buku tutorial teknisi komputer

Menambahkan Safe Mode kedalam Menu Boot


Windows Safe Mode sangat berguna bagi kita untuk melakukan troubleshooting berbagai masalah komputer.  Untuk masuk ke tampilam Windows Safe Mode kita bisa menekan tombol F8 (berulang-ulang) saat komputer dalam proses booting. Namun bagaimana kalau kita ingin menampilkan pilihan Windows Safe Mode kedalam Menu Boot tanpa harus menekan tombol F8..?  Cara berikut ini bisa Anda coba.

Untuk menambahkan Safe Mode kedalam pilihan Menu Boot caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke Command Prompt, bisa dengan cara klik Start – Run ketik: cmd lalu tekan enter.
  • Ketikkan perintah berikut: edit c:\boot.ini
  • Tambahkan perintah berikut: multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Safe Mode" /noexecute=optin /fastdetect
  • Simpan perubahan tersebut dengan menekan File – Safe dan Exit.
  • Langkah selanjutnya adalah memanggil “Windows System Configuration Utility” dengan cara klik Start – Run ketik: msconfig lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya pilih Tab BOOT.INI lalu klik pada baris tambahan yang telah kita ketikkan tadi.
  • Terakhir beri tanda centang pada box “/SAFEBOOT” lalu klik OK.


    Sekarang kita bisa masuk ke tampilan Windows Safe Mode tanpa harus menekan tombol F8, untuk membuktikannya restartlah komputer kita dan perhatikan bahwa telah terdapat 2  pilihan Windows yaitu Windows XP Profesional (default) dan Windows XP Safe Mode.
    Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

    Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

    1 Response to "Menambahkan Safe Mode kedalam Menu Boot"

    1. Greetings, this is a genuinely absorbing web blog and I have cherished studying many of the content and posts contained on the web site, keep up the outstanding work and desire to read a good deal more stimulating articles in the future.

      BalasHapus