buku tutorial teknisi komputer

Rangkaian Sensor Kebocoran Air

Rangkaian Sensor Kebocoran Air ini saya buat sekitar bulan Agustus 2006. Rangkaian Sensor Kebocoran Air ini saya eksperimenkan untuk mendeteksi adanya kebocoran air pada campuran oli, dengan sarat air harus bersifat conductive.

Dibawah ini adalah rangkaian lengkap dari Sensor Kebocoran Air yang saya buat:

rangkaian sensor kebocoran air

Cara Kerja Rangkaian Sensor Kebocoran Air ini kurang lebih sebagai berikut:
  • Sebagai rangkaian pembangkit sinyal (multivibrator) saya gunakan IC 555. Pin 2 dan pin 6 terhubung ke Capasitor 270 nF (pada gambar tertera 100nF). Pin 3 (output) dihubungkan ke resistor 270 ohm.
  • Ketika sensor / probe mendeteksi adanya air (conductive) maka akan menghasilkan sinyal (tegangan) yang akan mengaktifkan optocoupler sehingga akan memberikan tegangan ke Rangkaian selanjutnya (R1)
  • Rangkaian selanjutnya adalah sebuah rangkaian penggerak relay. Dimana tegangan pada R1 (1k ohm) akan mentrigger Transisitor 9013 yang akan menghidupkan Relay. Contact dari relay ini yang nantinya bisa kita hubungkan ke Sirene Alarm atau alat lainnya).
  • Capasitor C1 (100uF) digunakan sebagai penampung tegangan. Besar kecilnya nilai Capasitor ini nantinya akan mempengaruhi lamanya Alarm berbunyi.
Demikianlah rangkaian untuk mendeteksi kebocoran air yang pernah saya buat tersebut. Mungkin bisa dikembangkan lagi sehingga bisa lebih bermanfaat.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

1 Response to "Rangkaian Sensor Kebocoran Air"

  1. ane sdot 1 kakak makasih yang shutdown otomatis hheheheh

    BalasHapus