Training Bisnis Online

Cara Memperbaiki Hardisk

Salah satu penyebab dari komputer sering hang, komputer restart sendiri dan terjadinya tampilan bluescreen adalah terdapatnya masalah / kerusakan pada hardisk komputer.

Kerusakan pada hardisk ini diantaranya disebabkan karena sering dimatikannya komputer tanpa perintah shutdown dan karena gangguan pada aliran listrik seperti matinya listrik secara tiba-tiba atau terjadinya lonjakan pada tegangan listrik seperti yang biasa terjadi ketika adanya petir saat hujan.

Selain itu faktor usia (lifetime) dari hardisk itu sendiri juga merupakan hal yang dapat mempengaruhi performa dari hardisk. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara Memperbaiki Hardisk menggunakan Perintah Checkdisk/ CHKDSK.EXE.

hardisk

Checkdisk merupakan tool bawaan Windows yang dapat kita gunakan untuk menguji dan memperbaiki kondisi hardisk. Menjalankan perintah Checkdisk secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk merawat dan meningkatkan kinerja komputer.  Umumnya cukup dengan perintah Checkdisk / CHKDSK ini kita sudah dapat memperbaiki keruksakan pada hardisk seperti bad sector, lost clusters, cross-linked files, dan directory errors. Perintah Checkdisk dapat kita jalankan dengan 2 cara yaitu lewat Command Promt dan lewat My Computer atau Windows Explorer.

1. Menjalankan perintah CHKDSK pada Command Prompt.
  • Pada tampilan Command Prompt ketik perintah: CHKDSK D:
    Perintah tersebut akan menjalankan CHKDSK pada Drive D dalam mode read-only.
  • Ketikkan perintah: CHKDSK D:/F
    Perintah tersebut digunakan untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.
  • Ketikkan perintah: CHKDSK D:/R
    Perintah tersebut digunakan untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data.
  • Apabila ingin menampilkan option apa saja yang bisa kita lakukan ketikan saja perintah help dengan cara ketik perintah : CHKDSK /? 

2. Menjalankan perintah CHKDSK pada My Computer atau Window Explorer.
  • Buka Windows Explorer, atau My Computer.
  • Klik kanan pada hardisk yang akan di-cek, klik Properties.
  • Klik tab Tools, pada pilihan Error Checking klik Check Now..
  • Jendela Check disk option akan tampil.

    cara memperbaiki hardisk

    • Untuk menjalankan Chkdsk pada mode read-only mode, klik Start.
    • Untuk merepair error pada file system, check Automatically fix file system errors,
    • Untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors,
    • Anda juga dapat mencentang kedua pilihan tersebut apabila diperlukan.
  • Apabila muncul pesan : Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process.  Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) ketik Y dan Enter.
  • Apabila muncul pesan:  Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y, dan ENTER lalu restart komputer untuk menjalankan Scandisk.
Untuk memperbaiki hardisk menggunakan utility Checkdisk/perintah CHKDSK ini ada beberapa metode yang bisa kita lakukan, yaitu:
  1. Apabila komputer masih bisa booting dan login ke windows maka kedua cara untuk menjalankan CHKDSK.EXE tersebut diatas (melalui command prompt maupun Windows Explorer) dapat kita lakukan.
  2. Apabila Hardisk tidak bisa booting, maka kita harus mengambil hardisk tersebut dan memasangnya  pada komputer yang lain, baru kemudian menjalankan perintah Checkdisk/CHKDSK.
  3. Menggunakan CD Setup Windows dan jalankan perintah CHKDSK melalui Menu Recovery Console..
  4. Menggunakan CD UBCD4WIN. Caranya klik Start - Program - Disk Tools - Diagnostic, klik Check Disk.
Demikianlah cara memperbaiki hardisk menggunakan utility bawaan Windows: Checkdisk/CHKDSK.EXE ini, dan dari beberapa pengalaman saya sendiri dalam memperbaiki komputer, tool ini terbukti cukup efektif untuk menangani keruksakan pada hardisk. Pada kesempatan berikutnya saya akan mencoba mengulas tentang cara memperbaiki hardisk bad sektor. Semoga bisa membantu...
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

89 Responses to "Cara Memperbaiki Hardisk"

  1. Mas...saya kadang2 ada masalah system windows bermasalah (biasa krn virus dkk) shg tdk bs masuk windows, yg akhirnya solusi singkatnya adalah reinstal Windows dgn format HD. Yg ingin sy tanyakan, bgamana cara menyelematkan isi HD sebelum d format (kondisi HD tdk terpartisi)? mohon bantuannya....thxb4

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai saja hiren's boot usb, di dalamnya ada mini windows xp.. lumayan untuk mengambil data yang ada di dalam partisi..

