buku tutorial teknisi komputer

Tips Mengatasi “Waste ink tank full” Pada Printer Canon IP 1980 pada Windows 7

Kondisi “waste ink tank full” terjadi saat sistem counter pada printer telah mencapai nilai tertentu, sistem counter ini sebenarnya menghitung jumlah print out dari printer, ketika telah mencapai batas tertentu itulah kondisi “waste ink tank full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.

Waste ink tank full

Untuk mengatasi hal tersebut secara umum dapat dilakukan dengan me-reset secara hardware. Cara ini bisa bisa digunakan untuk Printer type : Canon IP 1000, IP 1600, IP 1700, IP 1800 dan IP 1900. Berikut adalah caranya:
  1. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power.
  2. Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power.
  3. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME.
  4. Lepaskan kedua tombol.
  5. Printer siap digunakan kembali, namun biasanya akan membuat driver baru (copy 1)
Cara reset manual seperti diatas memiliki kelemahan, yaitu ketika listrik mati akan terjadi lagi kondisi “waste ink tank full” dan printer harus di-reset kembali. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus menggunakan program resetter untuk type printer yang bersangkutan.

Cara Reset Canon IP 1900 dengan Software

Dibawah ini adalah cara untuk mereset printer Canon IP 1900 series termasuk didalamnya Canon IP1980 dengan menggunakan software. Cara ini dilakukan setelah terlebih dahulu melakukan reset printer secara manual seperti yang telah disebutkan diatas.

Reset Canon IP 1900 dengan Software

  1. Download terlebih dahulu Software General Tool disini
  2. Buka dan jalankan aplikasinya, printer akan terdeteksi sebagai "IP1800ASA" biarkan saja.
  3. Kmudian centang “Cleaning” dan “EPROM Clear”
  4. Lalu tekan “Test Pattern1″ tunggu sampai muncul kertas hasil test print kemudian “Test Pattern2″ tunggu sampai muncul kertas hasil test print kemudian “Test Pattern3″ lalu tekan “Main” dan “Platen”
  5. Tutup software reset canon IP1900
  6. Kalau sudah selesai tekan tombol power printer untuk mematikan printer kemudian hidupkan lagi.
  7. Kalau berhasil maka printercanon IP 1900 tidak akan blink lagi.
Cara Reset Canon IP 1980 di Windows 7

Cara reset canon Ip 1980 diatas digunakan apabila masih menggunakan Windows XP, apabila komputer sudah menggunakan Windows 7, maka software resetter harus dijalankan dalam Compatibility Mode.

Caranya, sebelum aplikasinya dijalankan lakukan langkah berikut :
  1. klik kanan file GeneralTool.exe , kemudian klik Properties 
  2. Klik tab Compatibility
  3. Centang kotak dialog pada Run this program in compatibility mode for dan pilih Windows XP (Service Pack 2) pada drop down list di bawahnya. Centang juga kotak dialog Run this program as an administrator
  4. Klik Ok

Meskipun dengan cara diatas printer berhasil normal kembali, namun sebaiknya kita harus tetap untuk membersihkan busa absorber yang ada di bagian bawah printer, karena tujuan terjadinya kondisi “waste ink tank full” adalah untuk mencegah pembuangan tinta tersebut melebihi kapasitas tangki / wadah pembuangan. Semoga berhasil...
Oh iya, ada informasi menarik nich.. Dalam waktu yang terbatas, temen-temen bisa mendownload Ebook panduan lengkap Windows 7 dalam Bahasa Indonesia senilai $9.9 secara legal dan GRATIS. Info selengkapnya klik disini

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan Ebook Gratis dan Informasi menarik lainnya:

0 Response to "Tips Mengatasi “Waste ink tank full” Pada Printer Canon IP 1980 pada Windows 7"

Poskan Komentar