buku tutorial teknisi komputer

Membackup Hardisk menggunakan Drive Image XML

Hardisk merupakan komponen / hardware yang sangat berharga pada sebuah komputer.  Hal ini dapat dimaklumi karena pada sebuah hardisklah kita menyimpan data-data yang kita perlukan.  Untuk mencegah terjadinya keruksakan pada hardisk yang bisa menyebabkan data tersebut rusak atau bahkan hilang, kita harus membackup data-data pada hardisk tersebut atau bahkan membackup hardisk tersebut secara keseluruhan atau biasa disebut sebagai  meng-cloning hardisk.

Salah satu program yang dapat kita gunakan untuk membackup partisi atau logical drive dan meng-clone hardisk adalah  aplikasi DriveImage XML yang merupakan produk dari Runtime Software.

drive image xml

Beberapa fitur utama dari DriveImage XML ini diantaranya adalah :
  • Membackup partisi hardisk menjadi image file 
  • Mem-browse image file yang telah dibuat 
  • Me-restore file dan folder tertentu  dari image file
  • Me-restore image ke hardisk lain.
  • Meng-cloning  atau copy hardisk to hardisk secara langsung
  • DriveImage XML tersedia pada Live CD seperti UBCD4WIN dan Runtime LiveCD.

Pembuatan image file ini menggunakan teknologi Microsoft Volume Shadow Service (VSS), yang memungkinkan Anda untuk membuat image file dengan aman bahkan pada hardisk yang sedang digunakan. Image disimpan dalam file XML, sehingga memungkinkan untuk diproses dengan menggunakan aplikasi  dari pihak ke-3. DriveImage XML sekarang lebih cepat dari sebelumnya, menawarkan dua tingkat kompresi yang berbeda.

DriveImage XML dapat berjalan pada Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 pada hardisk yang diformat dengan sistem FAT 12, FAT 16. FAT 32 dan NTFS. Kita juga bisa membuat schedule penjadwalan backup secara otomatis dengan bantuan Microsoft Task Scheduler.

DriveImage XML ini terdiri dari 2 versi yaitu versi Private Edition yang dapat digunakan secara gratis untuk pengguna rumahan dan versi Commersial Edition untuk penggunaan organisasi atau komersial. Versi terbaru untuk saat ini adalah DriveImage XML V2.42 yang bisa Anda download di http://www.runtime.org/driveimage-xml.htm.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui langkah demi langkah membuat backup image file,  merestore file atau folder data dari image file dan membuat clone hardisk menggunakan Drive Image XML dapat membaca tutorialnya disini.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Membackup Hardisk menggunakan Drive Image XML"

Poskan Komentar