Mengirim Pesan lewat Jaringan dengan Net Send

Apabila komputer tempat kita bekerja sudah terhubung ke jaringan (LAN), maka kita bisa memanfaatkan salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk saling bertukar pesan singkat, yaitu Net Send. Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan message yang dikirim lewat Net Send Messengger Service.

Message Netsend

Untuk menggunakan net send pertama-tama kita harus mengaktifkan service messenger terlebih dahulu pada masing-masing komputer, caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik Start – Run, ketik: services.msc

    Windows Services
  • Cari service yang bernama Messenger, lalu klik kanan pada service messenger tersebut, klik Properties.
  • Akan muncul jendela Messengger Properties, pada Startup Type pilih Automatic, dan klik Apply.

     Messegger Properties

  • Selanjutnya pada Service Status klik Start. Klik OK.
Setelah service messenger active, maka kita bisa langsung menggunakan net send ini untuk saling berkirim pesan dengan pengguna komputer yang lain, caranya:
  • Buka jendela command promt atau bisa juga dengan klik start - run lalu ketik :
    net send nama_komputer_target isi pesan

    Cara kirim pesan lewat netsend
Bagi anda yang belum tau nama komputer yang sedang digunakan, bisa dilihat dengan cara:
  • klik kanan My Computer pada desktop atau Windows Explorer, klik Properties dan klik tab Computer Name. Nama komputer dapat dilihat pada bagian Full Computer Name.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

3 Responses to "Mengirim Pesan lewat Jaringan dengan Net Send"