      Hapus
  2. klo hardisknya cuma satu partisi, berarti harus bikin partisi baru, gunakan aja partition magic pada CD Hiren's,
    klo pingin gampang slave aja hardisknya di komputer temen, lalu pindahin deh datanya,
    klo datanya dikit pindahin ke CD/DVD aja,

    Ada yg punya solusi lain..?

    BalasHapus
  3. Kalau penyebab i/o device eroe apa ya.. mas. Harddisk external saya kedetect tapi ngga bisa diakses karena i/o device error.

    BalasHapus
  4. Makasih banyak Bos Hard Disk saya akhirnya bisa diambil datanya semoga ilmu yg anda berikan dapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa.....ipoelg@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Wah.....Mantap x infonya klau ada yg lebh update kirim ke email saya ya..... saya juga mau bagi info dikit ni... boleh ya....Dapatkan penghasilan secara online yang terus mengalir kerekening anda tanpa henti dan sekaligus mendapatkan kemampuan yang tidak
    dapat anda bayangkan sebelumnya.... kunjungi dan jadilah anggotanya sekarang juga di www.instalkomputer.com dan www.tulisanarab.com

    BalasHapus
  6. to Anonim: penyebab i/o device error biasanya karena masalah pada hardware interfacenya, klo untuk hardisk eksternal kemungkinan pada port USB-nya yang kurang power, coba aja tes di komputer yang lain bisa kebaca ga.

    to ipoelgreen: Amin, thks

    maaf ya baru bls...

    BalasHapus
  7. Punya sya mas uda di tekan Y nha kux enggk bsa uga??

    BalasHapus
  8. Waktu saya jalankan kok selalu berhenti di saat "9427 index entries processed" ya?

    setelah itu, habis dicancel,di coba lagi jadi "windows was unable to complete the disk check".

    Di defrag juga tidak mau jalan.

    Bisa tolong minta solusinya?

    terima kasih

    BalasHapus
  9. mas,, HD saya tidak kedetect , trus jg tidak da indikasi nyala HD.nya.
    tu knp ia? pdhal klo pkek HD laen bisa..

    BalasHapus
  10. instal xp ga bisa selesai.
    1) boting cd - ok
    2) format - ok
    3) copy file - ok
    4) restart dan saat nginstal yg muncul "missing operating system".
    Kalau dislave - ok.

    BalasHapus
  11. mungkin board hdd-nya rusak mas, atau powernya ga masuk

    BalasHapus
  12. @maskiyak: install xp-nya pake yang service pack berapa gan? mungkin bisa dicoba pake xp sp3 atau coba di partisi ulang hdd-nya,

    BalasHapus
  13. mas kalo cara memperbaiki hardisk yg mati gimana yah??cuma matinya itu piringan hardisk ga muter tapi komponen2nya atau PCB nya itu ada tegangganya. tanks

    BalasHapus
  14. mas, sya mau nanya ,,kan sya psang HD ke MB trus ktika d nyalain tu kompi ,stelah be2rapa dtik mti ,,,pdahal pke HD laen yg msih normal, jlan ....kra2 apa y ?????trimakasih

    BalasHapus
  15. thanks,sangat menolong saya,kebetulan pagi ini pc saya trouble spt yg disebutkan diatas..makasih tutornya..ini lagi saya coba

    BalasHapus
  16. met siang neh mas…q mo nanya neh…saya punya hdd external buffalo 1 TB. awalnya ga da masalah,setelah q buka,hanya da short cut nya (awalny q ga tau klo tuch ternyata dalam keadaan hidden/disembunyikan) karena panik,q maen klik2 jach…sembarangan,q masukin folder dari folder system dari memory C ke hdd externalnya. stlah slse,komputernya minta d restart…kemudian q restart,dstu komputernya start up n menscan ndiri…setelah nyala…hdd extrnal error,klo d buka akan muncul tulisan…”hardisknya belum diformat,anda tidak bisa menggunakanya”didalamnya berisi file2 penting,pa bisa file dalam hardisknya dselamatkan? mohon informasinya yach mas…thanx sebelumnya.

