dibawah ini mungkin bisa menambah pengetahuan kita tentang VPN.

id.wikipedia.org/wiki/VPN
windowsnetworking.com/articles_tutorials/vpn.html
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

12 Responses to "Mengenal Apa Itu VPN"

  1. aasyik neh pke vpn...banyak gratisannya ;)
    tulisan serupa http://besmartbepositif.blogspot.com/2012/02/virtual-private-networking-vpn-sesion-4.html

    nitip link sbo

    BalasHapus
  2. karena VPN "nebeng" jaringan publik jadi ada yg bilang lok VPN ilegal, pi dilasin pihak ada juga yg blang legal...ah yg petg bsa dpke deh

    BalasHapus
  3. klo internetan pake vpn gitu, kita masih harus tetep bayar langganan internet dari providerny juga ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu juga, ada beberapa layanan VPN gratis, coba cek daftar layanan vpn gratis

      Hapus
  4. admin mau tanya nich.
    apa software TeamViewer bisa dikatakan vpn jg?
    kan remote access antar jaringan tuch.
    masih agak bingung tentang penggunaan vpn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas, dalam Team Viewer sudah ada teknology untuk kepentingan VPN. Pada dasarnya koneksi VPN bertujuan untuk mengakses komputer milik kita (misalnya pc di rumah atau di kantor) dengan memanfaatkan jaringan publik atw internet (internet sendiri terdiri dari kumpulan jaringan yang saling terkoneksi.
      Jadi kita cuma numpang jalur yang ada agar bisa terhubung ke jaringan lokal atau langsung ke pc milik kita sendiri. CMIIW

      Hapus
  5. Tulisannya bagus sekali. Sekedar sharing, saya dulu hobi hunting proxy untuk menembus internet positif, tapi lama2 capek juga. Proxy itu kan gak awet, kalau mati mesti hunting lagi. Akhirnya pake VPN ajalah biar praktis, saya menulisnya di blog saya, http://internetfreedom.zone/pengalaman-pribadi-mengapa-saya-akhirnya-menggunakan-vpn/

    BalasHapus
  6. bang ane copy ya artikelnya , untuk tugas kampus ni . .

    BalasHapus
  7. saya sering beli akun vpn, suman baru 3 hari udah coid,, hheheh..

    http://dewamusic-indo.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Aku hanya beralih dari HMO ke ibVPN www.ibvpn.com dan kecepatan jauh lebih baik. Sudah 2 tahun sekarang, karena saya menggunakan layanan VPN dan aku tidak tahu apa yang akan kulakukan tanpa satu.

    BalasHapus