Free Software untuk Proteksi Folder

Adakalanya kita membutuhkan tempat untuk menyimpan file-file yang bersifat penting atau pribadi dalam sebuah folder khusus yang tidak bisa dibuka oleh orang lain. Hal ini terutama apabila komputer milik kita juga dipakai rame-rame oleh orang lain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Encryption File System agar tidak sembarangan orang /user bisa membuka folder pribadi milik kita.

Disamping menggunakan Encryption File System kita juga bisa memanfaatkan software-software tertentu agar data private kita tetap tersimpan dengan aman. Dibawah ini adalah beberapa software untuk proteksi folder yang bisa kita gunakan untuk melindungi data-data private kita sehingga tidak bisa diakses sembarangan oleh orang lain.


1. Free Hide Folder
Sesuai namanya dengan aplikasi ini kita bisa menyembunyikan dan memproteksi folder-folder pribadi milik kita. Folder kita menjadi tidak kelihatan di windows explorer, bahkan apabila oramg lain mengetahui lokasi folder tersebut tetap tidak bisa dibuka.
URL : http://www.cleanersoft.com/hidefolder/free_hide_folder.htm

2. My Lockbox
Program ini mirip dengan Free Hide Folder, tetapi dengan My Lockbox kita hanya bisa memproteksi satu folder saja. Jadi semua file dan folder-folder lainnya yang kita anggap private kita masukan saja ke folder tersebut.
URL : http://www.fspro.net/my-lockbox

3. Microsoft Private Folder
Aplikasi freeware dari micosoft ini secara default akan membuat folder bernama  "My Private Folder" di "C:\Documents and Settings\User". Setelah di-lock folder tersebut akan tetap terlihat di windows explorer. Tetapi untuk mengaksesnya kita harus memasukkan kata sandi yang telah dibuat.
URL : http://www.softpedia.com/progDownload/Microsoft-Private-Folder-Download-44412.html

Selain menggunakan  program-program diatas, salah satu program yang cukup populer untuk melindungi file dan folder kita adalah  truecrypt, pembahasan singkatnya telah saya posting dalam cara mengenkripsi data rahasia dengan truecrypt.

0 Response to "Free Software untuk Proteksi Folder"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel