Memperbaiki komputer tidak bisa booting

komputer tidak bisa bootingSalah satu kerusakan komputer yang sering saya temukan adalah permasalahan komputer yang tidak bisa booting.   Disini ada beberapa kasus yang bisa terjadi, diantaranya: komputer tidak bisa booting dengan menampilkan pesan error, komputer booting namun kemudian muncul bluescreen dan komputer booting namun kemudian merestart lagi.

Untuk mengetahui dan memecahkan masalah komputer tidak bisa booting tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, diantaranya:

1. Komputer tidak bisa booting dan mati total

Untuk komputer yang mati total atau tidak ada tampilan dan suara sama sekali, coba di-cek  terlebih dahulu arus listrik dan periksa kondisi power supply komputernya. Cek kabel-kabel yang terpasang, mulai dari kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel power ke monitor, kabel monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

2. Komputer tidak bisa booting karena adanya masalah pada BIOS.

Adakalanya komputer tampak mati total dan tidak mau booting sama sekali adalah karena adanya masalah pada BIOS. Berdasarkan dari beberapa pengalaman yang pernah saya alami, ternyata kerusakan komputer blank atau mati total sehingga tidak bisa booting ini dapat disembuhkan dengan cara mereset BIOS komputer.

Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau motherboard memang sudah rusak.

3. Komputer tidak bisa booting karena Hardisk tidak terdeteksi

Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya pesan Disk Boot failure. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan beberapa hal diataranya:
  • mengecek kondisi kabel IDE atau SATA pada Hardisk, pastikan sudah terpasang dengan benar.
  • untuk 2 hardisk IDE yang terpasang pada 1 kabel, cek posisi jumper untuk setingan Master dan Slavenya supaya jangan tertukar.
  • cek apakah Hardisk sudah terdeteksi oleh BIOS atau belum, coba di-detect satu persatu. Kalau sama BIOS aja ga terdeteksi berarti masalahnya ada pada hardisk tersebut.
  • coba pegang permukaan hardisk, untuk hardisk yang hidup akan terasa getarannya.
4. Komputer tidak bisa booting karena permasalahan Memori dan VGA Card.

Biasanya ditandai dengan terdengarnya bunyi beep yang berulang-ulang, dan tampilan monitor yang tidak mau keluar. Untuk mengeceknya :
  • coba lepas dulu Memory atau VGA Card, pin-nya dibersihkan dan dipasangkan kembali dengan benar.
  • coba pasang memory di slot yang lain.
  • untuk memory yang lebih dari satu, copot aja dulu yang lainnya dan dites satu persatu.
  • kalau masih terdengar bunyi beep, coba ganti aja dulu Memori atau VGA Cardnya.
  • Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA Card komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA Card yang lain atau cek VGA tersebut di komputer lain.
5. Komputer yang tidak mau booting karena Processor kepanasan.

Processor yang sudah overheat bisa juga menyebabkan komputer mati dan saat dihidupkan tidak mau booting lagi atau me-restart lagi. Untuk itu lakukan langkah berikut:
  • Cek kondisi Heatsink dan fan Processor, apakah fan masih bisa berputar, kotor atau bahkan ada kerusakan sehingga fan terlepas dari dudukannya.
  • Kalau komputer masih bisa masuk ke BIOS, maka temperatur processor ini bisa dilihat pada bagian Hardware Monitor.
Pastikan kondisi fan dan heatsink processor dalam normal, sehingga processor tidak mengalami overheat.
6. Komputer tidak bisa booting karena hardisk atau sistem Windows yang corupt.

Hal ini bisa dilihat dari pesan yang menunjukkan adanya file yang rusak atau hilang. Untuk mengatasinya:
  • Coba dicek dulu kondisi Memory, kalau terpasang lebih dari satu dan tidak kompatibel, biasanya muncul error sistem windows corupt, jadi lepaskan dulu memory yang tidak sejenis.
  • Repair Hardisk seperti telah saya jelaskan dalam artikel cara memperbaiki hardisk
  • Repair Windows  atau install ulang sistem operasi komputer Anda.
ebook panduan teknisi komputer

Mungkin itulah beberapa penyebab komputer tidak bisa booting dan cara pengecekan dan perbaikannya. Untuk mendiagnosa dan memperbaiki komputer tidak bisa booting tersebut kita juga bisa menggunakan CD UBCD for Windows atau Hiren's Boot  CD. Selamat mencoba..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

64 Responses to "Memperbaiki komputer tidak bisa booting"

  1. ok.. makasih atas petunjuknya.. komputer saya mengalami bunyi beeep yang panjang berkali-kali..

