buku tutorial teknisi komputer

Membuat Windows XP + Intel SATA Driver

Seringkali saya diminta oleh beberapa orang teman untuk menginstall atau downgrade sistem operasi pada Notebook atau Laptop mereka dengan menggunakan sistem operasi Windows XP. Selain karena sudah familiar dengan tampilan pada Windows XP, juga karena ada beberapa program yang belum di-support oleh Windows Vista atau Windows 7.

Namun untuk beberapa Notebook atau Laptop sekarang ini kebanyakan sudah menggunakan Hardisk SATA, dimana pada CD Setup Windows XP tidak menyertakan drivernya sehingga apabila kita langsung meng-installnya maka proses instalasi tidak akan berjalan atau bahkan muncul tampilan Blue Screen.

Untuk menginstall Windows XP pada Notebook atau Laptop yang sudah menggunakan Hardisk SATA tersebut, kita perlu menambahkan driver Intel SATA AHCI Controller untuk Notebook yang menggunakan Processor Intel atau AMD SATA AHCI Controller untuk Notebook yang menggunakan Processor AMD. Untuk mengintegrasikan driver SATA Controller pada Windows XP tersebut kita bisa menggunakan aplikasi nLite, yang merupakan aplikasi freeware yang dapat meng-customize CD Setup Windows XP.

Beberapa hal yang diperlukan untuk membuat CD Windows XP dengan SATA Driver yang telah terintegrasi didalamnya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan CD Setup /Installer Windows XP.
  2. Siapkan file Intel SATA AHCI Controller atau AMD SATA AHCI Controller driver
  3. Sotware aplikasi nLite di http://nliteos.com/download.html 
  4. Microsoft .dotNet Framework 2.0 disini, biasanya pilih yang x86
  5. Software Burning CD, kalau belum punya bisa menggunakan InfraRecorder yang bisa didownload di http://infrarecorder.org
  6. CD kosong yang akan digunakan sebagai Windows XP + SATA driver CD
Dan berikut ini adalah step by step pembuatan CD Windows XP + Intel SATA Driver:
  1. Install terlebih dahulu .dotNet Framework dan nLite.
  2. Jalankan program nLite klik Next.
  3. Tentukan lokasi source Windows XP, misalnya dari drive yang terdapat CD Installer Windows.
  4. Apabila nLite telah menemukan lokasi Windows Instalation akan muncul jendela seperti dibawah,

    nlite-1

    klik Next.
  5. Pada tampilan berikutnya, klik Next aja.
  6. Selanjutnya muncul jendela Task Selection, klik tombol Integrate - Drivers dan Create - Bootable ISO.


    Klik Next
  7. Pada jendela Drivers - Integrate drivers into installation klik Insert lalu pilih Single Driver,kemudian tentukan lokasi Intel SATA driver (iaAHCI.inf) kemudian klik Open.
  8. Selanjutnya pilih Textmode driver dan blok semua items (tekan CTRL+A) lalu klik OK.


  9. Pada jendela selanjutnya klik Next aja, lalu klik Yes untuk memulai proses integrasi driver.


    Setelah selesai klik Next.
  10. Langkah selanjutnya adalah membuat CD Image Windows XP + SATA driver. Sebenarnya bisa langsung di-burn ke CD tapi disini saya akan menyimpannya dulu dalam bentuk .ISO file. Oleh karena itu pada tampilan selanjutnya, pada menu Mode pilih aja Create Image, Label isi dengan Label untuk CD kita misalnya XP-SATA. Lalu klik Make ISO. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan file, klik save.

  11. Tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan image file XP-SATA selesai selanjutnya klik Next dan Finish untuk keluar dari program nLite.
  12. Sekarang kita telah mempunyai file XP-SATA.iso dan untuk membuatnya menjadi CD Installer Windows XP kita bisa membakarnya ke CD kosong yang telah disiapkan sebelumnya dengan bantuan program burning CD seperti Nero, CD BurnerXP atau InfraRecorder
Demikianlah langkah-langkah pembuatan Windows XP + SATA Driver yang pernah saya lakukan,untuk tutorial lengkap dengan sreenshootmya dapat di download pada link dibawah. Good Luck..!
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Membuat Windows XP + Intel SATA Driver"

Poskan Komentar