Microsoft Office has encountered a problem and needs to close

Sebenarnya saya ingin melanjutkan postingan kemaren mengenai domain, tetapi saya pending dulu dan saya ganti dengan sharing pengalaman kemaren yaitu sewaktu menjalankan microsoft outlook pada laptop seorang teman muncul pesan "Microsoft Office Outlook has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience.".
Microsoft Office has encountered a problem and needs to close

Pesan "Microsoft Office xxx has encountered a problem and needs to close" tersebut pernah saya temui yaitu ketika menjalankan microsoft word, excel, power point dan terakhir kemaren sewaktu menjalankan microsoft outlook. Saya tidak tau persis kenapa error pada microsoft office tersebut bisa terjadi, postingan kali ini hanya akan membahas cara saya mengatasi pesan "Microsoft Office has encountered a problem and needs to close" berdasarkan pengalaman yang pernah saya temui.


1. Microsoft Office Powerpoint has encountered a problem and needs to close
Kasus pertama yang saya temui adalah error pada Microsoft Powerpoint. Cara untuk mengatasinya pada waktu itu cukup dengan me-repair paket microsoft office application, dan Microsoft Powerpoint bisa kembali berjalan normal.

2. Microsoft Office Word has encountered a problem and needs to close

Kasus Microsoft Word error juga pernah saya temui, sesaat setelah micosoft word menampilkan pesan "Microsoft Office Word has encountered a problem and needs to close" komputer kemudian merestart sendiri. Karena disertai dengan kasus komputer restart sendiri, maka saya kemudian membuka casing komputer dan mengecek pengkabelan pada tiap komponen pada CPU, dan ternyata benar ada kabel power untuk hardisk yang kendor. Setelah kabel saya pasang kembali dengan benar, saya nyalakan lagi komputer dan pesan eror tersebut tidak pernah keluar lagi.

3. Microsoft Office Excel has encountered a problem and needs to close
Error juga terjadi pada microsoft excel. Setelah excel dibuka beberapa saat kemudian muncul jendela "Microsoft Office Excel has encountered a problem and needs to close". Saya kemudian mencoba merepairnya, tetapi hasilnya tetap sama. Akhirnya saya mencoba login dengan user account yang lain. dan ternyata microsoft excel dapat berjalan normal. Akhirnya saya memutuskan untuk merename user account yang lama (kalau datanya sudah dipindah, usernya didelete juga ga apa-apa). Kemudian saya login lagi dengan user Account tersebut, Windows XP kemudian akan membuat setingan profile baru dari awal kembali. Hasilnya Microsoft Excel tidak lagi menampilkan pesan error.

NB:
Folder user accout pada Windows XP terdapat pada folder C:\Documents and Settings\nama_user. Data-data user biasanya terdapat pada folder C:\Documents and Settings\nama_user\desktop dan C:\Documents and Settings\nama_user\My Documents. Jadi kalau hendak mendelete folder user account, pastikan data-datanya sudah dibackup.

4. Microsoft Office Outlook has encountered a problem and needs to close

Kasus yang terakhir saya temui kemaren adalah pada Microsoft Outlook. Untuk kasus ini ternyata penyebabnya adalah file outlook.ost (offline file microsoft exchange) pada folder C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook. Solusinya, pindahkan email-email yang terdapat pada Mailbox Microsof Exchange (yang nantinya tersimpan pada file outlook.ost) ke dalam Personal Folder File (.pst).

NB:
Untuk kasus Microsoft Office Excel has encountered a problem and needs to close pernah juga pernah terjadi karena disk space pada drive C yang sudah hampir penuh. Solusinya hardisk (drive C tersebut) harus di clean-up, dan sebagian data-datanya dipindahkan ke drive lain.

Demikianlah cara saya mengatasi error microsoft office yang menampilkan pesan "Microsoft Office has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience." Semoga bisa membantu.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

10 Responses to "Microsoft Office has encountered a problem and needs to close"

  1. malem gan
    saya ngalamin kasus yg sama, kejadiannya cuma nimpa word (2007). yg laen aman2 aja. justru ribetnya dsitu, udah install ulang officenya masih tetep muncul tuh pesan error. diinstal 2003, masih tetep juga. kira2 ada pencerahan gan?

    papa.algi@facebook.com

    BalasHapus
  2. mungkin kena virus gan, coba di scan ama norman malware cleaner (safe mode), trus officenya di uninstall, reboot-install lagi, atau jangan2 OS'nya juga mesti di repair

    BalasHapus
  3. Mas, saya memakai ms office 2007 versi portable, karena selalu bermasalah ketika menginstall versi 2007, diinstall versi 2003, jadi ada 2 versi di komputer saya, apa tidak apa2?
    Dan ms word 2007 saya mempunyai masalah yang sama, bagaimana cara mengatasinya? Karena ini portable?

    BalasHapus
  4. Ga masalah koq ada 2 versi Office dlm 1 PC, klo ga bisa install Office 2007 coba dicek aja RAM'nya kali aja kurang atau klo pake Windows XP minimal yang SP2.

    BalasHapus
  5. Sering banget nemuin masalah kek gini,,,,,,bukan hanya sopware microsoft aja,,tapi software lainnya pun sering nemuin kek gt.Kenapa ya?.......ternyata kalau instal ulang bisa sembuh kok,,,,

    BalasHapus
  6. mas kok gak ada solusinya dari share nya....harusnya buat solusinya dong..masak cuma curhat aaja.. huhhhh...

    BalasHapus
  7. saya ada problem sama excel, setiap kali buka excel atau file excel selalu dialihkan ke open with, setelah memilih program ms excel, langsung cetak sendiri tanpa diminta...kenapa ya

    BalasHapus
  8. siang mas, aku ada pertanyaan nih kenapa data di ms project tiba2 tidak bisa dibuka, aplikasinya bisa dibuka tapi kalau sudah disave and close tidak bisa dibuka kembali untuk diedit. gimana ya...oya ms projectnya 2003 .. sudah aku install ulang dan repair program tapi tetap saja file yang sudah dibuat tidak bisa dibuka .. tolong mas solusinya..

    BalasHapus
  9. siang mas, tanya nih kenapa data yg pernah dibuat di ms project tidak bisa dibuka.. sudah aku install ulang dan repair program tapi tetap saja data yang sudah dibuat kalau sudah disave and close ga bisa dibuka lagi (program langsung close mas, padahal aplikasinya bisa dibuka tapi kalau buka file langsung exit keluar program).. tolong solusinya mas..thanks ya before..

    BalasHapus
  10. Gan baru-baru ini office saya bermasalah tiap kali awal ngebuka office 2010 selalu muncul tulisan not activation error code 0x8007273B.
    gimana cara ngatasinnya gan..???
    thx

    BalasHapus