    BalasHapus
  2. saya udh coba membuat partisi baru dgn menggunakan software partition wizard pro dan berhasil.tp knapa stlh kompter direstat atou dshutdown kompinya jd ga bisa booting lagi,ada bacaan :
    Unknown Filesytem.
    _
    itu gmn ya ??mohon bantuannya,..tolonnng. . . .

    BalasHapus
  3. tolong pencerahannya gan.. bermula ketika saya mengganti mainboard.. tapi tidak bisa booting.. saya kira memang HDDnya.. kemudian saya ganti dengan HDD yang normal.. eh.. malah computer saya dua-duanya gak bisa booting.. saya kembalikan ke posisi semula juga tidak ada perubahan.. terima kasih atas tanggapanya..

    BalasHapus
  4. Saya maw tanya.. kalau tdak bisa booting sama sekali dan tidak ada tanda bunyi beep sama sekali kira " apanya...???

    BalasHapus
  5. @hamzah: maaf mas, apa ga salah drive ketika membuat partisi?

    @kadal sandalan: ga bisa masuk BIOS maksudnya? atau ga bisa booting windows? coba direset dl aja BIOS-nya gan

    @juel: coba direset dl aja BIOS-nya, cek VGA & RAM, atau jangan2 mainboardnya pengen diganti

    thks dah pada mampir

    BalasHapus
  6. Punya saya kasusnya,,,,,tidak mau booting jika hardisk yang kedua saya pasang,,tetapi mau booting jika hardisk yang kedua saya lepas semua kabelnya (saya nonaktifkan).Apakah masalahnya karena powernya tidak kuat ataukah hardisk yang kedua itu sudah rusak ,padahal memorinya masih terisi kira-kira cuma 8% saja.Mohon pencerahannya,,,terimakasih

    BalasHapus
  7. Ohya ,,satu lagi,,,,hardisk yng kedua /slave udah kedeteksi sama BIOSnya,,,,mungkinkah powernya bermasalah atau hardisknya,,,,,kalau hardisknya,,,bisakah dibetulin

    BalasHapus
  8. @EAmaster:
    hardisknya IDE atau SATA gan? klo IDE apakah setingan jumpernya dah sesuai?
    kemungkinan hardisk yang kedua rusak bisa saja, untuk memastikannya mungkin bisa dipasangkan ke komputer yang lain.
    Thanks dah berkunjung gan..

    BalasHapus
  9. Bos.. minta pencerahannya.. mainboard saya bunyi beep berulang ulang, pesan errornya "Keyboard error or keyboard no present" saya coba pake keyboard USB ttp ga mau masuk BIOS, saya udah coba ganti VGA dan RAM, tetapi ttp hasilnya nihil.. pernah sy baca posting di slh satu blog, katanya mainboardnya di rendem, trus dicuci pake rinso, sempet ga prcaya tp sy coba, hasilnya bisa cuma sehari, stlh itu kambuh lagi.. yang ingin sy tanyakan Apakah Biosnya rusak?

    BalasHapus
  10. @perry hajurah:
    klo error "Keyboard error or keyboard no present" coba dicek konektor PS2 buat keyboardnya mas, kali aja ada solderan yang kendor. klo BIOS-nya sih kaya'nya ga rusak..

    BalasHapus
  11. Bang, mau tanya : bila laptop sudah masuk bios, juga sudah keluar gambar windows. Tapi habis itu selalu muncul layar hitam tulisannya start windows normaly. Tapi bila diklik start windows normaly malah kembali lagi kayak gitu.

    kira kira masalahnya apa ya ?

    BalasHapus
  12. Kak kalo ada tulisan "Floppy Disk A failed (40)" itu gmana benerinya . . ?

