10 Cara Mengatasi Komputer Lambat

Setelah dalam postingan sebelumnya blog gaptek ini membahas tentang beberapa kerusakan pada komputer seperti misalnya komputer hang, komputer bluescreen, komputer tidak bisa booting dan komputer restart sendiri, maka dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang 10 hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat beserta cara untuk mengatasi komputer lambat tersebut.

Pada dasarnya untuk mengatasi komputer yang terasa terus melambat tersebut adalah dengan melakukan perawatan secara berkala dan melakukan beberapa langkah tune-up sederhana. Bila memang diperlukan langkah install ulang windows atau upgrade komponen hardware bisa jadi solusi tepat agar kinerja komputer tetap optimal.
komputer lambat

Berikut 10 Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya.

1. Komputer lambat karena kekurangan Memory
Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang terinstall.
Secara pribadi saya sering menemukan komputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

3. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

process explorer

Download Process Explorer disini

4. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp". 

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Komputer lambat karena masalah pada hardisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

7. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Komputer lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Mungkin itulah beberapa hal penyebab dan cara mengatasi komputer lambat yang bisa saya simpulkan berdasarkan pengalaman yang sering saya temui, tambahan dan koreksi lainnya saya tunggu...thanks.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

88 Responses to "10 Cara Mengatasi Komputer Lambat"

  1. bos.. template ny gak asyik susah cari tips2.. mase enk yang kayak mare.. thanks...
    sluruh post nya bermanfaat bagi kami semua...

    BalasHapus
  2. iya nich lagi bongkar pasang template, pengennya sich yang simple dan ringan maklum koneksi internetnya super lemot, sebaiknya pake template apa ya yang cocok ma blog gaptek ini...???

    BalasHapus
  3. bos boleh pake software biar pc tdk lambat

    BalasHapus
  4. Bisa koq mas, saya dah posting di http://catatanteknisi.blogspot.com/2010/03/free-software-untuk-meningkatkan.html ,thanks

    BalasHapus
  5. GAN.... posting TUTORIAL Hiren's nya donk.... please ya...

    BalasHapus
  6. gan...thanx infonya,posting untuk error windows vista ada ga?

    BalasHapus
  7. to gross_001:
    ditunggu aja gan, sering2 aja mampir

    to rulidistro:
    saya ga pernah pake vista gan mungkin ntar langsung Win7 ya he..he..

    BalasHapus
  8. mnta izin copy ya...

    mampir ke blog ane
    http://ngoprekit.blogspot.com

    BalasHapus
  9. KOmputer saya kalo lagi browsing Internet kok sering restar sediri yach Gan..??

    BalasHapus
  10. saya punya pc p4, ram 3 ratusan, hd 40, proc 1.8
    masalah : Tidak bisa menampilkan gambar secara sempurna, seperti gambar google, facebook namun sebagian bisa tampil, misal bila kita di you tube.
    mohon penjelasannya dan saya ucapkan banyak terimaksih pak.

    BalasHapus
  11. mungkin virus gan, atau mungkin ada masalah di network card'nya soalnya dulu PC temen saya juga sering restart saat online, saya ganti network cardnya jadi normal lg

    BalasHapus
  12. Gimana klo internetnya jdi lambat... Ada ngak obatnya. Trima kasih.

    BalasHapus
  13. Klo internet lambat obatnya banyak macamnya bro, mulai dr tuning windows, ganti browser, pake bantuan software misalnya Onspeed, pake web proxy dll

    BalasHapus
  14. kalo hidupin komputer masuknya jadi lambat trus kalo dah hidup soundnya sering macet macet,,,,tu kenapa yah

    BalasHapus
  15. postingnya bagus.
    sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  16. Artikelnya bermanfaat, trims. Minta izin share ya, mas?
    O, ya, pernah nemuin masalah excel 2007 lambat ga? apa mungkin bisa diatasi dengan tips diatas ya?

    BalasHapus
  17. Makasih atas ilmunya,, ini sangat membantu sekali bagi sya

    BalasHapus
  18. makasih tipsnya mas, boleh pasang diblog saya gak mas?
    nanti saya kasih sumbernya

    BalasHapus
  19. mas saya dapat masalah dengan laptop saya, kalo booting atau buka apapun jadi super lelet, bahkan jadi males bukanya, padahal itu laptop baru di instal ulang, masalahnya apa ya mas.?
    apakah ada masalah dengan harddisk atau apa.?
    mohon penjelasannya....

    BalasHapus
  20. Artikelnya mantap mas, boleh di kopas? Sy newbi msh bljr kunjungi kita ya http//rioreyhans.blogspot.com

    BalasHapus
  21. wah sanagt membantu nih mas...

    BalasHapus
  22. wah file nya ga bisa d download tu gan....
    kasih link yang lain donx..
    thanks before
    by : www.wahanahitam.co.cc

    BalasHapus
  23. silahkan dicoba lagi, link downloadnya, thanks..

