buku tutorial teknisi komputer

Mengenal Pengertian Internet

Dunia tidak selebar daun kelor. Begitu ungkapan yang sering kita dengar untuk menjelaskan bahwa dunia ini luas dan penuh harapan. Dan sejak ditemukannya Internet meskipun dunia ini luas, tetapi kita bisa menggenggam dunia.

Ya.. dengan internet kita bisa menjelajah kemana saja, mengetahui hal-hal baru, berbicara dan bertatap muka dengan teman dibelahan dunia lain secara langsung secara cepat mudah dan murah tanpa terhalang jarak dan waktu. Aplikasi Internet yang sedang booming di Indonesia saat ini seperti misalnya situs jejaring social  facebook.com

Lalu apa sebenarnya internet itu?

diagram internet
Banyak orang mendefinisikan tentang internet, dan menurut saya pengertian internet adalah teknologi yang memungkinkan semua orang untuk saling berhubungan, saling berkomunikasi dan berbagi informasi tanpa terhalang jarak, waktu dan letak geografis [sepanjang terdapat akses internet].

Sedangkan pengertian internet menurut wikipedia adalah sbb:
"The Internet is a worldwide publicly accessible system of interconnected computer networks."
"The Internet is a global system of interconnected computer networks that use the standard Internet Protocol Suite (TCP/IP) to serve billions of users worldwide. It is a network of networks  that consists of millions of private, public, academic, business, and government networks, of local to global scope, that are linked by a broad array of electronic and optical networking technologies. The Internet carries a vast range of information resources and services, such as the inter-linked hypertext  documents of the World Wide Web (WWW) and the infrastructure to support electronic mail."
Berhubung saya ga bisa bahasa inggris, saya ga bisa nulis terjemahannya disisni, silahkan klo ada yang mau nambahin share aja lewat komen. Tetapi dari pengertian diatas kira-kira ada 3 poin pokok dari internet yang  dapat kita ketahui yaitu:
  1. Internet merupakan rangkaian jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia (Interconnected Nettwork) yang dapat diakses secara umum.
  2. Secara teknis, mengirimkan paket data berdasarkan standar Protokol TCP/IP .
  3. Internet menyediakan layanan (seperti email, chating dan transfer file ) dan informasi yang disajikan dalam bentuk halaman-halaman web (website) yang kemudian berkembang sehingga bisa menjadi seperti e-commerce, e-learning, e-government, e-banking dll.
Untuk memahami Internet lebih lanjut dibawah ini adalah beberapa istilah yang sering digunakan di dunia internet.
  • World Wide Web (www) merupakan fasilitas Internet untuk layanan website.
  • Website adalah kumpulan dari satu atau lebih halaman web (web page) yang berisi informasi berupa teks, gambar, suara, video bahkan dari sebuah website kita bisa menonton televisi.
  • Web Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses halaman-halaman Web pada sebuah website. Adapun browser yang sering dipake saat ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome.
  • HTTP- merupakan singkatan dari Hypert Text Transfer Protokol merupakan Protokol yang digunakan oleh World wide web, berfungsi untuk mendefinisikan dan menjelaskan bagaimana server dan client berinteraksi dalam mengirim (response) dan menerima (request) dokumen web.
  • HTTPS
    Secure HTTP. Yaitu protokol transmisi data secara aman. Data yang ditransfer melalui protokol ini akan diacak sehingga sulit bagi pembajak untuk melihat isi data tersebut. 
  • Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, seperti misalnya yahoo.com, google.com dan blog gaptek ini catatanteknisi.blogspot.com
  • URL singakatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan alamat lengkap sebuah website atau halaman web yang diakses melalui sebuah browser. URL blog ini adalah http://www.catatanteknsii.blogspot.com atau http://catatanteknsi.blogspot.com
  • Hosting adalah jasa yang diberikan oleh perusahaan yang menyediakan ruang ( disk space) untuk tempat penyimpanan document website atau blog agar dapar diakses melalui internet.
  •  ISP kependekan dari Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet. Misalnya XL, Telkom, KabelVision, IM2, CBN, Biznet dll
  • ISDN kependekan dari Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN. 
  • DSL kependekan dari  Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon regular. DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.
  • Leased Line adalah Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini. 
  • Backbone merupakan jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.
  • Broadband merupakan saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.
  • Dial Up adalah cara mengakses internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke ISP (Internet Service Provider). Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
  • Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan banyaknya data yang dapat dilewatkan di suatu saluran komunikasi pada network dalam satuan waktu tertentu.
  • bps singkatan dari Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.
  • Download adalah istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload. 
  • Downstream adalah istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream. 
Mungkin itulah sedikit penjelasan tentang pengertian internet dan istilah-istilah yang berhubungan dengan internet. Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah lainnya silahkan bagi yang mau nambahin....
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

2 Responses to "Mengenal Pengertian Internet"