    BalasHapus
  17. met malem neh mas…q mo nanya neh…saya punya hdd external buffalo 1 TB. awalnya ga da masalah,setelah q buka,hanya da short cut nya (awalny q ga tau klo tuch ternyata dalam keadaan hidden/disembunyikan) karena panik,q maen klik2 jach…sembarangan,q masukin folder dari folder system dari memory C ke hdd externalnya. stlah slse,komputernya minta d restart…kemudian q restart,dstu komputernya start up n menscan ndiri…setelah nyala…hdd extrnal error,klo d buka akan muncul tulisan…”hardisknya belum diformat,anda tidak bisa menggunakanya”didalamnya berisi file2 penting,pa bisa file dalam hardisknya dselamatkan? mohon informasinya yach mas…thanx sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya masih bisa, coba dibuka aja casingnya, hardisk langsung dipasang pasa cpu,

      Hapus
  18. ms broo mau nnya ya kan HDq ga muncul waktu buka explorer n juga waktu di shut down juga ga bisa gmna ni mas bro

    BalasHapus
  19. thank infonya gan .,,
    sangat bermanfaat loo.,
    mampir ea bayu-cemment.blogspot.com

    BalasHapus
  20. @ eka_jpn89:
    Komputernya kena virus shortcut, coba pake smadav. Untuk HDD eksternalnya coba di cek lg pake windows safe mode. Klo HDD ternyata masih masalah coba pake software u/ mengembalikan data sperti misalnya Get Data Back..

    BalasHapus
  21. gan kalo hdd laptop gimana caranya dalam kondisi gak bisa booting

    BalasHapus
  22. selama Menjalankan perintah CHKDSK pada Command Prompt,,
    drive D-nya emang ga bisa di buka ya??
    ga ada effect yang negatif untuk ke depan kan??

    BalasHapus
  23. iya, selama proses checkdisk, partisi yang dicek ga bisa dibuka, ga apa2 koq.. langkah tsb merupakan preventif maintenance, tp ya jangan keseringan :)

    BalasHapus
  24. maaf mas..mirip2 dikit nih..he.he... saya coba perbaiki pake hdd regenerator.. ketika sya ngetik koment ini,,masih dalam proses scan..he.he. trus kok drive D sama E saya gak bisa di buka ya?? hanya drive C saja...apa ini normal mas?? apa nanti setelah selesai scan and repair bisa d di buka lagi??? trims

    BalasHapus
  25. PERTAMAX OM!!!!THANK'S SALAM KENAL ANE FARRAS

    BalasHapus
  26. @ mr yan: iya gan, klo lg discan hdd ga kebaca :)

    BalasHapus
  27. Pagi Mas! Saya pakai Windows XP3, PC saya belakangan suka gak bisa booting ke windows, dan ada keterangan minta dimasukkan boot source seperti CD Windows dan sebagainya. Iseng-iseng saya buka CPU dan angkat sebentar RAM-nya, terus dibersihkan pakai penghapus pensil. Setelah RAM yang telah dibersihkan tadi dipasang kembali CPU/PC ternyata bisa hidup lagi. Tapi Karena harus selalu begitu setiap gagal booting ke Windows XP3, ya lama2 pegel juga. Saya berniat untuk install ulang OS XP3-nya, tapi saya belum tahu kira2 penyebab sebenarnya apa. Apakah karena RAM-nya, Power Supply, HDD, batere CMOS-nya yg sudah low? Mohon pencerahannya. Terima kasih sebelumnya. Salam.

    BalasHapus
  28. mungkin bisa dicoba salah satu atau beberapa langkah berikut:
    - clear BIOS,dengan cara menjumper pin "clear CMOS" dekat baterai BIOS
    - angkat semua komponen spt Processor, RAM, VGA Card dll, bersihkan mainboard dan semua komponen tsb, lalu pasang lagi dan pastikan semua konektor terpasang dengan pas (tidak longgar).
    - untuk mengecek memory bisa menggunakan aplikasi memtest (http://memtest.org/)

    BalasHapus
  29. misi ..
    komputer saya pada saat pertama kali dihidupkan, ada tulisan 'failure disk, please insert disk and press enter' ..
    itu masalahnya apa ya ?
    dan perbaikannya, harus di service, apa bisa diperbaiki sendiri ?
    :)

    BalasHapus
  30. sepertinya hardisknya ga kebaca? coba cek di BIOS apakah terdeteksi atau tidak, klo kerusakan hardisk sudah parah sebaiknya dibawa ke teknisi hardisk aja :)

    BalasHapus
  31. kalo saya hdd leptop tadinya 300 gb lebih pas di tools disk freem hdd nya di clear eh yg kedetek jadi 75 mb gimna cara soulusi ngembaliin ke smula??? mohon solusinya.terimaksaih

    BalasHapus
  32. mas leptop saya gk bisa buat partisi pada saat instal windows..
    gmn solusinya gan...??