    BalasHapus
  24. permisi..sya ingin tanya.ada client sya yg punya pc P4 3.0Ghz ram 1,5 G n HD 80 G,free space msh 70%. dia bilang klo pc nya sekarang jd lambat sekali. bgaimana cara mengatasinya? nuwun

    BalasHapus
  25. Mas Kalo, Pengen Mindahin Data Dari Hardisk Ke Komputer Lain Gimana Caranya? Maaf Ya Masih Newbie

    BalasHapus
  26. Gan, sya pengunjung baru nich. saya mau konsultasi, begini ceritanya; Laptopku awalnya tidak bermasalah. aman-aman aja. nah, tiba-tiba, laptopku melambat dengan sendirinya (apa karna saya masukin hardisk external ya?), udah saya install sampai empat kali, masih tetap aja melambat, padahal RAM NYA udah 4 GB, Dan hardisk internalnya 500 GB. Setelah saya perhatikan, ternayata yang bikin lambat CPU USAGE nya mencapai 100 %. yang ingin saya tanyakan; pertama, Kenapa kok bisa mencapai 100% ya gan? apa karna RAM Nya udah rusak/ hardisknya? kedua, bagaimana cara mengatasinya? sekarang saya pakai Proccess Tamer, hasilnya lumayan. tapi, kadang juga tetap tidak mampu mengatasi 100 % cpu usage itu... mohon bantuannya gann.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan klo ms word hilang ditelan pc itu cara balikinnya gimana yah..
      saya sudah download ulang ttp aja Remote host nolak

      cara balikinnya gimana trus klo saya update windows dari service pack 2 ke 3 caranya gimana ? bisa apa ga ?

      Hapus
  27. @ Dialektika:coba setingan untuk visual effect di set ke adjust for best performance

    BalasHapus
  28. Pengen tambah memori saja, laptop ini lambat sekali, padahal aq semakin cerdas...:P

    (alatbekam.net)

    BalasHapus
  29. sngt mnfaat bos,,,ijin copas y bos,,,

    BalasHapus
  30. mantap gan,,, minta izin kopas gan,,,,,,

    BalasHapus
  31. gan ane mau nanya nih, komputer ane kenapa ya? pas di nyalain komputernya pertama lancar gan ga lemot sama seklai, tapi setelah beberapa menit kemudian komputer ane lemot banget, apalagi kalo buka aplikasi, hadehh lama lemot banget gan...
    itu kenapa ya gan? apa ada masalah di VGAnya atau di komponen lainnya ya?
    mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dilihat startup pogram atau service yang sedang berjalan bisa menggunakan process explorer , kali aja ada virus gan..

      Hapus
  32. gan .. ada gaa posting tentang mencegah virus komputer ??

    BalasHapus
  33. alhamdulillah bagus penjelasannya, temimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  34. mau tnya dong kak :) lptop saya ada game onlinenya, dlu itu di pke lancar. gak ada gangguan. setelah bbrapa bulan, kalo saya maen itu tiba" ke desktop sndiri, pdahal blm pencet apa". itu kenapa ya?

    BalasHapus
  35. tanks penjelasanya saya mengalami masalah,beberapa program tidak bisa dibuka harus nunggu/ngselin,sebelum muncul dikanan bawah monitor kata-kata dlm kotak:your komputer might be at risk setela muncul ini sih lancar saja,tapi itu tadi nunggunya agak lama.mohon batuanya/balas tanks sblnya.

    BalasHapus
  36. Mantap hehehee :) ijin posting ya ^^/ mampir di blog saya ya ..

    Visit my Blog >>>http://ronal-175killerzjoe.blogspot.com/

    Makasih ...

    BalasHapus
  37. ijin mas Coppast.. ya
    http://rieza7.blogdetik.com

    BalasHapus
  38. gan laptop saya ngelag karena corenya penuh danc lock penuh bagaimana caranya gan biar nggak ngelag lagi

    BalasHapus
  39. tengs banget info bagus mas bro salam kenal
    www.oviaservice.com
    wong ndeso

    BalasHapus
  40. Masbro,laptop ane kenapa koq bootingnya lama banget ya, bisa sampe 1 jam'an n pas udah masuk desktop juga mau apa2 lemmot banget sampe cursor aja ngelak2,
    Pertama ane kira hdd nya mgkin udh lemah , eh pas ternyata hdd nya ane pasang di lappie laen lancar2 aja koq , booting juga cpet , btw ram ane normal juga koq , ane bingung tuh kenapa lappie compaq ane jadi begitu ,

    Mohon pencerahannya ya masbro

    BalasHapus
  41. Masbro, kenapa lappie ane bootingnya lemot banget ya, bisa sampe 1 jam masuk windowsnya , malah kadang gagal boot n juga pas udah masuk desktop juga ttep super lelet smpe2 cursor aja macet2,

    Awalnya ane kira hdd ane udh jelek/turun performa karna fktor usia, tp ternyata pas ane coba di lappie laen gak ada masalah n lancar2 aja , malah booting juga lancar bgt,

    Btw ram lappie ane juga normal masbroh,,
    Yang ane mau tanya , itu kira2 kenapa ya masbro?? Apa ada hardware lain yg udh rusak? Ato bisa jadi procy nya udh kmakan usia?
    Mohon pencerahannya ya masbrohh ;)

    BalasHapus
  42. Tapi biar bagaimanapun software itu jagonya kalau spek komputernya lemot tidak ada artinya, software hanya memberikan beberapa persen saja pengaruhnya ...
    http://bit.ly/TVPnaN

    BalasHapus
  43. makasih mas infonya. trus gimana cara memperbaiki laptop yang lambat karena masalah hardware?

