buku tutorial teknisi komputer

Mengabadikan Tampilan BlueScreen

Banyak hal yang bisa menyebabkan komputer mengalami fatal error dan menampilkan pesan “BlueScreen”. Langkah awal untuk mendiagnosa penyebab yang mengakibatkan tampilan BlueScreen adalah dengan membaca pesan error yang ditampilkan pada layar tersebut. 

Masalahnya adalah kadang-kadang komputer langsung restart sesaat setelah menampilkan error bluescreen, untuk itu kita terlebih dahulu harus menonaktifkan settingan “Automatic Restart on System Failure “ pada System Properties Windows, yaitu dengan cara sebagai berikut:
  • Klik kanan My Computer, klik Properties atau bisa juga dengan buka Control Panel, pilih Performance and Maintenance lalu klik System.
  • Pada jendela System Properties klik tab Advanced.
  • Pada bagian Startup dan Recovery klik tombol Settings
  • Pada bagian System Failure, hilangkan tanda check (uncheck) pilihan Automatically restart
  • Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa pada saat komputer crash, secara otomatis system akan membuat file Dump untuk keperluan analisa. Untuk itu pastikan pada bagian Write debugging information kita tidak memilih opsi "none".
  • Klik OK dan tutup System Properties.

Sekarang apabila tampilan BlueScreen muncul, kita bisa dengan leluasa membaca dan menganalisa informasi yang disampaikan. Kita juga bisa memanfaatkan beberapa tools untuk menganalisa penyebab BlueScreen lewat file dump yang telah dibuat. Semoga bermanfaat..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

1 Response to "Mengabadikan Tampilan BlueScreen"