    BalasHapus
  33. untuk memudahkan partisi hardisk bisa menggunakan software partisi hardisk

    BalasHapus
  34. david coba ja pakai software partsi hardisk,,, klau msh ttep gak bsa kmngknan hardiskx

    BalasHapus
  35. kalo misalnya hdd nya kadang detect kadang gak detect...? ganti-gantian setiap beberapa detik., sehingga windos gak bisa jalan.....

    saya pernah kena begituan,, jadi terpaksa klaim dan ganti yang baru., sehingga banyak data saya yang harus direlakan lenyap.

    Mohon petunjuknya agar gak terkena musibah seperti itu lagi, ya Mas....

    BalasHapus
  36. kemungkinan masalah hardware mas, mungkin bisa dipastikan dulu kabel dan konektor terpasang dengan benar, tegangan power supply juga harus cukup dan stabil klo bisa pasang regulator atau ups. kondisi hardisk juga ada baiknya dicek sperti dalam artikel berikut: "http://www.catatanteknisi.com/2011/10/cek-kesehatan-hardisk-secara-cepat.html"

    BalasHapus
  37. mas harddisk saya partisi 2bag (C,D) tp knapa yg ada di explore cuma ada ( C ) doang...mohon solusi nya donk...trimz

    BalasHapus
  38. terimakasih atas triknya di atas,sangat membantu :)

    BalasHapus
  39. mas konektor usb saya itu tidak bermasalah,tapi ketika saya sambungkan dengan kabel power hp,kok tidak terdetek dengan komputer ya,apanya yang salah ya

    BalasHapus
  40. mau tanya ni mas komputer saya komputer saya setiap dinyalain selalu ada pilihan start windows normaly, safe mode ah pokoknya menu begituan deh padahal selalu saya shutdown udah di pilih satu perstu tapi tetep ga mau masuk windows gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  41. @peoLLope: mungkin belum terprtisi dgn benar atau belum mendapat drive letter, coba cek di device manager, pilih disk management, disitu kita bisa mempartisi dan mengubah drive letter hardisk

    BalasHapus
  42. mas, knapa ya setiap sy menutup explorer, selalu terjadi eror di lptop. erornya itu selalu mncul pesan "explore.exe is application error, memori xxxxx refers to memori xxxx. pilihannya terminate dan cancel, kadang debug.
    nah, itu kira kira yang eror apanya mas? apa sy harus reinstall windows sy?
    tlg kasih solusinya ms.. atau kirim pnjlsan yg lengkap ke email sy.
    ahyunurul@yahoo.co.id
    makasih.,.

    BalasHapus
  43. Mas,,mao tanya ne,,,
    Hardisk klau g mao mutar,,trus klau dicabut soket board y bru mao muter,,dipasang lagi tapi g mao nampil kelayar sma sekali,,,
    Apa yg kena y mas...
    Mohon bantuanya...
    Thnk's,,,

    BalasHapus
  44. gan......
    gmn yh cara mengatasi..
    unusable pada pembagian partissi..
    sya ingin nginstal linux jd gk bs gan...

    BalasHapus
  45. mkasih gan infonya... sangat bermanfaat... http://infomadhi.com/

    BalasHapus
  46. bro kalau gak bisa install ulang dari cd,gak bisa save mode,dan gak bisa boot last know good configure gimana yah?
    saya coba pakai hdd lain ternyata normal lagi kompi nya,berarti hdd nya rusak yah?gara2 rusaknya hdd ini juga gak bisa install dari cd.
    terus saya coba install ulang pakai flashdisk,dan muncul "missing operating system".
    gimana caranya yah memperbaiki kalau sudah gitu?

    BalasHapus
  47. gan mau naya ne...
    kmputer ane suka mati tiba2 monitor y..
    tp cpu masih nyala...
    lw mau di hidupin lg hrus di tekan lama sampe off g bisa satu kali di klik di cpu y...
    knpa y dan gimana solusinya mksih gan..?

    BalasHapus
  48. mas kalo notebook saya gak bisa ngeprint, padahal driver printernya ada, selalu balik ke print note aja...apanya yg eror ya

    BalasHapus
  49. saya punya notebook gak bisa ngeprint padahl drivernya sudah ada, ketika saya rubah printer dari 'send to onenote 2010, begitupun saya rubah default printer sll balik lagi..