    Belajar Komputer

    BalasHapus
  44. izin copas ye..
    buat ane share
    www.perangkatlembek.blogspot.com

    thx ya ..

    BalasHapus
  45. salam dasyattt,,tukang kopi mampirrr
    http://copypastediinternet.blogspot.com/

    BalasHapus
  46. wiez pokoknya siip dah nie blog ..
    (h)
    //perawatan itu penting ..
    :)

    BalasHapus
  47. mantap dan mak nyosss infonya gan....

    tapi ak cari2 yg problemnya seperti kompi ak ko gak ada ...

    ni mslh kompi ak gan>>> saat main game Atlantica di tengah2 game sdg berjalan tiba2 macet dan berhenti gitu aja...tapi moustnya msh bis agerak...tuh kira2 apanya ya gan?.... taq.

    BalasHapus
  48. numpang nanya gan...kompi ak sering macet kalo buat main game, tapi moustnya msh bisa gerak itu kira2 apa ya gan?....

    BalasHapus
  49. bagus nih infonya...
    nggak sia-sia bacanya he,,he,,

    BalasHapus
  50. tepat sekali .,bebebrapa diantarany .,ada smua

    BalasHapus
  51. infonya bermanfaat,
    izin copas ya mas,
    buat saya share ke teman2 yg lain..

    thanks before mass..

    BalasHapus
  52. mantap gan mampir ya
    http://maestro-software.blogspot.com/

    BalasHapus
  53. trimakasih nich, sangat membantu sekali artikelnya....

    BalasHapus
  54. gan ane permisi copas ya soalnya saya newbie.. terima kasih

    BalasHapus
  55. mantab gan.. senang bisa berkunjung kesini, semoga bermanfaat .salam kenal, kunjungan baliknya ditunggu

    www.produsensusukambingbubuk.com
    susu kambing etawa sari madu utama susu kambing global mandiri sejahtera susu kambing etawa

    BalasHapus
  56. Sip Tototrial yang sangat bermanfa'at

    BalasHapus
  57. Numpang tanya....
    Gan, pc ane window 7,terus ane instal ulang jadi window xp..!!pas ane mw instal ulang window7 lg jd ga bisa kenapa ya....????tolong dibantu Gan..

    BalasHapus
  58. mantap,sangat membantu buat para pemula...terima kasih banyak..

    BalasHapus
  59. terima kasih banyak buat ilmunya..

    BalasHapus
  60. good posting jadi bermanfaat

    BalasHapus
  61. bermanfaat sekali.
    ini tips yang dicari dari tadi.

    BalasHapus
  62. Emang benar2 teknisi sob keren infonya......

    BalasHapus
  63. emang bener bro, paling banyak masalh software, tapi ane pernah nemuin kasus karena umur hdd yg udah uzur. nah masalahnya kalo ganti hdd kan mahal tuh sdgkan budgetnya low, ada gak cara mengembalikan kecepatan hdd bro ?

    bagi yang membutuhkan service komputer / laptop panggilan di daerah surabaya silahkan kunjungi blog saya dengan cara klik disini atau klik disini

    BalasHapus
  64. kok laptop saya itu ada baidu pc faster yg muncul tiba tiba ? yg ganggu proses makai laptop
    kursornya kedap-kedip

    BalasHapus
  65. Terima kasih infonya,...
    Ijin praktek dan cek dari poin pertama sampe akhir,..
    komputerku lambat,. padahal baru instal ulang

    BalasHapus
  66. Alhamdulillah akhirnya komputer saya bisa lancar lagi,setelah kemarin seminggu full komputer ku lemotnya minta ampun, terima kasih tipsnya gan
    komputer

    BalasHapus
  67. nice inpo gan.
    coba referensi ini juga gan
    http://info-kalong.blogspot.com/2014/05/cara-bersihin-windows-dari-malware-spam.html

    BalasHapus
  68. sekarang say tahu kenapalaptop saya lambat mulu.. pusing saya kalau laptop kerjanya kayak keong... tempat wisata outbound di bogor Thanks.

    BalasHapus
  69. bermanfaat banget saya mau nanya bos cara mengatasi user lambat saat login pada jaringan lokal, di saat user aktif semuanya, kenapa ya bos terimakasih , maf saya masih amatir masalah jarkom :D

    BalasHapus
  70. cara defrag komputer ada ga linknya gan ?

    BalasHapus
  71. wew makasih gan (y)
    Tau menjadi lebih tau :D

    Mampir juga ya gan
    justival.blogspot.com

    BalasHapus
  72. waduuwh keren banget n kumplit dah infonya,, thanks gan,, beberapa tambahan yang mungkin bisa buat tambah wawasan gan,, Trik Khusus Meningkatkan Kecepatan Komputer / Laptop Kita

    BalasHapus