Training Bisnis Online

Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank atau Mati Total

Suatu saat Anda mendapati komputer yang biasa Anda pakai tiba-tiba mati-total, komputer tidak bisa booting dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank. Lantas apa yang harus kita lakukan..?

Untuk mendiagnosa penyebab kerusakan komputer blank atau mati total ini, kita bisa melakukan beberapa pengecekan seperti dibawah ini:

1. Periksa Monitor

Langkah pertama untuk memeriksa peyebab komputer blank adalah dengan memeriksa terlebih dahulu monitor komputer. Siapa tau komputer menjadi blank karena memang monitornya yang mati bukan karena komputer yang mati total.

komputer blank atau mati totalUntuk itu coba lihat lampu indikator monitor apakah menyala, dan coba cabut kabel VGA Monitor, apabila tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar atau pesan seperti misalnya "No Signal Detected" maka kerusakan memang terdapat pada komputer.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik.

Buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar? Kalau masih menyala kemungkinan besar Power Supply masih berfungsi dengan baik. Sedangkan apabila CPU tidak menampilkan tanda-tanda kehidupan, lakukan pengecekan terhadap Power Supply.

3. Reset BIOS Komputer

Berdasarkan dari beberapa pengalaman yang pernah saya alami, ternyata kerusakan komputer blank atau mati total ini dapat disembuhkan dengan cara mereset BIOS komputer.

4. Bersihkan Semua Komponen pada Motherboard

Apabila diperlukan, cabut terlebih dahulu semua komponen seperti Processor, Memory dan Card-card tambahan lainnya. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Kalo ada gunakan juga cairan pembersih "electrical contact cleaner" untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.

5. Rakit kembali CPU tanpa Hardisk

Setelah semua komponen dibersihkan seperti pada langkah 4, rakit kembali semuanya tetapi untuk hardisk jangan dulu dipasang. Selanjutnya nyalakan komputer, disini biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi seperti:
  • Komputer menyala normal (bisa masuk BIOS) tetapi tidak bisa booting.
    Hal ini ga masalah karena hardisk memang ga dipasang. Matikan dan pasang hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.
  • komputer mengeluarkan bunyi beep berkali-kali.
    Biasanya ada komponen seperti RAM dan VGA Card yang bermasalah, untuk memastikan coba diganti aja dulu dengan komponen yang sudah ketauan masih berfungsi dengan baik.
  • RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank.
    Wah ini gawat biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya. Menurut pengalaman saya kebanyakan bagian Motherboard yang rusak (kata temen saya kebanyakan pada transistor power) hal ini terjadi misalnya karena power listrik PLN yang tidak stabil. Kalo ada Processor yang nganggur pinjem aja dulu untuk memastikan kerusakan.
Demikianlah diagnosa kerusakan komputer blank atau mati total, mohon maaf apabila penjelasannya kurang memuaskan, saya tunggu sharing tentang cara memperbaiki komputer blank atau mati total dari temen-temen sekalian, thanks...
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

35 Responses to "Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank atau Mati Total"

  1. mohon bantuannya_mengapa komputer ku ga bisa masuk bios, pdahal smua kipas di dlm cpu nyala dan lmpu indikator monitor nyala? aku dah coba cabut, bershkan dan psang smua card2 yg nempel di mobo, udah coba clear cmos tp te2p ga bisa...ga da bunyi beep..

    BalasHapus
  2. to latihan soal'''

    jika semua nyala tidak ada bunyi bip, tetep pada memory ram atau slot memory sudah trouble,..

    coba bersikan lagi pake alkohol/ air sabun tapi ingat "tunggu sampai kering baru di nyalakan" atau lebih cepet di "hedrayer rambut",. coba lagi, yang vga dan harddisk jangan di pasang dulu, sampai normal bisa masuk bios / nyala.

    kalau tetep ya mobo anda sudah saatnya ganti, mau di upgrade bios harus normal dulu biosnyaa,. kalau punya alat inject bios bisa di perbaiki, tpi alat itu mungkin gak dijual bebas...
    sekian...

    BalasHapus
  3. komputer ku tadinya baik2 saja saya, saya melakukan safe mode w xp . saya klik start-run,lalu ketik msconfig &klik ok di systm configuration utility, pilih tab BOOT.INI lalu saya centang. lalu restart dan komputer saya msk ke safe mode dan tidak bisa booting . pertanyaaan saya bagaimana mengembalikan komptr saya ke kondisi awal. komputer saya restart terus tidak bisa booting

    BalasHapus
  4. Wh bermanfaat sekali infonya..
    loading blog ini cepat sekali mas..

    BalasHapus
  5. saya dah coba eksperimen spt diatas tp kompiku baik2 aja, mungkin cara cepatnya dengan cara repair windowsnya aja gan..

    BalasHapus
  6. mas maapsaya mhon bantuannya.
    laptop acer 4740G saya setelah instal ulang windows7 kok sering mati tiba2 ya??
    ketika selesai instal, ada peringatan data corrupt, kemudian saya matikan lalu saya nyalakan kembali malah ketika booting mati tiba2.
    mohon penjelasan, solusi dan bantuannya.
    trims.

    BalasHapus
  7. Kalo mau bersihin perangkat elektronik, terlebih pada rangkaian yang rumit sebaiknya jangan gunakan alkohol. Karena alkohol memiliki residu yang justru akan meninggalkan endapan yang nantinya semakin menebal. Kenapa? Karena alkohol diproses dari fermentasi karbohidrat oleh organisme jamur. Kalo perangkat elekronik kita bersihin pake alkohol, dijamin deh nggak seberapa lama tuh barang bakalan jamuran. Apalagi kalo yang dibersihin berupa tembaga.