    BalasHapus
  50. gak gerti sama sekali alias gaptek terima service jadi gak?

    BalasHapus
  51. gan hardisk q habis terbentur posisi hardisk pas lagi konek di laptop
    trus g bisa ke detek lagi di laptop, udah q coba di colokin ke laptop lain juga g bisa,
    trus q coba pake command prompt juga g ke detek
    di hardisk nya juga g getar waktu di colokin
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  52. gan saya mau tnay gi mana cara mem perbaiki hardis yang ber bunyi tok-tok, terus gak ditek di bios nya

    BalasHapus
  53. kang kalu becektor hardisnya cara memperbaiki nya gimana...???
    mita solusinya....

    BalasHapus
  54. Service Hard Disk Data, Hp.0821.36 668777, www.datarecovery.co.id. Data /File Penting Hilang (terhapus /terformat/kena virus), partisi rusak, HardDisk Kebakar, mati, BAD sector, RUSAK, system ERROR, no DETEK, servis hardisk, servis hardisk rusak hub. ( Alif Corp ) Telp.0274-7401531. Hp.0821.36 668777 (Simp), 0815-16.45690 (Mentari). 0818.02.7-1515-3 (XL), Kami bantu, www.datarecovery.co.id.

    - Jasa mengambil Data Hardisk, servis hardisk, service harddisk, Jogja Yogyakarta Indonesia. (memperbaiki hardisk mati, servis hardisk external, cara servis hardisk, servis hardisk bad sector, servis hardisk laptop, servis hardisk eksternal, servis hardisk mati, servis hardisk depok, servis hardisk jakarta, servis hardisk Bogor, servis hardisk Cibinong, servis hardisk Bekasi, servis hardisk tangerang, servis hardisk Banten, servis hardisk Bandung, servis hardisk Cirebon, servis hardisk Semarang, servis hardisk Wonosobo, servis hardisk Magelang, servis hardisk Sleman, servis hardisk Klaten, servis hardisk bantul, servis hardisk pacitan, servis hardisk, servis hardisk Solo, servis hardisk Surakarta, servis hardisk malang, servis gersik, servis hardisk Surabaya, servis medan, servis hardisk makassar, servis hardisk jayapura, servis hardisk Papua, servis hardisk Ambon, servis hardisk Mataram, servis hardisk lombok, servis hardisk Menado, servis hardisk Bali
    servis hardisk
    servis hardisk rusak

    BalasHapus
  55. Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    BalasHapus
  56. Kak laptop saya keluar bluescreen n nggak bisa log ke windows.cuma nyala layar hitam..gimana mas ini pasti hardisk eror..

    BalasHapus
  57. mas. soud saya jika setel lagu itu kresek-kresek,pada saat booting windows xp memerlukan waktu agak lama dari biasanya dan sering mouse itu ketika digerakan ponternya lama sekali...

    apa itu tanda-tanda bad sector/kerusakan harddisk mas??

    BalasHapus
  58. mas, hd ku terpartisi 4,tiba2 blue screen (tulisan Power dump...0000x352...) ku restat g bisa log windows ataupun masuk ke safe mode gabisa. ku bUka di comp lain hanya ke detec 1 partisi ( local disk C )170 Gb. Partisi lainya kemana.smua data2 ku KAMANA ???.

    PUSSING AKU.
    Mas tolong pencerahanya.SOMEBODY PLEASE HELP ME

    BalasHapus
  59. Siiiiiiiipp,,, Makasih Mas buat postingan artikelnya, tak coba pelajarin lagi, khwtir salah...mklum masih awam masalah gini ^_^

    Salam Kenal yah.,,
    By - Karkoon Dot Com Galeri Lukisan Modern

    BalasHapus
  60. mas... mau tanya...
    drive f:/ tidak bisa copy paste. mohon pencerahannya?
    terima kasih.... :-)

    BalasHapus
  61. mas... mau tanya nih. pc aq kenapa ya drive f (data) tidak bisa copy paste.
    mohon pencerahannya..
    terima kasih :-)

    mohon email ke: m.taryudi@gmail.com

    BalasHapus
  62. Gimana kalo hardisknya kadang2 ke detect di biosnya kadang2 enggak penyebabnya apa pak..