    BalasHapus
  13. gan, kasus laptop saya tuch booting super lemot dahh,, kira-kira kenapa ya ?? mohon bantuannya gan, terimakasih

    BalasHapus
  14. @ bima saki: disable aja floppy disknya di BIOS, ga dipake kan?
    @ dea nugraha: mungkin postingan berikut bisa membantu gan: 10 Penyebab Komputer Lambat

    BalasHapus
  15. kalau kata saya sih kalau monitor nya gak nyala pas booting mending pake VGA on board jadi nya kabel VGA - monitor nya di colokin ke MainBOARD langsung thanks...maju terusss

    BalasHapus
  16. gan, kalo laptop dah dinyalakan muncul logo merk laptop, tapi tidak berjalan bootingnya sebelum di tekan salah satu tombol keyboard, kira2 masalahnya dimana yah? trus cara memperbaikinya gimana? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  17. mau tanya gan....klo pd saat booting kluar tulisan Pri Master = not detected
    Pri Slave = not detected
    Sec Master = not detected
    Sec Slave = not detected
    tu gmn gan? mohon pencerahannya.trims

    BalasHapus
  18. berarti hardisknya ga ada yang ke detect, coba cek kabel data dan power u/ hardisk sudah terpasang dengan benar. Kemudian masuk BIOS, cek apakah hardisk ke-detect atau ngga.

    BalasHapus
  19. saya punya masalah komputer saya kok bootingnya macet kenapa boz
    berhenti ada gmbr windows trus mnerus ngk maw lanjut trmksh :D

    BalasHapus
  20. coba di repair aja dulu windowsnya sob..

    BalasHapus
  21. mau nanya broo. saya punya laptop notebook Zyrex power suply ok/ adafter, Hardisk ok juga RAM masih baik. sewaktu mengisi batere stabil dan masuk saja arus energi listrik batterainya terisi penuh kita lihat dari lampu led battrainya. sewaktu mulai dinyalakan tidak ada tanda-2 masuk bisa masuk bios lebih-2 windows kayaknya, berjalan 5 detik langsung mati nggak bisa hidup lagi. atas pengalaman nya dapat dibagikan untuk bersama saya ucapkan banyak terima kasih terima kasih.

    BalasHapus
  22. komputer gue boss ga bisa booting....gue bawa ke tkang service pc dan hasilnya hardisk gue rusak dan harus diganti.......lumayan budget 300 lebih keluar tanpa sebab

    BalasHapus
  23. sya mau tanya cra reset bios motherboard asus

    BalasHapus
  24. Gan mau tanya dulu, komputer bisa nyala gak kalau gak pake hardisk..?

    Trz kalo gak bisa. Bisa gak hardis di ganti sama flashdisk..
    Thks....

    BalasHapus
  25. pagi gan..ada yang bisa bantu gak masalah kompi saya..sebelumnya komputer saya berjalan lancar,namun karena windows saya uda lawas(XP) dan aplikasi yang saya gunakan mengharuskan menggunakan windows 7 maka saya nginstall windows 7..proses berjalan lancar hingga restart, setelah itu kompi nyala,cuman menampilkan logo mainboard ku aj,gak beranjak lagi ke level selanjutnya lagi yaitu booting, trus ngakses bios juga gak bisa.tapi herannya kalo aku pake alt + del itu masih restart. aku cek ke manual mobo ku bunyi beep sekali itu normal...mohon di bantu yah agan-agan.

    BalasHapus
  26. @rahmad hidayat: mungkin lebih baik dibawa ke service centre-nya
    @sirul Al-banteni: silahkan baca artikel tentang cara reset bios
    @entang|bintang: bisa aja, misalkan dengan membuat linux live CD/USB

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan untuk sarannya saya juga akan ke service centernya

      mampir ke http://bongkardong.blogspot.com ya

      Hapus
  27. Mau nanya,kalo laptop saya ga bisa booting,bisa nyala tapi...
    Solusinya gimana yaa?thanks...

    BalasHapus
  28. boleh tanya nih mas,saya punya laptop toshiba type L.740 kalau saya instal pake'windows xp kok suaranya gak bisa keluar.mohon penjelasannya mas.terimakasih

    BalasHapus
  29. salam.
    Saya nak tanya, hardisk dr laptop lain tak terdeteksi di laptop.masa saya menggunakan software utk cek bad sector, langsung tak terdeteksi hdd nya.napa ye?

