Cara Memperbaiki Komputer BlueScreen

Masih tentang BlueScreen...
Si layar biru yang menyebalkan ini atau istilah kerennya “Blue Screen Of Death (BSOD)” terjadi karena adanya critical error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang beberapa tips cara memperbaiki komputer yang mengalami BlueScreen berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, semoga ada manfaatnya.

Tips Cara Memperbaiki Blue Screen of Death pada Komputer :

1. Periksa Kondisi Komputer Secara Umum

Sebelum melakukan troubleshooting lebih lanjut, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kondisi komputer secara umum, diantaranya adalah :

blue screen

  • Periksa kebersihan didalam Casing CPU. Bersihkan debu dan kotoran lainnya bisa denga kuas dan vacuum cleaner, bila perlu siapkan electrical contact cleaner untuk membersihkan Motherboard.
  • Periksa kondisi suhu tiap-tiap komponen seperti Power Supply ( pastikan fan berputar secara normal), VGA Card dan Heatsink Processor.
  • Pastikan berbagai komponen (seperti RAM, VGA Card, konektor IDE / SATA, konektor Power Supply, dll) sudah terpasang dengan benar, untuk memastikannya bisa dengan mencabut dan memasangnya kembali.
  • Bila Anda baru saja memasang komponen hardware baru (misal VGA Card), cabut aja dulu dan coba jalankan komputer kali aja peyebab BlueScreen dari kompone tersebut.
2. Gunakan Mode “Safe Mode

Langkah selanjutnya adalah menjalankan Windows dalam Mode "Safe Mode" yang merupakan salah satu pilihan pada menu Advance Boot Option Windows XP, yaitu dengan menekan berulang-ulang tombol F8 pada saat sistem akan melakukan startup. Setelah Windows berhasil masuk ke Safe Mode, lakukan beberapa troubleshooting berikut:
  • Bersihkan hardisk dari antivirus, mallware & spyware dengan cara menjalankan program virus scanner , misalnya Norman Anti Mallware.
  • Uninstall Driver yang bermasalah, caranya dengan masuk ke jendela Computer Management klik Device Manager dan carilah komponen yang ada tanda serunya, atau driver komponen yang baru saja diinstall atau diupdate.
  • Bila perlu uninstall dulu program antivirus yang terpasang, bila kondisi kondisi komputer sudah normal bisa diinstall lagi dan pastikan database engine-ya selalu up to date.
  • Kita juga bisa menggunakan utility “System Restore” untuk mengembalikan setingan computer ke kondisi sebelumnya. Caranya klik Start, All Program , Accessories, System Tools, System Restore.
3. Periksa Kondisi Hardisk

Kondisi hardisk yang bad juga bisa mengakibatkan terjadinya BlueScreen, oleh karena itu periksalah kondisi hardisk dengan menjalankan perintah Chekdisk. Untuk pencegahan ada baiknya kita juga menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecek kondisi hardisk. Jalankan juga program Defragmentasi untuk memastikan hardisk bekerja secara optimal.

4.Periksa Kondisi Memori / RAM

Periksa kondisi Memori / RAM, pastikan telah terpasang dengan benar, dan jalankan program utuk memeriksa kondisi Memori misalnya “Windows Memory Diagnostic”.

5. Repair Sistem Operasi Windows.

Adakalanya BlueScreen terjadi karena ada beberapa file Windows yang corrupt, untuk mengatasinya cara yang paling gampang adalah dengan melakukan Repair pada sistem operasi Windows kesayangan Anda tersebut.

6. Gunakanlah Tools untuk menganalisa Penyebab Terjadinya BlueScreen.

Carilah Dump File pada hardisk komputer yang mengalami BlueScreen, biasanya di C:\WINDOWS\Minidump lalu copy ke komputer kita dan jalankan aplikasi WhoCrashed atau BlueScreenView yang merupakan program untuk mencari peyebab BlueScreen.

