buku tutorial teknisi komputer

Windows Advanced Boot Options

"Advanced Boot Options" adalah pilihan mode startup windows 7, yang biasa digunakan untuk melakukan troubleshooting ketika terdapat kerusakan atau kesalahan konfigurasi pada sistem komputer. Menu ini dapat kita akses dengan cara menekan tombol F8 pada saat sebelum windows melakukan startup.

Dibawah ini adalah tampilan Advance Boot Options pada sistem operasi Windows 7:

Advanced Boot Options Windows 7

Sedangkan pada sistem operasi Windows XP menu ini disebut Windows Advanced Options Menu dan tampilannya terlihat seperti pada gambar dibawah:

Windows Advanced Options Menu Windows XP

Beberapa pilihan yang terdapat pada menu Advance Boot Options ini adalah sebagai berikut:

Safe Mode
Dalam mode ini windows hanya me-load driver dan device utama yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer. Device yang di-inisialisasi termasuk storage device, standar Video Graphics Adapter (VGA), mouse, keyboard dan beberapa driver serta service – service dasar yang diperlukan saja.

Kita bisa menggunakan Windows Safe Mode ini misalnya untuk menghapus virus pada komputer, uninstall driver yang menyebabkan komputer bluescreen atau me-restore sistem komputer. Apabila diperlukan kita bisa menambahkan menu Safe Mode pada pilihan boot komputer.

Safe Mode With Networking
Sama seperti Windows Safe Mode dengan penambahan driver dan service untuk konektivitas jaringan

Safe Mode With Command Prompt
Sama seperti Safe Mode, tetapi dimulai dengan Command Prompt (cmd.exe) sebagai ganti Windows Explorer GUI. Umumnya digunakan ketika mode safe mode tidak berfungsi.

Enable Boot Logging
Menjalankan komputer secara normal disertai dengan mencatat driver yang di-load dan informasi inisialisasi ke sebuah file text untuk keperluan analisa.

Enable VGA Mode
Booting dengan menggunakan driver video dengan resolusi diset ke 640 x 480. Gunakan menu enable VGA Mode ini ketika monitor tidak men-support resolusi yang terdapat pada display adapter, yang  ditandai dengan munculnya pesan "frequency out of range" pada monitor.

Last Known Good Configuration
Komputer dijalankan dengan menggunakan konfigurasi / settingan yang sama dengan konfigurasi terakhir pada saat user berhasil logon. Fitur ini menggantikan konten dari CurrentControlSet registry key dengan sebuah backup copy yang terakhir kali digunakan untuk memulai OS dengan baik.

Gunakan  pilihan Last Known Good Configuration ini misalnya pada saat komputer tidak bisa melakukan booting. Apabila komputer tetap tidak bisa boting berarti backupcopynya juga telah korup.

Demikianlah catatan tentang Advance Boot Options, semoga bisa kita pergunakan sewaktu-waktu untuk melakukan troubleshooting pada kerusakan komputer.
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

1 Response to "Windows Advanced Boot Options"

  1. Pc saya tidak bisa boot, bisa tolong dibantu? Sepertinya karena virus

    BalasHapus