Mengembalikan setingan Default Windows Services

Menurut Wikipedia :
Windows service adalah sebuah aplikasi yang berjalan dari proses booting pada sistem operasi Microsoft Windows. Windows service berjalan di latar belakang (baskground process) dan menyediakan beberapa fungsi tertentu secara spesifik. Dalam Unix, konsep Windows service identik dengan daemon.

Windows service yang terdapat di dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003 (beserta penerusnya) telah mendukung protokol Remote Procedure Call (RPC) dan dapat dipanggil dari komputer jarak jauh melalui jaringan dengan menggunakan Microsoft Management Console (MMC).


Dalam artikel ini saya akan berbagi info (bagi yang mau aja..) tentang bagaimana cara mengembalikan Windows Service ke setingan awal (default). Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman minggu kemaren yaitu ketika ada seorang teman saya yang berniat meningkatkan kinerja komputer dengan mengutak-atik beberapa setingan Windows Service menjadi disable tetapi setelah komputer direstart ada beberapa service penting yang tidak berjalan diantaranya yaitu service untuk menjalankan Printer yaitu Print Spooler menjadi tidak aktif sehiggga icon2 printer tidak muncul di halaman Printer and Faxes yang ujung2nya komputer tidak bisa ngeprint. Berikut adalah screenshootnya:


Sebelum mengembalikan semua Service Windows ke setingan default, saya terlebih dahulu mencoba mengembalikan setingan service Print spooler dengan cara manual yaitu dengan cara klik kanan seervice Print Spooler lalu klik Start, tetapi service Print Spooler tidak bisa aktif, muncul pesan error seperti dibawah:


Saya kemudian coba mengimport key registry untuk Print Spooler ini seperti pada artikel tentang cara memperbaiki print spooler yang hilang, tetapi tetep aja ga bisa. Daripada lama mending tanya mbah google aja dan akhirnya nemu tools yang bisa mengembalikan service Windows ke setingan default, nama toolnya adalah Service Tuner, klo yang mau download aja disini gratis koq..

Untuk mengembalikan setingan windows service ke kondisi awal, kita cukup menjalankan menjalankan aplikasi ini pada menu Servive Startup Preset pilih default kemudaian klik Load a preset.

Setelah menggunakan tools service tuner ini akhirnya saya bisa mengembalikan setingan Windows Service ke kondisi default termasuk dengan beberapa service yang dibutuhkan untuk menjalankan service Print Spooler. Memang manjur tools ini mangga gan download aja disini.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

4 Responses to "Mengembalikan setingan Default Windows Services"

  1. mantapgan ,,, thanksssss ,,???
    klaw tampilan windows kita hitam gax bisa di ganti walpaper ,,, knapa ya,,,
    mhon bantuan nya,,,,, tolong ya kirim email ke irwanssmk@rocketmail.com,,,,

    BalasHapus
  2. kwkkwkwkw
    jangan jangan di blacklist

    os nte ketahuan palsu kali

    BalasHapus
  3. Gan saya punya problem ni! windows 7 ultimate 64 bit saya ga bisa buka personalize. trus keluar explorer.exe
    server execution failed

    tolong dibantu ya gan!!

    BalasHapus