    BalasHapus
  8. mohon bantuan, komputer saya tadinya baik2 saja, tapi saat saya unintal games di kontrol panel teman bilang remove sekalian internet explorer karena gak kepake... setelah saya uninstal internet eplorer komputer restart otomatis,.. terus gitu layar kosong,.. hanya ada background dan kursor..semua ikon dan tombol start juga ga ada... tolong bagaimana agar saya bisa aktifkan lagi, terimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita sama masalanya, jadi kemana ya ....kalo saran aku mending kita buang aja komputer nya,,,benar gax

      Hapus
  9. Mungkin bisa dicoba dengan mengembalikan setingan dengan menggunakan "System Restore" atau kemungkinan windows-nya hrs di repair.

    BalasHapus
  10. Untuk membersihkan RAM jangan pake alkohol, tapi pake penghapus pensil, untuk slotnya pake blower atau ditiup sampe bersih

    BalasHapus
  11. bos mo tny layar laptop gelap tapi klo dri smping keliatan tulisan check cable n insert drive memory. kondisi hdd gk ad, thanks for time

    BalasHapus
  12. mau tanya nih kan komputer saya dalam keadaan hidup tuh kemudian mati lampu trus ketika saya hidupin lagi gak hidup jadi nya mati total

    g mana ya ?????

    BalasHapus
  13. mf mau nanya , PC sya kmren kalo d nyalain udah proses booting tp mati lg nah pas td saya nyalain pc.a ga idup2 layar.a ga menampilkan apa2 ,itu kenapa ya ?

    Tolong d balas

    BalasHapus
  14. suwun ya infonya

    ijin copy...

    BalasHapus
  15. tanya dong gan.....
    jika komputer ga ada tampilan sama sekali,biasanya apanya ya?powersuplay,Ram ,monitor masih keadaan bagus gan,,,,apa mungkin VGA nya?tetapi VGA nya On board gan.....klo betul VGA nya berarti harus ganti Mainboard dong.
    minta pencerahannya gan...............

    BalasHapus
  16. Oi tolong saya dong, kok monitor acer 173w saya tiba2 saja gk ada gambarnya pada saat komputer di nyalakan, padahal nyala loh. Saya udah cek gk ada bunyi "beep" kok dri monitor saya . Saya sempat nyolokin kabel monitornya ke pc saya yang satu lg cuman sama aja blank hitam. Karena saya stress saya matiin aja pc saya, setalah ber jam jam saya cek lagi, eh ternyata balik normal lg monitor saya, ini kenapa ya? Mohon pencerahan nya. Saya sudah 3 kali mengalami kondisi ini

    BalasHapus
  17. Mohon bantuan.. Mengapa kalo saya main game atau buka aplikasi yg berat gitu bisa mati sendiri ya monitornya? tapi lampu tombol powernya msih menyala.. tolong dijelasin ya

    BalasHapus
  18. mas, pc saya led power hidup, semu fan hidup, led mouse hidup, tapi keyboard mati, led hdd mati, monitor seperti keadaan stanby. Gimana ngatasinya...?
    Mohon dibalas segera
    terima kasih

    BalasHapus
  19. gak masuk mobo - lampu indikator Hard Disk saya nyala tanpa berkedip (klo di pasang ATA) tapi klo dipasaang SATA, gak nyala sama sekali, ada pencerahan?

    BalasHapus
  20. sangat bermanfaat bagi pemula..gan

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat bagi pemula..gan

    BalasHapus
  22. sangat bermanfaat bagi pemula..gan

    BalasHapus
  23. tolong carikan saya cara mengistal soft ware printer

    BalasHapus
  24. mas saya mau nanya nih komputer saya hp kan saya nyalain cpu abis itu nyalain monitor warna di lampu cpunya warna merah langsung saya matiin saya copot kabelnya sayaaa nyalain lagi warna ijo lampunya biasanya emang waarna ijo saya nyalain monitornya malah keluar tulisan begini (CHECK VIDEO CABLE) langsung saya cabut 1per 1saya bersihin ternyata normal saya langsung main game eh tiba2 mati lagi saya pake cara yang tadi tapi ga bisa kali ini tolong pencerahanya dong gan

    BalasHapus
  25. mas komputer saya hp kan sayanyalain cpu lampu di cpu warna merah langsung saya matiin langsung saya kencangkan kabel utama cpu warna hijau akhirnya lampu di cpu saya nyalain monitor malah ada tulisan begini (CHECK VIDEO CABLE) saya cabut semua cable saya bersihin saya pasang lagi eh masih sama keluar tulisan kayak yg diatas juga tolong mas penceramahannya

    BalasHapus
  26. Komputer saya pas mau hidupin komputer Tiba2 blank, trus ngeluarin bunyi beep dan kipasnya berputar kenceng,
    Gmn cara benerinnya ya ?

    BalasHapus
  27. Komputer saya pas mau hidupin komputer Tiba2 blank, trus ngeluarin bunyi beep dan kipasnya berputar kenceng,
    Gmn cara benerinnya ya ?

    BalasHapus
  28. mt sisng gan,makasih yua atas infonya,sangat bermanfaat
    rajalistrik.com

    BalasHapus
  29. Gan pe tunjuk udah saya lakukan
    Tapi pc tanpa Hardisk juga masih belum hidup
    Yg dulu kotor udah saya bersih kan
    Simpel pake kuas tapi masih belum hidup mohon..solusinya gan

    BalasHapus
  30. Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    http://www.ertechcomputer.blogspot.com
    Disini memang spesialisnya HARDDISK. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom
    Semoga sukses.....teman2…!!

    BalasHapus
  31. semoga bisa menyelesaikan masalah komputer ane:

    kunjungan perdana akhirmali.com :)

    BalasHapus