    BalasHapus
  30. Kalau komputer saya gini Media Disk Fail, insert sistem boot. Exiting PxE room. Saya tekan reset, baru bisa boot lagi, tapi lama2 sudah gak bisa. Kalau diinstal ulang, bisa lagi, trus kalau komputer dimatikan, dan dinyalakan lagi, muncul pesan pertama tadi. Kalau masuk di BIOS, harddisk terdeteksi tapi tidak bisa dijadikan first boot. Kira2 apa masalahnya ya? Mohon pencerahannya!

    BalasHapus
  31. gan numpang tanyani...apabila leptop dihidupkan tetapi muncul tulisan seperti ini werles error remob.restart all apa yg harus di lakukan...

    thanky...

    BalasHapus
  32. mas mau tanya dong.
    jadi ceritanya saya habis install ulang upgrade dari win7 32bit ke 64bit setelah selesay saya cek d dxdiag masih terbaca 32bit saya pikir upgrade saya gagal, trus saya coba main game gak lama terdengar suara beep berkali" dan layar jadi hang. setelah saya restart gda tampilan nya dan gda suara beep sama sekali.
    mohon bantuan nya mas.
    RAM dan VGA sudah saya bersihkan dan no respon

    BalasHapus
  33. mau nanya Sob,. aku abis install windows7 64bit pada ASUS X44H,. tapi pada saat proses akhir instal selesai (restart akhir) kok gak bisa masuk ke windowsnya yah,. malah retsar mulu,. klo di nyalakan cuma ampe keliatan logo ASUS nya trus restart lagi, gitu terus,.. mohon pencerahan

    BalasHapus
  34. mas saya ada masalah pada hardisk..
    di bios hardisk ke baca tp pas booting masih ada "Disk boot failure".
    knapa ia.?? trus cpu selalu mengeluarkan bunyi beep panjang berkali-kali.
    mohon saran nya..

    BalasHapus
  35. gan saya punya masalah booting juga nih gan, sewaktu saya partisi hdd pake easus setelah berhasil dan merestart tiba" pc saya gk mau booting ke bios maupun ke windows kira" kenapa ya gan, tolong pencerahanya,. terima kasih

    BalasHapus
  36. Saya mau tanya gan,
    klu komputer pas saat booting windows tiba2 nge restart sendiri, & klu pakai safe mode juga sama nge restart juga,..
    Apa penyebabnya ?
    Windows yg corrupt atau Hardisk bad sector ya ?

    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  37. gan mau sharing dkit ,,sya pnya satu masalah ,,knapa y komputer pda saat saya nyalakan dia tida mau booting ,,malahan g kluar tampilan apa2 ,,,kra2 ap th gan msalannya y ? mhon pncerahannya ?

    BalasHapus
  38. bro , mau tanya nih, klo pas di nyalain leptop saya gak bsa masuk windows , 'smart failure' malah ada bacaan gitu trus minta f1, truz abiz f1 ,ctrl+alt+del to restart , tpi masih ke bca di bios , tpi gak bsa di instal ulang...

    gmana bro solusi nya tuh... mhon pencerahan nya

    BalasHapus
  39. gan mau tanya,,,
    PC ane blue screen, muncul tulisan

    KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR

    0x0000007A (0xC05CF790, 0xC000000E, 0xB9EF2384, 0x270E3860)

    ATAPI.SYS B9EF234 BASE AT B9EE500 DATESTAMP 41107B4D

    mohon solusinya,,,,
    terima kasih ....


    BalasHapus
  40. mau nanya om saya punya komputer< kalo dinyalain ga bisa masuk window, rus ada bacaan invalid read c:/ document
    kenapa ya??

