buku tutorial teknisi komputer

Tab Stop pada Microsoft Word

Para pengguna Microsoft Word mungkin ada yang belum tau tentang penggunaan Tab Stop. Tab Stop pada Microsoft Word sangat berguna untuk memformat perataan huruf agar terletak pada posisi yang sama dalam setiap baris. Untuk contohnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Tanpa menggunakan Tab Stop untuk membuat dokument seperti diatas mungkin kita memerlukan penekanan tombol Spacebar berkali-kali. Dengan menggunakan Tab Stop ini kita bisa memindahkan huruf/kalimat yang dikehendaki dengan cukup menekan tombol Tab saja, dan huruf/ kalimat tersebut akan pindah sesuai dengan posisi Tab Stop

Pada gambar diatas terlihat icon Tab Selection terdapat pada bagian paling kiri sejajar dengan ruler. Kita dapat mengganti / memilih jenis Tab Stop yang dikehendaki dengan meng-klik icon ini. Terdapat 5 buah jenis Tab Stop yang bisa kita pakai yaitu:

Left Tab
Untuk memformat kalimat agar rata kiri
Center Tab
Untuk memformat kalimat agar rata tengah

Right Tab
Untuk memformat kalimat agar rata kanan
Decimal Tab
Untuk memformat peratan angka decimal sesuai tanda koma
Bar Tab
Untuk membuat garis vertikal di setiap baris.

Untuk menggunakan Tab Stop ini pertama-tama kita pilih jenis Tab yang akan digunakan pada Tab Selection, kemudian letakkan/ geser Tab tersebut pada ruler sesuai dengan posisi yang dikehendaki. Untuk selanjutnya letakkan kursor pada awal huruf/kalimat kemudian tekan Tab, huruf/kalimat akan berpindah sesuai posisi Tab Sop.

Untuk menghilangkan format Tab Stop, kita bisa melakukannya dengan menggeser Tab Stop tersebut ke posisi Tab Selection. Selamat mencoba ..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Tab Stop pada Microsoft Word"

Poskan Komentar