    BalasHapus
  63. coba cek dulu atau ganti koneksi kabelnya, bisa juga karena masalah pada interface board hardisk tersebut

    BalasHapus
  64. Luar Biasa....!!!
    makasi kanda......................

    sy sudah hajar dari berbagai software nga berhasil,ehhh tenyata solusi singkat dari kakanda justru sangatmembantu...

    izin nambal kanda di gubuka ane lengkav dngn sumbernya www.catatanteknisi.com

    salam;
    intelektual.web.id

    BalasHapus
  65. mas mw tanya klo HD gak ke detect lg pa masih bisa di perbaiki...klo bisa caranya bagaimana....
    HD saya seagate 1TB secara mendadak tidak terdetect saya coba slave di komputer lain tetap tidak terbaca....n membuat komputer lain menjadi sangat lambat jalannya...padahal spek yg digunakan sudah cukup tinggi...adakah solusinya??

    BalasHapus
  66. HDD WDC320 sering bikin macet kalau diakses lambat, tetapi sekarang malal lebih parah jadi hang, udah di low level format, chkdsk auto tanpa centang bad sector setelah format baru HDD...tetapi tetap aja kalau diakses terkadang freeze atau lambat sekali ini kena masalah apa bisa dibantu...yg parah sekarang pasti hang kalau masuk ke window kalau di low level format melolo kata bisa rusak?

    BalasHapus
  67. boss mau nanya ... memperbaiki hardisk external yang gak bisa terbaca daatanya gimana... tetapi kalo dihubungkan dengan televisi kok bisa dengan bantuan kabel USB ... tapi klo di PC ato notebok, or laptop gk bisa terdeteksi data file yg ada pada hardisk tsb...... terus apa yang akan saya lakukan ... pada dalam hardisk tsbt banyak data yang tersimpan...

    BalasHapus
  68. Gan numpang nanya..kompi saya baru saya instal ulang win xp sp3...tp setelah saya isi aplikasi standar,kok lemot banget sudah saya cek dan scan disk tetap aja lemot/lambat sekali apalagi setelah buka explorer dan msoffice langsung leeemoot,,,bisa minta solusinya Gan,,

    BalasHapus
  69. Mas hdd sy Quantum 60gb ...gak bs di format ...n malahan jd 5gb... Itu knpa mas.. Mhon di bantu mau di pake sm hdd q yg 100gb ..buat game...
    Thank..ats pncrhnnya. Blz y lwt cepyana_btx@yahoo.co.id
    thanks

    BalasHapus
  70. boleh tanya nggak mas, cara diatas itu cuma untuk ngebaca hardisknya y, nggak memperbaikinya,.. soalnya saya coba cara diatas pas dah slesai n saya eject lagi hardisknya, dia masalahnya gitu lagi nggak kebaca and minta format,.. tolong pencerahhannya,.. secepatnya mas gi kebingungan banget soalnya

    BalasHapus
  71. makasih mas, blog ini jadi inspirasi saya.

    salam kenal dari admin Ahli Kompi

    BalasHapus
  72. Masih aktf ngeblog gag ya mas???
    Kalo masih mau numpang nanya nih,,

    Awalnya HD punyaku kan 320GB, nah udah beberapa kali ane rePartition alias sering ane apus partition, buat lagi, apus lagi, buat lagi, dst

    nah yang jadi pertanyaan adalah kok Bisa-bisanya HD ane tinggal 290an GB ya???

    Padahal unalocated space ama fre spacenya kaga ada???

    Kalo bisa tolong reply di emailku aja di bukansatan@gmail.com
    Makasih mas sebelumnya :)

    BalasHapus
  73. gan cara memdownload permainan game online point blank di pentium 4 kenapa suka ga support ya..,,,padahal udah pas semua persiapannya???

    BalasHapus
  74. Maaf...saya mau berbagi info.
    Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer.
    Alamat: Jl.karang rejo X/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 081330029001 / 085707133666

    http://www.ertechcomputer.blogspot.com

    Disini memang spesialisnya HARDDISK.

    Semoga sukses.....teman2…!!

    BalasHapus
  75. ternyata banyak cara untuk memperbaiki harddisk ,,terima kaih,,saya sempet putus asa,,hehe

    BalasHapus
  76. cara memperbaiki hdd yg command failed gimana gan?? mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  77. Saya sedang menjalankan chkdsk /r /f J: pada harddisk eksternal saya. Sekarang muncul Recovery Orphaned file blablabla.extension into directory sekian gitu. Mohon dibantu, apakah berbahaya/ ada masalah, berhubung beberapa artikel yang saya baca menulis bahwa file recovery tsb akan berubah extensionya. Mohon pencerahannya..terima kasih.

    BalasHapus