Mungkin itulah beberapa tips dari saya tentang cara memperbaiki Blue Screen of Death pada Komputer. Dari pengalaman saya selama ini penyebab BlueScreen paling banyak adalah disebabkan karena driver hardware yang tidak cocok, program antivirus yang rusak, hardisk yang mengalami bad sector dan windows yang corrupt, bagaimana dengan Anda??
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

25 Responses to "Cara Memperbaiki Komputer BlueScreen"

  1. oke sob link ente sudah terpasang.
    selain tekhnisi AC ane juga senang belajar tekhnisi komputer sob..!kmaren mengalami komputer sering ngedump terus sob..!motherboard amptron 3,0 ghz, 2 kali ganti PS dan hardisk *rusak 2 buah* masih ngedump juga kira2 kenapa yahh sob..???apa MB yang jelek atai procesornya..??
    trims

    BalasHapus
    Balasan

    1. Makasih banyak atas infonya, begitu detail dan begitu mudah difahami. :)

      Pusat Service Komputer & Laptop

      Hapus
  2. thx dah pasang linknya.. (bingung jg jawabnya)dah coba pake tools bluescreenview atau whoscrashed belum?..aku belum pernah pake amptron tp denger-denger kurang bagus tuh mobo..

    BalasHapus
  3. sob moohon petunjuk

    saya dah nyoba bersihin MB n DDR, trus dah di instal ulang jg,,tp tetep blue screen terus n restart sendiri,,itu kenapa ya..??

    MB ku jadul seh p4 celeron,,mohon petunjuk nya,,

    thx

    BalasHapus
  4. kalo menurut ane sich...yg juga merupakan salah satu penyebab bluescreen itu adalah virus...yg bekerja terus menerus hingga membuat memori terus bekerja keras hingga takmampu mengeksekusix....!!!!

    BalasHapus
  5. bmgn memperbaiki bsod ini driver ama windowsnya gt
    yasirmaster.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Stop: c000021a {Fatal System Error} The initial session process or system process terminated unexpectedly with a status of 0x00000000 (0xc0000221 0x001003a8). The system has been shut down. kalo gini gmna.?

    BalasHapus
  7. klo safe modenya gak jalan gimana kang?? decrosover@yahoo.co.id

    BalasHapus
  8. terima kasih, sangat berguna

    BalasHapus
  9. gan ane punya problem dengan "WINDOWS MEMORY DIAGNOSTICS TOOL" pada windows7 ultimate, bagaimana cara menghentikan sistem tersebut?? udah beberapa jam hal tersebut ga selesai"
    mohon bantuannya gan bisa kirim via email ane
    iwan_dj90@yahoo.co.id
    do tunggu arahannya gan,,, makasih

    BalasHapus
  10. TIps ini membantu saya pake banget :D
    Terimakasih gan, PC saya ga BlueScreen lagi :)

    BalasHapus
  11. makasih om, post nya berguna sekali.

    BalasHapus
  12. makasih postingannya, mudah2an berhasil ane praktekin.. :-)

    bang, numpang promo dikit ya,
    ane mau share Website Jejaring Sosial Indonesia (Terbaru!!) yang lagi heboh nih Bang, nd kabarnya lagi bagi2 hadiah juga, gratis..
    thx
    TKPnya :
    http://www.homyline.com/

    BalasHapus
  13. Makasih bos compi ane dah beres
    Tp masih ada virus g bisa di fix
    Ada saran antivirus free yg top cerga

    BalasHapus
  14. kl pesan error nya gni gmna gan?
    Problem signature:
    Problem Event Name: BlueScreen
    OS Version: 6.1.7601.2.1.0.256.1
    Locale ID: 1033

    Additional information about the problem:
    BCCode: 4e
    BCP1: 0000000000000007
    BCP2: 000000000012CB60
    BCP3: 0000000000000001
    BCP4: 0000000000000000
    OS Version: 6_1_7601
    Service Pack: 1_0
    Product: 256_1

    Files that help describe the problem:
    C:\Windows\Minidump\043013-38313-01.dmp
    C:\Users\eka\AppData\Local\Temp\WER-47439-0.sysdata.xml

    Read our privacy statement online:
    http://go.microsoft.com/fwlink/?linkid=104288&clcid=0x0409

    If the online privacy statement is not available, please read our privacy statement offline:
    C:\Windows\system32\en-US\erofflps.txt

    BalasHapus
  15. saya sudah mengikuti tp kenapa sekarang monitornya ga mau main ya?? (no signal) jadinya.. hadeh... jd bingung...

    BalasHapus
  16. saya udah ngikutin tp kok sekarang LCD nya ga mau nyala/main ya??
    (no signal) hadeh...

    BalasHapus
  17. Kalau di instal ulang lagi gimana sob ? Mohon bantuan.y

    BalasHapus
  18. Kalau diinstal ulang gimana sob ?

    BalasHapus
  19. terima kasih banyak atas tips dan ilmuya...

    sangat bermanfaat :)

    http://www.tvonlineku.com
    http://www.nontonseru.com

    BalasHapus