Mengenal jenis-jenis Memory Card

Kalau kamu narsis, suka nge-dance dan mau tiket gratis ke Tokyo, ini buat kamu !!
Memory Card atau kartu memori merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone. Ukuran dari karu memori ini bermaca-macam mulai dari 128 MB sampai 16 GB. Berikut adalah jenis-jenis memory card.

jenis-jenis memory card

1. Memory Stick
Memory Stick merupakan memory card yang diperkenalkan oleh SONY dan dipatenkan untuk alat-alat elektronik keluarannya. Hampir semua kamera buatan SONY menggunakan memory stick sebagai media penyimpanannya.
  • Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo
    Merupakan generasi kedua Memory Stick dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang meningkat.
  • Memory Stick Micro M2
    Memory Stick Micro (M2) menawarkan penyimpanan data yang lebih besar, saat ini telah  mencapai ukuran 8GB.

2. Multimedia Card (MMC)
Multimedia Card (MMC) merupakan kartu memori standar, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card.
  • RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card)
    Merupakan MMC generasi selanjutnya dengan ukuran lebih kecil, dapat digunakan pada slot MMC maupun SD Card dengan menggunakan sebuah adapter.

3. Secure Digital Card (SD Card)

Bentuk SD Card seukuran dengan MMC dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Banyak digunakan mulai dari handphone, kamera dan komputer. SD Card mempunyai switch yang berfungsi agar SD Card menjadi write protected.
  • Mini SD
    Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter.
  • Micro SD / TransFlash
    Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB.
  • XD Card
    Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya.

4. Compact Flash Card (CF Card)

Compact Flash Card (CF Card) merupakan kartu memori yang paling banyak digunakan pada kamera digital. Memiliki kecepatan transfer data yang paling cepat karena memori ini memiliki chip controller. Selain dapat meyimpan file multimedia juga dapat menyimpan file data lainnya seperti text dan sebagainya.

Ada 2 ukuran dari CF Memory ini yaitu Compact Flash tipe I dan Compact Flash tipe II.  CF II lebih tebal (kira-kira 5mm) dari CF I (kira-kira 3,3mm) dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar pula.

5. Smart Media Card
Bentunya seukuran Flash Card dan dapat menyimpan berbagai bentuk file multimedia.

Demikianlah catatan saya mengenai jenis-jenis memory card yang terdapat dipasaran. Klo ada tambahan silahkan di-comment aja..
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Bagi temen-temen yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai sistem operasi Windows 7, temen-temen bisa bisa mendapatkannya melalui ebook Panduan Windows 7 dan sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ebook ini dijual di Amazon seharga $9.9 tetapi disini Anda bisa mendapatkannya secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

4 Responses to "Mengenal jenis-jenis Memory Card"

  1. Thanks banget gann infonya sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada pembagian jenis memori Card.Setalah baca untunglah saya menjadi mengerti.

    BalasHapus
  3. minta bantuannya Gan MMC gue bisa terbuka karna terkunci oleh password ?

    BalasHapus
  4. saya pake memory card, tapi sekarang nggak bisa kebuka tiba2. itu gimanaaaa? haduw :(

    BalasHapus