    BalasHapus
  41. gan numpang tanya,, kalau laptop/netbook merek zyrex cara merecoverynya tekan tombol apa? mohon pencerahanya gan,,

    BalasHapus
  42. bro ane mau tanya nih kronologinya kira" begini...
    waktu itu ane ada hardisk nganggur terus ane coba dijadiin slave tapi hardisk yg pertama gak kedetect tapi hardisk yg ke2 ke detect tapi kadang" kedetect dua-duanya hardisnya tapi gak bisa masuk ke windowsnya. kayak ngehang gitu dah/restart sendiri! kira" kenapa ya bro permasalahannya.? mohon pencerahanya bro.? Thanks :D

    BalasHapus
  43. gan , kompie ane bootingnya lelet banget, masuk windows aja butuh 20 mnit, trus loading start up jug kira2 30mnit, klik kanan aja lelet banget apalagi mau jalanin program...

    mungkinkah HDD ane udah uzur, jadi rpm menurun n menyebabkan kelelean?? emang HDD ane udah 5 taon sih gan,,,

    kira2 solusinya gmn nih? ane pingin bgt backup data2 di lappie ane... ane sedih bgt gan kalo misalnya HDD ane smpe gk bisa di Back up,, data2 ane bertaon2 ada di situ smua ...

    mhon petunjuknya gan ,,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pkek HDD apa gan? senasib kayak gua nih.. tapi ane baru 3 tahun.
      coba kmu agan cari kabel dari HDD ke USB, nanti klo uda beli hardisk baru, colokin ke laptop terus tinggal copy gan datanya..

      Hapus
  44. mau tanya bos msh newbie..kompter ane gk mau hidup (mati total), udh ganti mainboard, hardist bagus,ram n PSU oke..tp msh gk mau nyala.??kira2 ap ya penyakitnya..??thanks atas pencerahaan nya

    BalasHapus
  45. utuk repair hdd saya elum pernah coba gan. soalnya kalau udah bad sector secara software tidak mempan comment di http://bongkardong.blogspot.com

    BalasHapus
  46. Thanks info artikel tentang penyebab komputer tidak bisa booting bermanfaat sekali,...

    BalasHapus
  47. PC saya sering gagal booting pas pertama kali pencet tombol ON....matikan dulu....hidupkan lagi tombol on...lancar booting nya....kenapa ya?
    bisa bantu kirim ke email saya mr.irf4ndi@gmail.com

    BalasHapus
  48. thanks gan atas pencerahannya

    BalasHapus
  49. thanks gan atas pencerahannya

    BalasHapus
  50. thanks gan informasinya membantu..
    http://www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  51. Makasih banget infonya.
    Akhirnya nemu juga yang bermanfaat. :)

    Via : Bandung IT

    BalasHapus
  52. kalau PC saya setelah saya hidupkan cuma muncul tulisan hitam putih isinya kapasitas memory, harddisk, dll.. trus yang bawah sendiri ada tulisan entering load.. gitu terus & nggak bisa masuk windows.. itu kenapa ya??

    BalasHapus
  53. laptop saya proses booting brenti sampai "starting windows" seolah brenti baca hardisk(lampu indikator mati) gk bakalan masuk windows kalau gk tekan sembarang tombol,mohon pencerahanya...
    thanks

    BalasHapus
  54. PC saya tidak bisa booting tanpa ada pesan errornya.
    Saya sudah cek di BIOS HDD dan CD/DVD untuk boot priority terdeteksi.
    Setelah PC dinyalain ketika hendak booting tampilan layar blank (gelap). tidak ada pesan errornya.
    Saya sudah cek 4 langkah diatas tapi dari 4 kriteria tersebut tidak ada dalam masalah saya.
    Yang sudah saya lakukan untuk memperbaiki adalah mencabut RAM, HDD, CD/DVD dan batrenya. kemudian saya nyalain PC masih tetap sama ga bisa booting.

    Bagaimana cara mengatasinya..??

    BalasHapus
  55. komputer gue boss ga bisa booting....gue bawa ke tkang service pc dan hasilnya hardisk gue rusak dan harus diganti.......lumayan budget 300 lebih keluar tanpa sebab

    BalasHapus
  56. kak tanya, lebtop saya kok botingnya macet, tapi anti virusnya bisa dtek n kalo dimasukin flashsisk bisa detect, itu gmn kaka,,,,,,,,,,,,, mohon bantuanya

    BalasHapus
  57. nanya gan...pc saya mouse kebaca tp keyoard gk kbaca jd kl pas di idupin minta F1 atau DEL gk bs mencet apa2 dan gk bs masuk bios itu knp ya dan gmn cara mengatasinya...makasih sebelumna

    BalasHapus
  58. gimana ya cara nya benerin notebook yang saat di pake nge gambar tiba tiba mati dan ada bacaan hardisk pasword

    BalasHapus