Pengertian dan Cara Kerja Router

Untuk melengkapi postingan sebelumnya yaitu tentang Mengenal Perbedaan Hub, Switch, Bridge dan Router, kali ini saya akan mencoba untuk membahas lebih jauh tentang Pengertian Router dan Cara Kerja Router secara umum.

Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.  Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router.

mikrotik rb 750

Gambar diatas merupakan salah satu contoh router yaitu Mikrotik Rb 750 yang merupakan router dengan ukuran kecil dan harga yang terjangkau (sekitar 350 ribuan) yang dapat kita gunakan untuk keperluan koneksi jaringan internet dirumah, warnet atau di kantor. Salah satu kelebihan dari Mikrotik router ini terletak pada kemudahan konfigurasi dan kehandalan fitur dengan harga yang relatif murah. koq jadi promosi :-).

PENGERTIAN ROUTER

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN

Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP.

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

CARA KERJA ROUTER

Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.

Jika paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

Ilustrasi mengenai cara kerja router ini dapat dilihat pada gambar dibawah:

cara kerja router

Pada gambar diatas terdapat 2 buah network yang terhubung dengan sebuah router. Network sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat network 192.168.1.0 dan network sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router dengan network address 192.155.2.0
  • Komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke network lain.
  • Begitu pula ketika komputer F mengirim data ke E, router tidak akan meneruskan paket data ke network lain.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket data tersebut ke komputer B.
Demikianlah catatan tentang mengenal pengertian dan cara kerja router ini, semoga ada manfaatnya.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

23 Responses to "Pengertian dan Cara Kerja Router"

  1. wah,,,
    maskasih atas artikelnya,,
    mungkin kalau ada waktu mampir du,lu sini ya,,
    http://www.unsri.ac.id/
    selamat mencoba,,

    BalasHapus
  2. sob bisa pandu aku gk cara seting nya. saya punya TP LINK TL WA5110G, saya ingin seting dari modem speedy ke laptop tidak lagi menggunakan lan tapi make mode wireless aja. saya masih belum pahan cara seting nya sob. mohon pencerahan sob.

    BalasHapus
  3. masuk ke menu wireless, set nama SSID dan passwordnya, setingan lain biarkan default aja..

    BalasHapus
  4. Min..supaya router bs bkerja..apakah btuh komputer untuk koneksi terus mnerus.. Atau komputerx cuma buat setting doang..!

    BalasHapus
  5. komputer cuma buat seting doank..

    BalasHapus
  6. mas/mba.. pin di mobo untuk duduk prosesor saya peyot sekitar 5bj kira" bisa kan di perbaiki..mas/mba..??!' klo' ada solusinya saya minta tolong kirim ke email saya ya, mas/mba'
    > abuli354@gmail.com <

    BalasHapus
  7. mas/mba.., saya ada jobs ini, sekedar berbagi.., seru!!
    buktikan sendiri di sini:
    >>http://www.excenza.com/?id=AnasAbuli

    BalasHapus
  8. berarti biar komputernya mati tpi wifinya bisa jln trus ya bang???

    BalasHapus
  9. @nasruloh kalau masih peyot tp gag patah, bisa gunakan pensil isi ulang yang sudah di ambil isinya, masukin ujung pensil tadi ke pin prosesor dan luruskan dengan hati2 biar gag patah. Semoga membantu.
    @marimoi iya bener....... Skrg uda ada 3G router wifi, buat yang punya modem usb, 1 modem usb bisa buat internetan orang serumah.
    Visit our blog www.iwanwaee.blogspot.com

    BalasHapus
  10. terimakasih banyak nii
    visit http://novanpeace.blogspot.com

    BalasHapus
  11. jempol gan,sangat membantu terima kasih banyak

    BalasHapus
  12. Klo pake modem wifi speedy di lt atas, tp sinyal wifi yg diterima di kmr lt bwh cuma 1 bar bahkan hilang. Bgmn cara mengatasinya? Apakah butuh router? Mohon pencerahannya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba pake Access point tambahan atau bisa juga dgn menggunakan router yg di konfigur sebagai repeater (bridge atau wds)

      Hapus
  13. Terima kasih... info-info yang sangat bermanfaat bg saya...

    BalasHapus
  14. terima kasih informasinya mampir juga di blog saya

    BalasHapus
  15. mantap gan, mudah dipahami, ane juga ngulas router tapi masih singkat, silakan di abdu-rofie.blogspot.com

    BalasHapus
  16. gan .. bisa gk 2 modem speedy di gabung di 1 router ??
    (modem 1 = 4 Mb/s dan modem 2 = 4Mb/s ) apa bisa di gabung jadi 8 Mb/S

    BalasHapus
  17. gan,... sy berlangganan speedy paket familia,... pengin jadi wifi provider apa aja yg di butuhkan ,... ?? mohon saran ecko_setiyo@yahoo.co.id

    BalasHapus
  18. numpang promosi :D
    kami www.pasarjaringan.com menjual berbagai alat" networking seperti CCTV/IP Camera, DVR,NVR,Spy Camera, Laptop, Printer, Scanner, Projector, PCI Card, USB Wireless Adapter, Switch, HUB, Kabel UTP/STP/FTP, Kabel Coaxcial, PC Rakitan (Menyesuaikan Budget), Flash disk, Hardisk internal/ External, keyboard, Mouse, speaker dll.
    segera hubungi kami di:
    08999721253
    7a7b645c
    sandysinz94@gmail.com
    kami yang termurah, terlengkap, terpercaya, ayo buktikan segera :)

    BalasHapus